SOLOPOS.COM - Petugas Puskesmas Jatinom, Klaten, memberikan suntikan vaksin Covid-19 ke orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di kecamatan setempat, Rabu (18/8/2021). (Istimewa/Puskesmas Jatinom)

Solopos.com, KLATEN — Petugas kesehatan di Jatinom, Klaten, jemput bola dengan memberikan vaksinasi Covid-19 kepada 13 orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di kecamatan setempat, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, lima dari 17 desa dan satu kelurahan Kecamatan Jatinom telah masuk zona putih Covid-19 alias tak ada satu pun warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Innalillahi, 26 Ibu Hamil dan Baru Melahirkan di Klaten Meninggal Dunia Gegara Covid-19

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, tim medis Kecamatan Jatinom jemput bola dengan mendatangi para ODGJ di kecamatan setempat. Sebelumnya, vaksinasi yang telah dilakukan di Jatinom dengan menyasar warga lanjut usia (lansia) dan elemen masyarakat lainnya.

“Jumlah ODGJ yang divaksinasi mencapai 13 orang. Tujuan vaksinasi Covid-19 ini untuk memberikan kekebalan tubuh ke ODGJ,” kata Kepala Puskesmas Jatinom, Klaten, Bekti, kepada Solopos.com, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Buntut Selebaran Dipaksa Sehat di Negara Sakit di Klaten, Polda Jateng Turun Tangan

Hal senada dijelaskan Camat Jatinom, Wahyuni Sri Rahayu. Vaksinasi ODGJ melibatkan tim medis dari Puskesmas Jatinom. “Iya, hari ini ada vaksinasi kepada ODGJ dari Puskesmas,” katanya.

Berdasarkan data, di Jatinom ada 33 kasus konfirmasi positif Covid-19. Selain itu terdapat 10 kontak erat dan tiga suspek. “Di Jatinom sudah ada yang termasuk zona putih [tak ada satu pun kasus terkonfirmasi Covid-19]. Masing-masing Desa Puluhan, Desa Cawan, Desa Pandeyan, Desa Kayumas, dan Desa Temuireng,” katanya.

Baca Juga: 57 Anak Jadi Yatim Piatu Gegara Covid-19, Ini Langkah Pemkab Klaten

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan kasus Covid-19 bertambah 57 orang dalam sehari, Selasa (17/8/2021). Selain itu, terdapat 132 pasien Covid-19 yang sembuh dan sembilan kasus kematian karena terpapar virus corona.

“Jumlah kumulatif Covid-19 Klaten mencapai 33.404 kasus. Perinciannya 1.008 orang perawatan/isolasi mandiri, 29.725 orang sembuh, dan 2.671 orang meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya