SOLOPOS.COM - Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Sebanyak 15.477 calon jemaah haji atau calhaj dijadwalkanberangkat ke Tanah Suci dari Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali pada musim haji 2022 ini. Para calhaj tersebut akan mulai masuk ke Asrama Haji Donohudan mulai Jumat (3/6/2022).

Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, mengungkapkan 15.477 calon haji tersebut berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. “Dari Jawa Tengah ada 13.776 calon jemaah haji, sisanya dari Yogyakarta dan terdiri dari 43 kloter,” jelas Bambang saat ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan, Senin (23/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data dari pengelola Asrama Haji Donohudan, gelombang pertama terdiri dari 21 kloter yang akan masuk ke Asrama Haji Donohudan mulai 3 – 17 Juni 2022 dengan berangkat mulai dari 4 – 18 Juni 2022.

Selanjutnya, gelombang kedua terdiri dari 22 kloter akan masuk ke Asrama Haji Donohudan pada 18 Juni hingga 2 Juli 2022. Calon jemaah haji gelombang kedua akan berangkat mulai 19 Juni 2022 – 3 Juli 2022.

Kemudian, untuk pemulangan jemaah haji dijadwalkan akan dimulai pada 16 Juli hingga 14 Agustus 2022.

Baca juga: Asrama Haji Donohudan Rekrut 100an Tenaga Kerja untuk Layani Calhaj

Sementara itu, salah satu calon jemaah haji asal Teras, Boyolali, Ananto Anak Ragil, 60, menyatakan telah siap untuk mengikuti ibadah haji pada tahun ini. Ia mengatakan keberangkatannya sempat ditunda dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Saya sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti paspor, sertifikat vaksin, dan lain-lain. Kemudian juga sudah suntik meningitis, sudah siap berangkat,” kata dia, baru-baru ini.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 317 calon jemaah haji atau calhaj asal Boyolali akan berangkat ke Tanah Suci pada Bulan Juni 2022. Sebelum hari keberangkatan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali akan mempersiapkan para jemaah calhaj asal Boyolali.

Baca juga: Kenapa di Boyolali Banyak Terdapat Sapi? Ini Jawabannya

Kepala Kantor Kemenag Boyolali, Hanif Hanani, mengatakan akan memberikan pembekalan kepada para calhaj di tingkat kabupaten dan kecamatan. Dia menjelaskan persiapan terdekat akan ada manasik haji tingkat kabupaten pada tanggal 23 dan 24 Mei 2022.

“Kemudian dilanjutkan manasik haji tingkat kecamatan itu empat kali. Hal tersebut harus selesai sebelum tanggal 3 Juni,” kata dia saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Boyolali, Rabu (18/5/2022).

Hanif melanjutkan pada tanggal 3 Juni 2022 para calon jemaah haji asal Boyolali dijadwalkan masuk Embarkasi Haji Donohudan Boyolali. Lebih lanjut, Hanif mengatakan ada 91 kuota cadangan yang telah dipersiapkan untuk haji 2022. Kepada calhaj yang masuk kuota cadangan, Hanif mengaku juga tetap mempersiapkan mereka seperti calhaj yang fix berangkat.

Baca juga: Hati-Hati! Jalur SSB di Genting Cepogo Boyolali Longsor Lur… 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya