SOLOPOS.COM - Masyarakat didominasi kalangan milenial mengikuti vaksinasi Covid-19 jenis AZ di Puskesmas Kebakkramat II pada Jumat (13/8/2021). (ILUSTRASI-Istimewa-dok. Kepala Puskesmas Kebakramat II)

Solopos.com,Purbalingga — Sebanyak 121.407 warga di Kabupaten Banyumas sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai.

Mengutip Antara, Kamis (19/8/2021), Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyatakan menurut data terbaru sudah 121.407 orang yang telah mendapat vaksinasi dosis pertama. Jumlah ini mengalami peningkatan bila dibandingkan data pekan lalu yang sebanyak 109.968 orang

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, Hanung Wikantono, mengatakan dari jumlah itu terdiri atas tenaga kesehatan, tokoh agama, TNI/Polri, pedagang pasar, masyarakat rentan dan umum, pekerja media, warga lansia, atlet, pelayan publik, guru hingga kelompok remaja.

Baca Juga : Pemkab Purbalingga Perkuat Kolaborasi Penanganan Covid-19

Dari jumlah tersebut sebanyak 65.516 di antaranya telah mendapatkan vaksinasi lengkap sebanyak dua dosis. “Kami terus melakukan berbagai upaya guna mengakselerasi program vaksinasi Covid-19 di wilayah setempat dengan membuat sejumlah program strategis,” katanya.

Pihaknya memperkuat sosialisasi dan edukasi serta membuat sistem jemput bola. Pemkab Purbalingga optimistis akan dapat mencapai target cakupan vaksinasi seperti yang telah ditetapkan. Kendati demikian, kesuksesan program vaksinasi perlu didukung oleh peran aktif masyarakat yang ada di wilayah ini.

“Program vaksinasi merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan untuk mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Purbalingga, kami mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif menyukseskannya,” katanya.

Baca Juga : Sungai Klawing, Sumber Material Cincin Akik Purbalingga

Dia juga berharap ketersediaan vaksin akan terus bertambah guna mendukung upaya percepatan program vaksinasi. Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa akselerasi dilakukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dan mencapai herd immunity atau kekebalan komunal di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Dia menambahkan, percepatan vaksinasi di wilayah Purbalingga tidak hanya dilakukan kepada kelompok lansia, namun juga kelompok masyarakat umum lainnya. “Bagi warga Purbalingga yang belum mendapatkan vaksin kami persilakan untuk segera melakukan pendaftaran di puskesmas terdekat agar dapat ditindaklanjuti,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya