[x] close
15 Unit Armada Angkutan Siap Antar-Jemput Siswa Peserta PTM Solo
Solopos.com|soloraya

15 Unit Armada Angkutan Siap Antar-Jemput Siswa Peserta PTM Solo

Dinas Perhubungan Kota Solo menyiapkan 15 unit armada angkutan untuk transportasi antar-jemput siswa yang ikut PTM.

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menyiagakan 15 unit armada angkutan untuk antar-jemput siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka atau PTM. Perinciannya ada lima unit bus Batik Solo Trans (BST) dan 10 unit angkutan feeder (pengumpan) BST.

Kepala UPT Transportasi pada Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yulianto Nugroho, mengatakan beberapa waktu lalu Dinas Pendidikan (Disdik) Solo sudah berkoordinasi tentang persiapan penyediaan angkutan siswa.

Khususnya untuk SMPN 18 yang akan mengadakan PTM uji coba pekan depan. Menurutnya, Dishub siap menyediakan armada angkutan untuk PTM siswa.

Baca Juga: Pemkot Solo Siapkan SE: Salat Idulfitri Di Masjid Saja

“Sebelum puasa [Ramadan] kami sudah rakor dengan Disdik tentang penyediaan angkutan untuk PTM secara umum. Pada prinsipnya kami siap menyediakan armada yang dibutuhkan,” ujarnya, Kamis (29/04/2021).

Jika angkutan tersebut jadi digunakan, ia berharap akan ada koordinasi lanjutan tentang teknis antar-jemput siswa yang mengikuti PTM di Solo itu. “Kalau teknis PTM di sekolah yang akan menggunakan armada ini kan kami belum tahu. Misalnya yang paling dekat ini SMPN 18. Berapa siswa yang akan naik angkutan, jam berapa berangkat dan pulangnya, ini akan kami komunikasikan lagi,” ujarnya.

Untuk saat ini, Dishub menyiapkan lima unit bus BST dan 10 unit feeder. Selain selalu dirawat, armada tersebut juga didisinfeksi secara berkala.

Baca Juga:Solo Balapan Jadi Stasiun Pertama Siaga Candi, Prokesnya Ketat Lur! 

Diisi Separuh Kapasitas

“Untuk mendukung keamanan, tentu ada perawatan dan kami juga semprot disinfektan. Yang tidak kalah penting lagi, masing-masing angkutan nanti hanya bisa diisi separuh dari kapasitas agar jarak antarsiswa di dalam kendaraan tetap terjaga,” imbuh Yuli.

Sebelumnya, Disdik Solo mempertimbangkan penggunaan angkutan umum sebagai transportasi antar-jemput siswa yang ikut PTM. Sekretaris Disdik Solo, Dwi Ariyatno, mengatakan pertimbangan tersebut didasarkan kebutuhan transportasi siswa khususnya yang tidak dapat diantar-dijemput orang tua saat PTM.

“Nyatanya memang ada yang orang tuanya benar-benar tidak dapat mengantar dan menjemput anak-anak mereka untuk berangkat ke sekolah. Ini bisa dilihat saat PTM uji coba,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kantornya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ortu Tak Bisa Antar Jemput, Disdik Solo Pertimbangkan Siswa Ikut PTM Naik Angkutan Umum

Berdasarkan fakta tersebut, Disdik Solo mulai memikirkan kemungkinan penggunaan kendaraan umum/massal sebagai alat transportasi antar-jemput siswa berangkat dan pulang sekolah.

Namun, menurut Dwi, masalah yang timbul adalah standar transportasi umum seperti apa yang memenuhi standar kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan begitu siswa tetap aman menggunakan kendaraan umum.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago