SOLOPOS.COM - Sejumlah makanan diyakini bisa meningkatkan daya otak (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Makanan tidak hanya bermanfaat penting dalam pertumbuhan anak, tapi juga bisa memengaruhi konsentrasi, daya ingat, serta kemampuan otak untuk berpikir.

Itulah alasan pentingnya memberikan anak beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan, khususnya melalui makanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Begitu halnya dengan otak membutuhkan makanan yang akan menambah daya otak untuk membantu fokus, berpikir jernih, dan memiliki kesehatan yang maksimal.

Dilansir dari Liputan6.com dan berbagai sumber belum lama ini, berikut 10 makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Mbledos! 32 Warga Klaten Terkonfirmasi Positif Covid-19 Dalam Sehari, Wonosari Terbanyak

1. Salmon

Salmon sudah lama dianggap sebagai makanan untuk menyehatkan otak. Alasannya, karena otak kita 60 persen terdiri dari lemak. Omega 3 menjadi salah satu lemak paling dibutuhkan sebagai penyusun sel-sel otak.

Salah satu Omega 3 yang penting bagi otak adalah DHA. Kandungan DHA dalam ikan salmon membantu membentuk lapisan pelindung di sekitar neuron Anda. Semakin baik kualitas lapisan tersebut, semakin efisien dan efektif sel-sel otak  dapat bekerja, memungkinkan kekuatan otak bekerja pada kapasitas penuh.

Kekurangan DHA dapat mempengaruhi perkembangan otak normal pada anak-anak, karena itu banyak susu formula bayi dan suplemen anak-anak mulai memasukkan unsur DHA. Sedangkan pada orang dewasa, kekurangan DHA dapat menyebabkan masalah kurang fokus dan perhatian, perubahan suasana hati, lekas marah dan kelelahan.

2. Blueberry

Blueberry menempati urutan teratas sebagai buah paling bermanfaat untuk memaksimalkan kesehatan dan kinerja otak Anda. Buah ini memiliki kandungan antioksidan tertinggi, terutama anthocyanin yang membantu melindungi otak dari stres.

Kandungan antioksidan blueberry juga membantu mengurangi peradangan, yang memungkinkan otak mempertahankan tingkat energi yang sehat. Buah ini tidak hanya enak rasanya tapi juga rendah kalori, tinggi vitamin C, Vitamin K dan mangan.

3. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat luar biasa bagi otak Anda. Senyawa utama kunyit yang bermanfaat bagi otak disebut curcumin. Senyawa tersebut memiliki sifat anti inflamasi, virus, bakteri, jamur, anti kanker, dan antioksidan.

Curcumin telah terbukti memiliki efek  depresi yang kuat. Dalam satu penelitian, ternyata sama efektifnya untuk depresi dengan obat-obatan populer seperti Prozac yaitu SSRI.

4. Brokoli

Brokoli mungkin bukan pilihan utama Anda, tetapi itu adalah pilihan nomor satu bagi otak Anda. Brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane,  yang telah terbukti meningkatkan proliferasi dan kelangsungan hidup sel-sel otak dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi BDNF. Ini juga terbukti meningkatkan neurogenesis, produksi sel-sel otak baru.

Sayuran dengan serat tinggi ini memiliki nutrisi penting Vitamin K dan Folat. Vitamin K berperan penting dalam melindungi sel-sel otak. Sedangkan Folat memainkan peran penting dalam detoksifikasi dan mengurangi peradangan di otak.

ABY Lari Di Siang Bolong Sebelum Daftar Pilkada 2020 Ke KPU Klaten

5. Kaldu Tulang

Kaldu tulang tidak hanya dibuat untuk sup. Minum kaldu tulang sudah menjadi salah satu tren terbesar dalam industri kesehatan dan kebugaran dan untuk alasan yang baik. Kaldu tulang sebenarnya bukan hal baru karena elama berabad-abad digunakan sebagai tonik penyembuhan untuk meningkatkan kesehatan.

Banyak manfaat gizi dan nilai kaldu tulang berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang substansial. Terutama kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Kaldu tulang telah menjadi bahan untuk membantu menyembuhkan usus yang juga disebut dengan otak kedua, penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan langsung dan tidak langsung antara usus dan otak.

Usus Anda juga menampung dan menyimpan banyak senyawa otak penting yang terlibat dengan kinerja otak yang optimal. Karena itu kesehatan usus sangat penting untuk kesehatan dan kinerja otak Anda.  Sebaiknya konsumsi kaldu tulang organik berkualitas tinggi untuk hasil terbaik.

6. Telur

Sudah lama telur dikenal sebagai sumber protein tinggi, karena dapat memberikan dorongan luar biasa bagi kesehatan dan umur panjang otak Anda. Terutama kandungan kolin dalam kuning telur sangat penting untuk membangun asetilkolin neurotransmitter. Asetilkolin memainkan peran penting dalam suasana hati, memori, dan kecerdasan.

Hal tersebut sangat vital karena kadar kolin yang sedikit dapat menyebabkan kadar asetilkolin yang rendah, dan akan menyebabkan peradangan, kabut otak, kesulitan berkonsentrasi, dan kelelahan.

7. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi anak untuk memulai harinya. Oat mengandung serat, zinc, kalium, vitamin B, dan vitamin E yang berguna untuk fungsi otak. Menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan dapat membuat buah hati cukup kenyang dan membantunya berkonsentrasi dengan baik di sekolah.

8. Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

9. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.

10. Susu dan Yoghurt

Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya