SOLOPOS.COM - Para pemenang Arabic Fair 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-HMP QIS’AR Sastra Arab Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyelenggarakan festival lomba berbahasa Arab tingkat nasional yang diberi nama Arabic Fair pada 5-6 Oktober 2022. Kegiatan ini yang diadakan secara luring di kampus UNS ini diikuti 107 peserta dari berbagai instansi sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan dimulai pada Rabu (5/10/2022), diawali dengan pembukaan secara simbolis oleh Wakil Rektor I UNS Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus M.S., di Aula Gedung 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba-lomba. Lomba khitabah tingkat SMA sederajat (pidato bahasa Arab) dilaksanakan di Aula Gedung 3 FEB, Lomba Khitabah tingkat mahasiswa dan umum dilaksanakan di Aula Werkudara Perpustakaan UNS, dan Lomba Qiraatul Akbar dilaksanakan di Ruang 101 Fakultas Ilmu Budaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rangkaian perlombaan dilanjutkan pada hari kedua yaitu Kamis (6/10/2022), dengan pelaksanaan Lomba ghina’ araby (vokal Arab) di Aula Gedung 3 FEB, qiraatus syiir (membaca puisi Arab) di Aula Werkudara Perpustakaan UNS, dan esai bahasa Indonesia di Ruang 101 Fakultas Ilmu Budaya.

Baca Juga: PLN Peduli Gandeng PUI Javanologi UNS, Kembangkan Sekolah Budaya di 4 Daerah

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Senin (10/10/2022), Arabic Fair 2022 merupakan perlombaan berbahasa Arab tingkat nasional yang diselenggarakan oleh HMP QIS’AR Sastra Arab UNS. Arabic Fair 2022 mengusung tema Manifestasi Kreasi Negeri Saawi. Perlombaan ini memiliki dua kategori yaitu SMA/sederajat dan mahasiswa/umum.

arabic fair sastra arab uns
Suasana Arabic Fair 2022. (Istimewa)

Jenis perlombaan untuk kategori SMA/sederajat yaitu Khitabah (pidato bahasa Arab) dan Ghina’ Araby (vokal bahasa Arab). Sedangkan jenis lomba untuk kategori mahasiswa dan umum yaitu Khitabah (pidato bahasa Arab), Qiraatul Akhbar (membaca berita bahasa Arab), Qiraatus Syiir (membaca puisi bahasa Arab), dan esai Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Pemilihan Rektor UNS Solo, Pendaftar Boleh dari Perguruan Tinggi Lain

Selain perlombaan, Arabic Fair 2022 juga dimeriahkan oleh seminar nasional yang dilaksanakan pada 6 Oktober 2022 bertempat di Aula Gedung 3 FEB. Seminar nasional ini mengusumg tema Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Pengembangan Potensi Generasi Masa Kini dengan narasumber Alvi Syahrin (penulis buku Insecurity is My middle Name) dan Satya Adhi (jurnalis Narasi TV).

Baca Juga: Perhutani Surakarta Bimbing 75 Mahasiswa UNS dalam Praktikum Pengelolaan Hutan

Rangkaian kegiatan Arabic Fair 2022 ditutup dengan pengumuman hasil juara lomba. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan band Oase dari kelompok teater milik sastra Arab UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya