111 Mahasiswa Asing dari 16 Negara Belajar di UMS Mulai Tahun Ini

Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS tahun ini menerima 111 mahasiswa asing dari 16 negara untuk belajar di kampus tersebut.
111 Mahasiswa Asing dari 16 Negara Belajar di UMS Mulai Tahun Ini
SOLOPOS.COM - Perwakilan Biro Kerja Sama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyampaikan informasi berkaitan dengan Orientasi Mahasiswa Baru bagi mahasiswa manca negara secara virtual, Jumat (24/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Universitas Muhammadiyah Surakarta atau disingkat UMS tahun ini menerima 111 mahasiswa asing dari 16 negara. Mereka mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru secara virtual pada Jumat (24/9/2021) pekan lalu.

Mahasiswa asing tersebut antara lain berasal dari Afganistan, Bangladesh, Madagaskar, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, Palestina, Rusia, Ruwanda, Sierra Leone, Sudan, Thailand, dan Uganda.

Mereka menempuh kuliah melalui tiga program yakni program International Priority Scholarship (IPS), beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB), dan mahasiswa Virtual Outbound Student (Vosep).

Baca Juga: Jos! UMS Hibahkan Ambulans untuk PKU Wonogiri

Sementara itu, Wakil Rektor UMS Bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional, Supriyono, mengatakan para mahasiswa asing tersebut mengikuti kegiatan orientasi.

“Setelah acara orientasi ini diharapkan mereka menjadi duta-duta UMS untuk merekrut lebih banyak mahasiswa asing. Jumlah mahasiswa asing ini menjadi satu komponen internasionalisasi yang menjadi parameter perangkingan universitas kelas dunia. UMS menargetkan 2025 menjadi World Class University,” ujar Supriyono.

Mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19 dan belum memungkinkan tatap muka, orientasi mahasiswa asing ini dilakukan secara daring dari negara masing-masing melalui Zoom Cloud Meetings.

Baca Juga: UMS Lepas 1.488 Wisudawan, 504 Berpredikat Cumlaude!

Ketua Biro Kerja Sama dan Urusan Internasional UMS, Waluyo Adi Siswanto, mengatakan setelah acara penyambutan itu mahasiswa asing sudah resmi menjadi bagian dari keluarga UMS.

“Mahasiswa asing yang menempuh studi di UMS ini tak hanya program sarjana, namun juga program magister dan program doktor,” imbuh Waluyo.

Sebagai informasi, pada 2020 UMS tidak membuka studi bagi mahasiswa asing diakibatkan pandemi Covid-19.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago