SOLOPOS.COM - Salah satu anggota Linmas Kelurahan Keprabon mengecek kebersihan di kawasan Ngarsopura atau jalur kirab nikahan Kaesang-Erina, Sabtu (10/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 12 personel dari Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Keprabon, Solo diikutsertaan dalam pengamanan acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono.

Mereka bertugas untuk melakukan sterilisasi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan menuju Pura Mangkunegaraan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Linmas itu sendiri lebih dikenal di Masyarakat dengan sebutan Pertahanan Sipil atau Hansip, mereka biasanya yang bertugas melakukan patroli keliling kampung.

Salah satu personel Linmas Kelurahan Keprabon, Budi Jaya Purnama, 56, mengaku senang sekaligus susah terlibat dalam acara besar putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Baca Juga: Eksotisnya Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo saat Malam, Buka Januari 2023

“Senang karena terlibat, namun susah harus bekerja selama 24 jam, mengeluarkan tenaga ekstra,” terang Budi saat ditemui Solopos.com, di sekitar Pura Mangkunegaraan, Sabtu (10/12/2022).

Ia dan rekan-rekannya bertugas mengimbau PKL untuk tidak masuk berjualan di sekitar Pura Mangkunegaran, Budi menjelaskanp para PKL boleh berjualan namun di sekitar jalan kampung.

“Baru kali ini ikut bertugas, mulai Sabtu hingga Minggu (11/12/2022) kami bertugas membantu untuk tetap menjaga kesterilan wilayah. Jadi sepanjang 200 meter dari simpang empat menuju Pura Mangkunegaran harus tetap steril,” tambah Budi.

Biasanya ia hanya bertugas melakukan patroli keliling di kampung saja, dari RW ke RW.

Personel Linmas Kelurahan Keprabon lainnya, Austin, mengatakan tidak hanya TNI dan Polri yang bertugas mengamankan acara tasyakuran penikahan Kaesang-Erina. Namun khusus Linmas Kelurahan Keprabon diberi tugas spesial.

Baca Juga: Midodareni Kaesang-Erina, Jokowi: Sangat Bahagia

“Selalu siap saja, untuk menjaga kelancaran acara Presiden, kami ikut bekerja 24 jam,” terang Austin.

Diketahui, Kaesang-Erina bakal mengadakan acara di dua kota yaitu Yogyakarta dan Solo. Acara akad nikah dan resepsi diadakan di Yogyakarta pada Sabtu.

Setelah itu pada Minggu (11/12/2022) diadakan upacara ngunduh mantu di Solo. Acara ngunduh mantu diadakan di Loji Gandrung lalu pengantin dikirab menuju Pura Mangkunegaran Solo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya