SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 15 dari 50 anggota DPRD Klaten pernah terpapar virus corona di tengah pandemi Covid-19. Setelah menjalani isolasi mandiri (isoman) selama kurun waktu 14 hari, belasan wakil rakyat tersebut dinyatakan telah sembuh dari virus corona.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, sebagian besar anggota DPRD Klaten yang pernah terpapar virus corona telah menjalani isoman di rumahnya masing-masing.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sepanjang isoman, para anggota DPRD Klaten diwajibkan disiplin menaati protokol kesehatan (prokes).

“Sejak muncul pandemi Covid-19, anggota DPRD Klaten yang pernah terpapar virus corona mencapai 15 orang [data hingga Rabu (18/8/2021)]. Saat ini, semuanya sudah sembuh,” kata Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Ratusan Warga Klaten Sembuh dari Covid-19 Setelah Isolasi di Donohudan Boyolali

Hamenang mengatakan dirinya termasuk dari belasan anggota DPRD yang pernah terpapar virus corona. Berkat disiplin menjalani isoman, dia telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Saya sudah 2-3 bulan lalu [terpapar virus corona]. Waktu itu, saya tertular dari asisten rumah tangga (ART). Saya termasuk orang tanpa gejala (OTG). Saya pun harus isoman selama 14 hari. Meski sedang terpapar virus corona, harus tetap prokes agar tak menulari yang lainnya,” katanya.

Tertular Saat di Rumah

Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan belasan anggota dewan terpapar virus corona saat berada di rumah. Rata-rata, para wakil rakyat yang terpapar virus corona tertular dari anggota keluarga (klaster keluarga), ART, atau pun saat srawung dengan lingkungan di sekitar rumah anggota dewan setempat.

“Saat terpapar virus corona, pikiran harus tenang. Enggak usah terlalu takut juga. Lalu, harus jujur. Jika memang dinyatakan terkonfirmasi, mending jujur dan isoman. Kejujuran yang paling utama,” katanya.

Baca juga: 13 Orang dengan Gangguan Jiwa Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19 di Jatinom Klaten

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Kabupaten Bersinar masih terdapat penambahan 71 kasus Covid-19 dalam sehari, Rabu (18/8/2021).

Jumlah tersebut terdiri dari 48 orang hasil rapid antigen dan 23 orang hasil PCR. Di sisi lain, terdapat 158 pasien positif Covid-19 yang sembuh dan penambahan 15 kasus kematian karena virus corona.

“Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 33.475 kasus. Sebanyak 906 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 29.883 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.686 orang telah meninggal dunia,” katanya.

Baca juga: Innalillahi, 26 Ibu Hamil dan Baru Melahirkan di Klaten Meninggal Dunia Gegara Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya