SOLOPOS.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Solopos.com-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan ada 11 kabupaten dan kota menjadi penyumbang terbesar kasus aktif corona di Indonesia. Wilayah-wilayah tersebut berkontribusi 26% terhadap kasus aktif nasional dengan jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan lebih dari 1.000 orang.

Ke-11 kabupaten/kota tersebut adalah Kota Semarang, Kota Medan, Kota Bekasi, Kota Makassar, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Kabupaten Bekasi, Kota Surabaya, dan Kota Pekanbaru. Dari segi demografi seluruh wilayah tersebut tergolong padat penduduk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

The Silent Sea, Obat Kangen Penggemar Gong-yoo

Ekspedisi Mudik 2024

Juru Bicara Satgas Covid-19 memohon agar 11 kabupaten dan kota ini betul-betul menjaga penerapan protokol kesehatan di seluruh sektor sosial ekonominya. Keberhasilan mereka akan berkontribusi besar terhadap penurunan kasus aktif secara nasional.

“Dan kepada masyarakat kami mohon selalu gunakan masker apabila keluar rumah, selalu jaga jarak di luar terbuka di tempat umum, dan rajin cuci tangan agar menekan penyebaran kasus,” katanya, Kamis (17/9/2020).

Kabar Baik

Wiku melanjutkan bahwa 292 kabupaten dan kota dari 514 kabupaten dan kota yang terpapar virus corona memiliki kasus aktif antara 1-50 orang. Hal ini menurutnya merupakan kabar baik, karena artinya lebih dari separuh wilayah terpapar memiliki kasus aktif yang cenderung sedikit.

Benarkah Cinta Pandangan Pertama Itu Cinta Sejati?

Sementara itu, Wiku mengklaim kasus aktif di Indonesia menurun setiap pekan. Saat ini, angkanya sebesar 24,4% atau sedikit di bawah rata-rata dunia, yakni 24,5%.

Kasus aktif merupakan pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan, baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri. Persentase yang didapat merupakan hasil pembagian dari pasien dalam perawatan dengan total kasus secara kumulatif.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya