SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian berbasis Internet (forgetoday.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Tahap pendaftaran seleksi pengisian jabatan tiga kepala dinas di Kabupaten Wonogiri telah ditutup. Sebanyak 11 pelamar jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Tiga jabatan kepala dinas di Wonogiri yang kosong itu, meliputi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispera KPP).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Djoko Purwidyatmo, mengatakan kepala Disdikbud (Kadisdikbud) menjadi jabatan yang paling banyak diminati. Sebanyak lima pelamar yang berasal dari berbegai kalangan mendaftar sebagai kepala Disdikbud.

Kelimanya meliputi Agus Sumarno (Kepala SMPN 1 Manyaran); Eko Pranowo (Kepala SMPN 1 Giriwoyo); Heri Rustiati (Sekretaris Disdikbud Wonogiri); Retno Puspito Rini (Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan/Dispertan Pangan Wonogiri); dan Sriyanto (Sekretaris Dinas Kesehatan/Dinkes Wonogiri).

Sedangkan pelamar jabatan kepala Disdukcapil berjumlah tiga orang. Mereka meliputi Sekretaris Disdukcapil Wonogiri, Herdian; Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Informasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Wonogiri, Totok Sugiyarto; dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Wonogiri, Woro Yudyastuti.

Baca Juga: Catat! Jateng Buka Pendaftaran 4.600 PPPK, Guru Paling Banyak

“Khusus Disdukcapil ini semua pendaftarnya dari internal mereka,” kata Djoko kepada Solopos.com, Kamis (10/11/2022).

Sementara, kepala Dispera KPP Wonogiri diminati tiga pelamar. Masing-masing, Kepala Bidang Perindustrian Dinas KUKM Perindag Wonogiri, Joko Waluyo; Sekretaris Dispera KPP, Purwadi; dan Kepala Bidang Ekonomi dan Pengembangan Wilayah Bappeda Litbang Wonogiri, Siti Suryani.

Sebanyak 11 pelamar jabatan tiga kepala dinas tersebut dinyatakan lolos seleksi administrasi. Seluruh pelamar akan mengikuti tes uji kompetensi melalui penggalian potensi, Jumat-Sabtu (11-12/11/2022) mendatang.

Kepala BKD Wonogiri mengatakan tesnya akan digelar di Hotel Brothers Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga: Asyik! Pemkab Wonogiri Peroleh Jatah 645 PPPK Formasi Guru

“Pengujinya dari akademisi UNS [Universitas Sebelas Maret] Solo. Setelah itu, mereka bakal melalui tahapan wawancara,” kata Djoko.

Berdasar informasi yang dihimpun Solopos.com, tahap wawancara dijadwalkan berlangsung, 21 November 2022. Sedangkan hasil tes uji kompetensi melalui penggalian potensi dijadwalkan diumumkan, 18 November 2022.

Dari 11 orang yang melamar sebagai kepala dinas di Kabupaten Wonogiri mayoritas adalah pejabat sekretaris dan kepala bidang di berbagai dinas. Jika salah satu dari mereka terpilih sebagai kepala dinas, maka jabatan yang mereka tinggalkan akan kosong.

Djoko mengatakan kekosongan itu akan diisi kembali melalui penunjukkan dan pelantikan oleh Bupati Wonogiri selaku pejabat pembuat komitmen (PPK).

Baca Juga: Selamat! 75 Anggota Panwascam Resmi Dilantik Bawaslu Wonogiri

“Yang menunjuk dan melantik PPK melalui sidang tim kinerja. Soalnya yang melalui seleksi hanya JPT,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya