SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bantuan Sosial (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menyiapkan dana Rp306.500.000 untuk bantuan bagi 113 keluarga korban bencana alam selama Juni hingga pertengahan Desember 2020.

Penyaluran dana bantuan sosial kebencanaan tersebut rencananya akan dilakukan Selasa (29/12/2020) ini. Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, memastikan penyaluran bantuan akan selesai satu hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KPU Sukoharjo: Cabup-Cawabup Terpilih Ditetapkan Januari 2021

Ia sudah bertemu Bupati Karanganyar, Juliyatmono, terkait rencana penyaluran bantuan tersebut. Penyaluran bantuan kepada 113 keluarga Karanganyar terdampak bencana itu akan berlangsung pada Selasa di Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Ekspedisi Mudik 2024

“Karena kan tidak boleh sampai akhir tahun penyalurannya. Jadi target kami Desember ini untuk tahap II sudah tersalurkan. Bupati menyetujui dan kami pastikan penyalurannya pada Selasa siang,” bebernya saat wawancara dengan Solopos.com, Senin (28/12/2020).

Kaleidoskop Politik Solo 2020: Figur Cawali-Cawawali Bermunculan Berebut Restu Megawati

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Nugroho Budi Santosa, mengatakan pemberian bantuan sosial kebencanaan hanya untuk masyarakat terdampak bencana pada Juni hingga Selasa (15/12/2020).

Tingkat Kerusakan

Sedangkan untuk korban bencana Karanganyar setelah tanggal tersebut akan menerima bantuan pada tahap I 2021. Total dana untuk bansos kebencanaan tahap II 2020 senilai Rp306.500.000.

Pemkab Sukoharjo Petakan Calon Penerima Vaksin Covid-19, Ini Target Utamanya

“Jadi bantuannya sementara untuk yang sampai 15 Desember. Kami menginformasikan itu dulu agar tidak ada salah paham. Karena yang tanggal setelah itu belum bisa dapat bantuan pada penyaluran tahap II 2020. Nanti yang setelah 15 Desember tetap dapat bantuan tapi ikut tahap I 2021,” jelasnya.

Menurut Nugroho, nominal bantuan bagi masing-masing keluarga korban bencana beragam sesuai tingkat kerusakan yang sudah dinilai oleh tim analisis BPBD Karanganyar. Rata-rata korban terdampak akan menerima bantuan antara Rp1 juta hingga Rp5 juta per keluarga.

5 Warga Solo Meninggal Terpapar Covid-19, Kasus Positif Tambah 53 Orang

“Ada kategori ringan, sedang, dan berat. Jadi nanti dapatnya beda-beda tergantung kerusakan masuk ke kategori mana. Minimal dapat Rp1 juta dan maksimal dapat Rp5 juta. Karena kondisi Covid-19 nanti penyaluran meskipun secara langsung akan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya