SOLOPOS.COM - Pondok Gontor Ponorogo (Istimewa)

Solopos.com, PONOROGO -- Sebelas santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Ponorogo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19.

Atas kondisi itu, pihak pengurus Pondok Gontor Ponorogo pun melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengurus Pondok Gontor Ponorogo pun kini menyiapkan satu gedung tiga lantai sebagai Kantor Pusat Satgas Covid-19 Gontor. Bangunan yang memiliki puluhan ruangan tersebut menjadi pusat koordinasi Tim Satgas.

Seorang Nakes di RSUD Caruban Madiun Terkonfirmasi Positif Covid-19

Gedung yang akan digunakan sebagai kantor Satgas Covid-19 itu adalah gedung kantor Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM).

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Gontor, M. Adib Fuadi Nuriz, mengatakan di gedung tersebut akan difungsikan sebagai kantor tim protokol kesehatan, tim logistik, tim pencegahan dan penanganan, serta keperluan lainnya.

Setelah adanya belasan santri yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihaknya akan lebih meningkatkan protokol kesehatan di lingkungan pondok.

“Kami juga akan melakukan langkah-langkah strategis dan kerja sama dengan berbagai pihak. Seperti berkomunikasi dengan baik bersama Dinkes Provinsi Jawa Timur dan Dinkes Ponorogo. Selain itu, juga berkomunikasi dengan Satgas Provinsi Jatim dan Ponorogo,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Madiunpos.com/JIBI, Sabtu (11/7/2020).

Kasus Positif Covid-19 Meledak, Ponorogo Kini Berstatus Zona Oranye

Adib menjelaskan Pondok Gontor mendapatkan banyak bantuan dari berbagai unsur dalam menangani Covid-19.

Saat ini, Pondok Gontor memang sudah dilakukan karantina wilayah. Pihaknya mengklaim protokol kesehatan juga telah dijalankan sejak tiga bulan yang lalu di Pondok Gontor Ponorogo.

Empat Jam

Seluruh santri dan ustaz di Pondok Gontor diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan, dan berwudu.

“Sejak muncul pandemi Covid-19, Pondok Gontor telah memberlakukan protokol kesehatan. Rutin mengecek suhu badan dan menyemprotkan disinfektan,” kata dia.

Kegiatan belajar mengajar dan aktivitas santri di Pondok Gontor sejak pemberlakuan new normal juga hanya dijalankan sekitar empat jam saja.

Seperti Kisah Rara Jonggrang, Giman Pria Ngawi Pindahkan Rumah Dibantu Kekuatan Gaib

Aktivitas lain di Pondok Gontor Ponorogo juga banyak dikurangi. Para santri pondok lebih banyak beristirahat dan kebutuhan gizi serta vitamin dipenuhi.

Selama masa pandemi, Pondok Gontor juga menerapkan karantina wilayah. Tidak ada santri yang bisa keluar masuk pondok, kecuali ada izin. Bahkan untuk kegiatan perkuliahan santri Pondok Gontor juga dilakukan secara online.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya