top ear
Ilustrasi kereta api (Kai.id)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi kereta api (Kai.id)

126 Trip Batal, Ini Kereta Api Jarak Jauh Yang Masih Beroperasi di Solo

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan 126 perjalanan atau trip baik kereta lokal maupun jarak jauh di wilayah Daops VI/Yogyakarta pada 1-30 April 2020.
Diterbitkan Rabu, 1/04/2020 - 15:56 WIB
oleh Solopos.com/Farida Trisnaningtyas
3 menit baca

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan 126 perjalanan atau trip baik kereta lokal maupun jarak jauh di wilayah Daops VI/Yogyakarta pada 1-30 April 2020.

Pengurangan perjalanan ini lantaran berkurangnya jumlah penumpang sebagai imbas pandemi virus corona atau Covid-19. PT KAI Daops VI/Yogyakarta mencatat load factor KA merosot tajam hingga di bawah 20% sejak Maret 2020.

Manajer Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan pada hari-hari biasa sebelum pandemi Covid-19, PT KAI mengantarkan tidak kurang dari 30.000 penumpang per hari.

Canggih! Aplikasi Situs Corona Jateng Bisa Deteksi ODP di Sekitarmu Radius 500 Meter

Namun demikian, angka ini berangsur-angsur berkurang hingga di bawah 20% dari angka itu sejak Maret 2020. “Adanya penurunan jumlah penumpang tersebut serta sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, terhitung mula Rabu [1/4/2020], KAI mengurangi 126 perjalanan,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu.

Eko menjelaskan 126 perjalanan kereta api yang dibatalkan operasionalnya adalah KA bandara dan KA jarak jauh. KA bandara meliputi KA Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) 24 perjalanan, KA Bandara International Adi Soemarmo (KA BIAS) 46 perjalanan.

Sedangkan KA jarak jauh memenuju berbagai relasi baik ke arah Timur (Surabaya, Malang, maupun Banyuwangi) dan menuju ke arah Barat (Jakarta dan Bandung) sebanyak 56 perjalanan.

Warga Sragen PDP Corona Meninggal di Solo Punya Riwayat Diabetes dan Sakit Jantung

Dari perjalanan kereta api bandara maupun jarak jauh yang batal tersebut, setidaknya ada 14 KA yang beroperasi di Daops VI. Perinciannya KA Bandara YIA (24 perjalanan), KA BIAS (46 perjalanan), Taksaka (2 perjalanan). Selain itu, Mataram (2 perjalanan), Bogowonto (2 perjalanan), Gajah Wong (2 perjalanan).

Pembatalan Tiket

Fajar Utama Yk (2 perjalanan), Senja Utama Yk (2 perjalanan), Lodaya (4 perjalanan), Sancaka Utara (4 perjalanan), Malioboro Ekspres (4 perjalanan), Sancaka Yk (2 perjalanan), Jaka Tingkir (2 perjalanan), dan Argo Lawu (1 perjalanan) juga dibatalkan.

“Kami mohon maaf atas adanya penyesuaian berupa pengurangan operasional KA tersebut. Khusus penumpang KA baik perorangan maupun rombongan yang membatalkan tiket periode 23 Maret-29 Mei 2020 uangnya dikembalikan 100%,” imbuhnya.

Jalan Utama Solo Baru Sukoharjo Ditutup Pada Malam Hari, Ini Jalur Pengalihannya

Di sisi lain, sepanjang Maret 2020 tercatat sekitar 27.106 orang melakukan pembatalan tiket dan 4.754 orang di antaranya memilih mengubah jadwal.

Pembatalan tiket dan ubah jadwal bisa dilakukan di loket stasiun pembatalan yang sudah ditentukan atau melalui aplikasi KAI Acces.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengatakan masih ada sejumlah KA yang beroperasi. Menurutnya, ada empat kereta api jarak jauh yang berangkat dan datang dari wilayah Daops VI/Yogyakarta khususnya Solo.

4 Gerai Matahari Department Store di Soloraya Tutup Sampai 13 April 2020

KA tersebut, yakni Joglosemarkerto, Senja Utama Solo, Argo Dwipangga, dan Bengawan. KA lokal Prambanan Ekspres (Prameks) juga masih beroperasi penuh.

“Ada sejumlah KA yang beroperasi khususnya jarak jauh. Ini baik relasi ke timur seperti Surabaya maupun ke barat ke Jakarta,” jelasnya.

Daftar KA Beroperasi Pada April 2020:

KA Keberangkatan Solo

KA Kedatangan Solo

KA Transit Solo

KA Langsung Solo

Sumber: PT KAI Daops VI Yogyakarta

Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait