115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.
115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI– Sebanyak 115 desa di Boyolali menggelar vaksinasi pada Kamis (16/9/2021). Diperkirakan kegiatan tersebut menyasar lebih dari 15.000 sasaran. Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono, mengatakan pada pekan ini pihaknya telah mengarahkan semua desa atau kelurahan di Kabupaten Boyolali memiliki tim vaksinasi.

Tujuannya agar masing-masing desa mampu mendorong percepatan vaksinasi dengan menggelar vaksinasi di masing-masing wilayahnya. Dia mengatakan tim tersebut saat ini sudah mulai berjalan. Bahkan pada Kamis (16/9/2021), ada 115 desa yang menggelar vaksinasi Covid-19 secara serentak.

“Untuk masing-masing desa ini sudah berjalan. Hari ini terpantau ada 115 desa yang menjalankan vaksinasi,” kata dia, Kamis.

Baca juga: Harga Pakan Naik Tapi Harga Telur Turun, Ini Dampaknya untuk Peternak Ayam Boyolali

Jika masing-masing desa menyalurkan 150 dosis, maka pada hari tersebut ada sekitar 17.250 dosis yang tersalurkan. “Tapi sepertinya desa mintanya lebih, antara 250 sampai sekitar 300 dosis. Nanti akan kami evaluasi,” lanjut dia.

Dia berharap dengan berjalannya tim vaksinasi tingkat desa, setidaknya akan menambah ketercapaian vaksinasi di Boyolali. Dia menyebutkan di Boyolali ada 267 desa/kelurahan. Jika satu desa bisa menyalurkan 100 dosis dalam sehari, maka total bisa menyalurkan lebih dari 26.000 dosis.

Saat ini capaian vaksinasi di Boyolali sekitar 39,74%. Dia menargetkan pada akhir September capaiannya bisa mencapai sekitar 50%. Dia menyebutkan untuk sementara ini kemampuan vaksinasi di Boyolali sekitar 20.000 dosis per hari. Jika distribusi vaksin dari pemerintah pusat dan provinsi lancar, diperkirakan vaksinasi di Boyolali akan selesai di tahun ini.

“Desember selesai sangat memungkinkan jika kelancaran vaksin tetap terjaga,” kata dia.

Baca juga: Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi…

Vaksinasi Boyolali Optimalkan Tim Desa

Mengoptimalkan tim vaksinasi desa. Sebelumnya sudah menjalankan vaksinasi. Namun yang paling maksimal ditangani vaksinator desa adalah saat ini. Bidan desa, perangkat desa dan relawan. Ada 200 sasaran, vaksin dari Dinkes melalui Puskesmas Nogosari.

Salah satu desa yang menggelar vaksinasi pada Kamis pagi adalah Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Kepala Desa Bendo, Samsidi, mengatakan pada hari tersebut ada 200 dosis yang disalurkan. Vaksinasi tersebut dijalankan oleh tim vaksinasi desa yang sebelumnya sudah dibentuk.

“Sebelumnya sudah berjalan vaksinasi. Namun untuk kegiatan yang ditangani tim vaksinasi dari desa secara maksimal, hari ini. Tim itu ada dari bidan desa, perangkat desa dan sukarelawan,” kata dia.

Total sasaran vaksinasi di desa tersebut ada 1.733 sasaran usia 18 tahun ke atas. Sekarang sudah ada 751 sasaran yang tervaksin atau sekitar 43,3%. Direncanakan pada Sabtu [18/9/2021] juga akan kembali digelar vaksinasi di desa tersebut untuk sekitar 200 sasaran.

 

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago