SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/IST Logo UGM

JIBI/Harian Jogja/IST
Logo UGM

Harian Jogja.com, JOGJA – Sebanyak 10 orang mahasiswa Magister Perencanaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi UGM mengikuti kegiatan Twin College Envoys Program (TWINCLE), 1-11 Juli 2013 di Chiba University, Jepang.

Promosi Perjalanan Uang Logam di Indonesia dari Gobog hingga Koin Edisi Khusus

Bersama beberapa mahasiswa dari UI dan Udayana, selama 10 hari mereka mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran ilmu akademis dan kebudayaan antara Indonesia dan Jepang itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Annisa Triyanti, salah satu peserta dari UGM mengatakan selama di Jepang mereka mengikuti beberapa program yang terdiri dari program exchange di bidang akademis dan budaya. Di bidang akademik, salah satu kegiatannya yaitu Laboratory work.

Mahasiswa Fakultas Geografi UGM berkesempatan untuk melakukan laboratory work di dua laboratorium berbeda, yaitu Center of Environmental Remote Sensing (CeRES) yang diketuai oleh Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, dan di Laboratorium Health and Safety Environment (HSE) yang diketuai oleh Prof. Motoi Machida.

“Tiap mahasiswa dibagi sesuai dengan bidang ilmu yang diminati di laboratorium masing-masing,”papar Annisa, Senin (15/7/2013).

Selain laboratory work, peserta juga mengikuti program workshop on internship dimana mahasiswa Indonesia bertugas untuk memberikan komentar dan saran terhadap materi pengajaran yang disiapkan oleh para mahasiswa Jepang. Dalam program workshop on internship, mahasiswa Jepang dan Indonesia juga memiliki kesempatan untuk bertukar ide dan cerita dalam hal perbedaan akademik dan budaya di negara masing-masing.

“Selain academical experience, peserta juga ikut serta dalam kegiatan di luar kampus dengan mengunjungi situs bersejarah di Jepang seperti Museum Nasional Sejarah Jepang dan Museum Sains Chiba,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya