SOLOPOS.COM - Pantai Klayar di Pacitan. (IG @pacitan.update)

Solopos.com, MADIUN — Saat berkunjung ke pantai, salah satu yang ditunggu yakni menikmati proses matahari tenggelam atau sunset. Suasana romantis dan syahdu saat sunset meninggalkan memori indah.

Jawa Timur memiliki sejumlah pantai yang memiliki panorama sunset menawan. Berikut ini daftar rekomendasi pantai yang cocok untuk menikmati sunset:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

  1. Pantai Klayar

Pantai Kalayar merupakan salah satu pantai favorit yang dikunjungi wisatawan di Kabupaten Pacitan. Pantai yang berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, ini memiliki pasir putih dan lautan biru indah. Pengunjung bisa menikmati sunset yang memesona di Pantai Klayar sekaligus mendengarkan suara dari seruling samudera di gugusan karang.

pantai pacitan indah di jawa timur
Deburan ombak Pantai Klayar. (Instagram/@pantaiklayarpacitan)
  1. Pantai Papuma

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik pengunjung yaitu batu karang berbentuk kerucut di tengah laut. Pantai Papuma ini sering disebut sebagai Labuan Bajonya Jawa Timur. Pantai yang memiliki pemandangan eksotis itu sayang kalau tidak dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati sunset yang indah berpadu dengan suara ombak yang nyaring.

pantai sunset indah jatim
Pantai Papuma. (IG @m.sairoji.a)
  1. Pantai Konang

Pantai Konang menjadi salah satu pantai di Kabupaten Trenggalek. Pantai yang terletak di Nglebeng, Kecamatan Panggul itu terkenal dengan pemandangan sunset yang indah. Pengunjung biasanya datang pada sore hari dan menikmati pantai biru dan deburan ombak sambil menunggu matahari terbenam.

pantai indah jatim
Pantai Konang di Trenggalek. (IG @trenggalekeksis)
  1. Pantai Watukarung

Pantai Watukarung terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan tinggi. Bagi Anda yang suka berselancar, pantai ini sangat cocok.

pantai bagus pacitan
Keindahan Pantai Watukarung, Pacitan. (IG @disparbudporapacitan)

Pantai Watukarang ini sebenarnya terletak di sebelah selatan yang biasanya tidak bisa untuk melihat sunset. Namun, pantai ini spesial karena sedikit condong ke arah barat sehingga pengunjung bisa melihat matahari terbenam yang sangat indah. Pantai ini juga memiliki banyak batu karang besar yang membuat sunset semakin eksotis. Salah satu keunikannya, matahari akan tenggelam di balik tebing.

  1. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara ini dikenal mirip Raja Ampat. Pantai ini berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati panorama sunset yang eksotis. Pantai yang dikelilingi pulau kecil ini memiliki ombak yang cenderung tenang dan pemandangan bawah lautnya sangat indah. Sebelum menikmati sunset, pengunjung bisa beraktivitas snorkeling.

pantai indah jatim
Pantai Teluk Asmara di Malang. (IG @yoiki_malang)
  1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah ini berlokasi di Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini dijuluki Pulau Merah karena ada satu bukit berbentuk kerucut yang berada di tengah laut yang memiliki tanah berwarna kemerahan. Saat air pantai surut, pengunjung bisa mengunjungi pulau tersebut. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih.

Bukan hanya memiliki pemandangan eksotis, pantai ini juga menjadi tempat yang pas untuk melihat matahari terbenam indah. Warna sunset yang merah mudah bercampur jingga bakal membuat Anda terpana akan keindahannya.

  1. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Salah satu pantai tersembunyi di Pacitan dengan pemandangan super ciamik. Pantai ini menyuguhkan sunset yang super keren. Saat sunset terdapat bayangan batu karang yang terlihat sangat eksotis. Buat yang suka berburu foto, pasti jatuh hati dengan pemandangan ini.

pantai bagus pacitan
Keindahan Pantai Buyutan, Pacitan. (IG @nangyul22)
  1. Pantai Balekambang

Jika melihat pantai ini mungkin seperti tak asing lagi. Pantai Balekambang ini adalah salah satu pantai di Kabupaten Malang yang mirip seperti Pantai Tanah Lot di Bali. Pasalnya ada sebuah pulau yang tampilannya mirip di Tanah Lot, bahkan terdapat sebuah Pura Hindu di pulau tersebut.

pantai indah jatim
Pantai Balekambang di Malang. (IG @yoiki_malang)

Pantai ini terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Batu. Selain panoramanya, pengunjung juga bisa melihat sunset canti di pantai ini. Pengunjung bisa menikmati sunset dengan suasana religi Pura. Selain itu ada spot foto menarik berupa jembatan menuju ke pulau tersebut.

  1. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai tersembunyi di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar sehingga tidak disarankan untuk digunakan berenang. Pemandangannya sangat asri dan tenang. Apalagi bunyi deburan ombak yang memanjakan telinga. Selain itu di sini juga bisa digunakan unuk berkemah. Anda bisa menikmati sunset sambil bersantai dan menghabiskan malam di perkemahan dan menikmati suasana malam dan deburan ombak yang eksotis.

  1. Pantai Srau

Deretan pantai-pantai di Pacitan memang dikenal sangat cantik. Salah satunya adalah Pantai Srau, pantai tersembunyi yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Bagi Anda yang ingin healing, pantai ini sangat direomendasikan. Memiliki keunikan yaitu adanya tiga zona, sisi selatan, sisi barat dan sisi timur. Uniknya di sini pengunjung dapat menikmati sunset dan sunrise.

Salah satu sudut keindahan di pantai Srau yang berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Salah satu sudut keindahan di pantai Srau yang berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Itu sepuluh pantai di Jawa Timur yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan sunset. Siapkan waktu untuk mengunjungi pantai-pantai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya