SOLOPOS.COM - Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti. (Solopos-Ni`matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali menyiagakan tenaga kesehatan (nakes) saat momen Lebaran 2022 nanti. Setidaknya ada 12 rumah sakit yang terus bersiaga saat momen Lebaran nanti.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kadinkes Boyolali, Puji Astuti, saat ditemui wartawan sesuai acara di Mapolres Boyolali pada Jumat (22/4/2022). “Untuk nakesnya banyak ya, paling tidak ada 12 rumah sakit, satu klinik, ditambah 25 Puskesmas,” kata dia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Boyolali, 12 rumah sakit itu tersebar di sejumlah lokasi. Mereka adalah RSUD Pandan Arang, RSUD Simo, RSUD Waras Wiris, RSU Umi Barokah, RSU PKU Aisyiyah, dan  RSU Hidayah. Selain itu ada RSU Asy Syifa Sambi, RSUI Banyubening, RSU Karanggede Sisma Medika, RSU Natalia, RSU Indriati, dan RSUI Boyolali.

Baca Juga: Cara Dinkes Boyolali Capai Target Vaksinasi Booster 30% Akhir April

Lebih lanjut, Puji mengungkapkan selama masa cuti Lebaran 2022, setiap Puskesmas tetap mengadakan pelayanan. Puskesmas hanya akan tutup pada hari pertama Lebaran. “Saat cuti bersama tetap ada yang jaga, nanti diatur yang jaga supaya pelayanan tetap bisa dijalankan,” kata dia.

Selain itu, ia mengungkapkan Dinkes Boyolali telah melaksanakan koordinasi terkait pelayanan vaksinasi booster bagi para pemudik di pos pelayanan Lebaran yang disediakan oleh Polres Boyolali.

Ia mengungkapkan tidak dapat menaruh vaksin di pos pelayanan, tapi ia akan meminta petugas mengantar orang yang ingin vaksin ke Puskesmas terdekat.

“Tidak bisa menaruh vaksin di pos pelayanan karena kami melihat vaksin kan rawan rusak. Jadi, kami tidak berani menyediakan di masing-masing pos. Kalau kami menyediakan di situ, potensi rusaknya vaksin terlalu besar,” ungkapnya.

Baca Juga: Tempat Usaha Wisata di Boyolali Ini Ditempeli Stiker Aman, Maksudnya?

Sementara itu, berdasarkan data Dinkes Boyolali per Jumat (22/4/2022), 16,23% masyarakat Boyolali yang telah tervaksinasi booster atau dosis ketiga. Jumlah tersebut membuat ada 135.618 dari 835.772 masyarakat Boyolali yang telah mengikuti booster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya