12.12 Jadi Momen Puncak Festival Belanja Indonesia

Festival 12.12 tetap menjadi festival penjualan yang paling populer di Indonesia.
12.12 Jadi Momen Puncak Festival Belanja Indonesia
SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja online (Parshreald.com)

Solopos.com, JAKARTA – E-Commerce platform di dunia wajib memahami momen 12.12 merupakan peluang besar untuk mendorong penjualan. Data dari Critero, Kamis (9/12/2021), festival 12.12 tetap menjadi festival penjualan yang paling populer di Indonesia.

Festival 12.12 tercatat dengan peningkatan penjualan ritel online sebesar 196% dan peningkatan 63% pada product views, jika dibandingkan dengan periode di tahun yang sama.

Tanggal kembar (double days) lainnya juga terus melihat momentum di konsumen Indonesia pada 2020. Misalnya 11.11 jadi momen belanja paling populer kedua di Indonesia dengan peningkatan penjualan 151% untuk ritel online dan 51% untuk product views. Begitu pula dengan 10.10 yang juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 46%.

Baca Juga : PPKM Level 3 Nataru Dibatalkan, Ini Dampaknya untuk Pelaku Usaha

Melalui double day di sepanjang tahun, data Critero mengungkapkan bagaimana 12.12 menjadi momen ritel utama di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, konsumen di Indonesia tetap semangat untuk berbelanja dengan memanfaatkan double day untuk memaksimalkan belanjanya.

“Oleh karena itu dalam menyambut 12.12 tahun 2021, brand perlu memahami kebiasaan konsumen di seluruh platform online dan offline.  Brand juga perlu meninjau kembali strategi kampanye untuk  mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar,” kata Head of Mid-Market, Southeast Asia (SEA) Critero, Mark Gubbels.

Bagi para pelaku ritel, 12.12 ini merupakan peluang yang cukup besar untuk mendorong penjualan. Event ini juga jadi momen menekankan pentingnya menjaga hubungan dengan konsumen supaya tetap terhubung dengan mereka.

Baca Juga : UMK 2022 di 8 Provinsi Ini Naik Tapi Tak Sesuai PP Pengupahan

Di Asia Tenggara, berdasarkan Criteo’s Seasonal Sales Dashboard yang mencatat lebih dari 2 miliar transaksi di 5.000 peritel dari 35 pasar. Secara keseluruhan pertumbuhan penjualan untuk 12.12 adalah sebesar 567% pada 2020. Angka itu hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pertumbuhan penjualan ritel pada 2019 sebesar 295%.

Data Criteo mengungkapkan ada hal yang perlu diperhatikan oleh brand-brand di Asia Tenggara. Konsumen mempertimbangkan untuk membeli hadiah beberapa bulan menjelang musim liburan. Ada pula kenyamanan yang mendorong belanja online. Pembeli yang lebih memilih belanja online mengaitkan preferensi mereka dengan kenyamanan yang diberikan melalui belanja online.

Hal ini terutama bagi konsumen yang lebih muda, seperti gen z dan millennial. Hasil lainnya menunjukkan kecenderungan lebih tinggi untuk membeli hadiah secara online dikarenakan mereka yakin akan dapat menemukan harga yang lebih baik.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago