SOLOPOS.COM - Tangkapan layar aksi kericuhan saat konser musik di Lippo Plaza Jogja. (@Merapi_Uncover)

Solopos.com, JOGJA — Sedikitnya 11 orang pengunjung dilaporkan terluka akibat kericuhan dalam acara konser musik di Lippo Plaza Jogja, Minggu (12/6/2022) malam. Saat ini belasan orang tersebut masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Manajer Operasional Expo Productions atau penyelenggara acara pertunjukan musik, Hangga Bagaswara, menjelaskan insiden ricuh itu terjadi di luar area konser. Adapun lokasi ricuh berada di wilayah parkiran pusat perbelanjaan itu.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

“Korban luka dari pengunjung. Untuk sementara terakhir saya diinfokan 11 masuk IGD Siloam,” katanya Senin (13/6/2022).

Hangga menyebut kejadian itu menimbulkan kerusakan pada beberapa fasilitas. Misalnya saja pintu gerbang masuk ke bagian atap bangunan jebol diamuk massa. Sementara untuk bagian kaca bangunan masih dalam kondisi aman.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Konser Musik di Lippo Plaza Jogja Ricuh, Penonton Saling Lempar

“Untuk sementara, kami masih fokus pada pembersihan area dan penanganan korban dan klarifikasi kronologi ke kepolisian,” katanya.

Kepala Seksi Humas Polresta Jogja menyampaikan, insiden keributan di pusat perbelanjaan itu berlangsung sekitar pukul 20.30 WIB. Awalnya pengelola memutuskan untuk menutup voucher box untuk mengurangi pengunjung yang akan masuk dan antre di lokasi itu.

“Sudah disampaikan kepada pengunjung bahwa penjualan sudah ditutup dan diimbau untuk pulang, tapi di pintu masuk ada kurang lebih 20 orang tetap ingin memaksa masuk,” katanya.

Pengunjung yang terlanjur kecewa lantas terlibat aksi saling lempar di lokasi itu. Sampai saat ini polisi masih melakukan serangkaian penyelidikan dan melakukan pemeriksaan kepada panitia penyelenggara acara.

Baca Juga: 5 Pantai Aman Buat Berenang di Gunungkidul Jogja

Diberitakan sebelumnya, kericuhan terjadi saat acara konser musik dengan grup band yang tampil, Strada, di Lippo Plaza Jogja.  Diduga kericuhan ini karena adanya provokasi penonton dan lokasi tempat konser over kapasitas alias penuh.

Dalam video yang beredar di media sosial, ratusan orang terlibat aksi kericuhan saat acara berlangsung. Antar penonton saling melempar berbagai benda yang ada di kawasan mal. Bukan hanya itu, fasilitas milik mal juga terlihat mengalami kericuhan.

Di video lain juga memperlihatkan kondisi tempat kericuhan yang rusak dan berbagai fasilitas juga rusak.

Video-video kerusuhan itu diunggah oleh @Merapi_Uncover di Twitter. Dalam keterangannya, kerusuhan itu diawali kisruh dari penonton yang memenuhi Sevensky Lippo Plaza. Karena antusiasme pengunjung membeludak membuat tempat konser overload.

Melihat kondisi itu, pihak official Sevensky dan Lippo Plaza menutup pintu akses masuk sementara setelah banyaknya pengunjung yang berdesak-desakan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Konser di Sebuah Mal di Jogja Berujung Ricuh, 11 Orang Terluka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya