Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

10 Keunggulan Whatsapp API dalam Dunia Bisnis

Apa saja keunggulan Whatsapp API yang membuat banyak pelaku usaha tertarik menggunakannya? Di sini kami akan membagikan informasinya.
SHARE
10 Keunggulan Whatsapp API dalam Dunia Bisnis
SOLOPOS.COM - Ilustrasi WhatsApp. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pernahkah Anda mendengar tentang aplikasi Whatsapp API? Ya, aplikasi komunikasi yang satu ini memang semakin populer di kalangan para pelaku usaha.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat fitur-fitur yang ada di dalamnya sendiri memang ditujukan untuk beragam kepentingan bisnis.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Para pelaku usaha bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi ini untuk memberikan kepuasan yang lebih maksimal terhadap para pelanggannya masing-masing. Dengan begitu, perusahaan yang sedang dijalankan tersebut bisa lebih mudah untuk berkembang.

Tidak hanya itu, aplikasi Whatsapp API juga memiliki beragam keunggulan lainnya yang tidak kalah menguntungkan. Jadi, para pelaku usaha bisa mengenali beragam keunggulan tersebut terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya juga.

10 Keunggulan Whatsapp API yang Baik untuk Bisnis

Penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya aplikasi Whatsapp API berbeda dengan aplikasi Whatsapp Original dan aplikasi Whatsapp Business.

Pada dasarnya, Whatsapp API adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjalin komunikasi baik antara pihak pelanggan dan perusahaan.

Banyak orang juga yang mengenal aplikasi ini dengan nama Whatsapp Business API. Sebab, aplikasi ini memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang ada.

Baca Juga: Kisah Unik Koum dan Acton Saat Jual WhatsApp Rp284 Triliun ke Facebook

Dengan menggunakan aplikasi ini, para pelaku usaha bisa merasakan beberapa keunggulan yang ada di dalamnya, yaitu:

1. Meningkatkan Customer Experience Para Pelanggan

Keunggulan paling utama dari aplikasi ini adalah dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan customer experience dari para pelanggan.

Di dalam aplikasi Whatsapp Business API akan tersedia fitur chatbot, yang dapat membuat pihak pelanggan lebih mudah mendapatkan jawaban dari kendalanya.

Tidak hanya itu, ketika ada seorang pelanggan yang membutuhkan informasi tentang produk yang hendak dibelinya, fitur chatbot ini akan langsung memberikan jawaban yang tepat untuk pelanggan tersebut.

Meskipun respons yang diberikan fitur ini termasuk otomatis dan tidak dilakukan langsung oleh manusia, tetapi bahasa yang digunakan terlihat sangat alami dan mudah dipahami. Jadi, para pelanggan bisa dengan mudah memahami isi dari percakapan tersebut.

2. Menciptakan Komunikasi yang Lebih Efektif

Whatsapp API juga memiliki keunggulan lain yakni mampu menciptakan komunikasi antar pelanggan dan perusahaan secara lebih efektif.

Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memverifikasi akun Anda dengan menggunakan nama perusahaan yang bersangkutan.

Dengan adanya keunggulan yang satu ini, akan membuat kualitas dan eksistensi perusahaan Anda semakin meningkat.

Selain itu, hanya dengan menggunakan satu nomor saja, akun tersebut juga sudah bisa dikelola oleh banyak pihak sekaligus.

Baca Juga: Ingin Status WA Tidak Bisa Dilihat Oleh Orang Tertentu, Ini Caranya

Tentu ini akan memberikan hasil yang lebih efektif dan efisien terhadap perusahaan itu sendiri. Bahkan, hal ini juga mampu meningkatkan efektivitas kerja dari sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam perusahaan.

3. Pelayanan Pelanggan Bisa Lebih Mudah Dilakukan

Hanya dengan mengandalkan fitur chatbot yang ada di dalam aplikasi ini, Anda sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Pada dasarnya, fitur chatbot dapat membalas pesan pelanggan tanpa mengharuskan pemilik nomor memegang ponselnya sendiri.

Bahkan, teknologi canggih yang satu ini juga bisa berjalan selama 24 jam penuh, sehingga perusahaan bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Dengan adanya fitur chatbot yang sangat bermanfaat seperti ini, perusahaan jadi bisa lebih menghemat waktu, biaya, dan juga tenaga.

Sebab, mereka jadi tidak perlu merekrut karyawan untuk melakukan tugas ini. Fitur chatbot ini akan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin dan memberikan informasi yang akurat terkait pertanyaan yang pelanggan berikan.

4. Pengiriman Pesan Bisa Dilakukan secara Lebih Cepat

Setiap pelanggan pasti ingin pertanyaannya segera dijawab dengan jawaban yang akurat. Namun, jika pelayanan ini dilakukan langsung oleh sumber daya manusia (SDM), maka proses pengiriman pesan balasan tersebut akan memakan waktu yang lebih lama.

Untuk menghindari terjadinya situasi di mana pelanggan merasa kecewa, para pelaku usaha bisa menggunakan aplikasi Whatsapp API yang satu ini.

Dengan menggunakan teknologi canggih satu ini, perusahaan bisa langsung membalas pertanyaan pelanggan dengan jawaban yang paling akurat.

Nantinya, sistem akan mencari jawaban yang paling tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diberikan oleh pihak pelanggan. Dengan begitu, kedua belah pihak akan merasa diuntungkan.

5. Mudah Diintegrasikan dengan Aplikasi Lain

Keunggulan lain dari aplikasi Whatsapp API adalah mudah diintegrasikan dengan aplikasi lainnya. Dari sekian banyak aplikasi yang bisa diintegrasikan pada aplikasi ini, integrasi Whatsapp Business API dengan customer relationship management (CRM) adalah yang paling sering dibahas.

Baca Juga: Kenapa Tidak Bisa Scan QR Code Whatsapp Web? Ternyata Ini Penyebabnya

Karena aplikasi bisnis yang satu ini mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain yang juga penting untuk perkembangan bisnis, hal ini dapat membuat perusahaan lebih mudah menjalankan sistem yang ada di dalamnya.

Jadi, bisa dipastikan keunggulan aplikasi yang satu ini dapat memberikan keuntungan yang berlimpah kepada setiap pelaku usaha yang menggunakannya.

6. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perusahaan

Selain mampu meningkatkan customer experience para pelanggan, aplikasi ini juga mampu meningkatkan kualitas pelayanan dari setiap perusahaan yang menggunakannya. Sebab, aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media komunikasi yang andal dan profesional.

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh divisi customer service dan customer care dengan sebaik mungkin. Nantinya, segala jenis fitur yang ada di dalamnya akan membuat percakapan antara pihak pelanggan dan perusahaan berjalan secara lebih lancar dan mudah.

7. Didukung dengan Sistem dan Model Komunikasi Dua Arah

Cukup berbeda dengan aplikasi lainnya, Whatsapp API telah didukung dengan sistem dan model komunikasi dua arah yang sangat bermanfaat.

Dengan adanya keunggulan yang satu ini, akan membuat kedua belah pihak lebih mudah dalam berkomunikasi.

Selain itu, sistem dan model komunikasi dua arah ini juga dapat memberikan kewenangan serta kesempatan kepada kedua belah pihak, untuk melakukan komunikasi yang menguntungkan dan tidak ada kendala.

8. Didukung dengan Fitur Interaktif dalam Berkomunikasi

Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di awal artikel, Whatsapp Business API memang ditujukan untuk setiap perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya secara lebih baik lagi.

Jadi, akan menjadi hal yang wajar jika fitur-fitur di dalam aplikasi ini akan sangat menguntungkan perusahaan.

Baca Juga: WhatsApp Group Kini Bisa Tampung 512 Orang, Ini Detail Update WA Terbaru

Salah satu daya tarik dari aplikasi Whatsapp Business API adalah tersedia fitur yang dapat membuat komunikasi bisnis menjadi lebih informatif di dalamnya.

Dengan adanya fitur-fitur bisnis ini, akan membuat para pelaku usaha lebih mudah untuk meraih kredibilitas yang baik di kalangan pelanggan.

9. Sistem Keamanan Aplikasi Terjamin dengan Baik

Apakah Anda ragu menggunakan aplikasi ini karena takut data perusahaan bocor? Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, karena aplikasi Whatsapp API dapat menjamin keamanan data perusahaan Anda dengan sebaik mungkin.

Aplikasi ini tidak pernah menyalahgunakan data-data yang masuk ke sistemnya, sehingga setiap data perusahaan dari para pengguna dapat dipastikan akan selalu dijaga dengan baik oleh pihak pengelola aplikasi. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan sistem keamanan berlapis untuk para penggunanya.

Jadi, segala jenis data dan informasi para pengguna aplikasi ini tidak akan bocor. Dengan begitu, dapat dipastikan aplikasi ini aman untuk digunakan oleh pihak pelanggan maupun perusahaan atau bisnis tertentu.

10. Membuat Hubungan Komunikasi Pelanggan dan Perusahaan Menjadi Lebih Baik

Mengapa aplikasi Whatsapp API dikatakan mampu membuat hubungan komunikasi antara pelanggan dan perusahaan menjadi lebih baik lagi? Sebab, segala jenis fitur yang ada di dalam aplikasi ini memang dirancang untuk mengoptimalkan komunikasi bisnis antar kedua belah pihak.

Baik pihak pelanggan maupun perusahaan akan merasa puas dengan proses komunikasi tersebut, sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini semakin digemari oleh para pelaku usaha Indonesia.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat mempermudah proses komunikasi antar kedua belah pihak.

Nantinya, pihak pelanggan bisa memperoleh jawaban dalam jangka waktu yang lebih cepat, sehingga mereka akan merasa puas dengan jawaban tersebut. Dengan bantuan AI yang ada di dalam sistem aplikasi ini, pelanggan bisa mengatasi kendalanya secara lebih mudah dan cepat.

Perbedaan antara Whatsapp API dan Whatsapp Business

Perbedaan antara Whatsapp API dan Whatsapp Business bisa dilihat dari sistem yang berlaku di dalamnya. Pada dasarnya, kedua jenis aplikasi komunikasi ini saling berbeda satu sama lain.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kirim WA Tanpa Internet? Ikuti Langkah Ini

Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum mengetahui perbedaannya.

Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan antara kedua jenis aplikasi komunikasi ini, simak dengan baik penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Whatsapp API

Umumnya, aplikasi komunikasi ini akan lebih sering digunakan oleh para pelaku usaha yang sudah memiliki bisnis dalam skala yang besar. Sebab, aplikasi ini dapat disambungkan langsung ke software perusahaan secara andal dan profesional.

Sudah ada banyak pelaku usaha di Indonesia yang menggunakan aplikasi ini untuk melancarkan proses perkembangan bisnisnya secara lebih mudah.
Whatsapp API didukung dengan beragam fitur menarik yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda, yaitu:

– Verified Business Profile
– Use Automation
– Multi-Agents Access
– Send Bulk Notification
– Chatbot

Dari sekian banyak fitur yang ada di dalamnya ini, fitur chatbot adalah yang paling terbaik. Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan bisa meraih angka penjualan yang semakin meningkat.

Bahkan, fitur chatbot juga mampu memaksimalkan kinerja para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

2. Whatsapp Business

Meski sama-sama memiliki peran yang penting di dalam dunia bisnis, tapi pada dasarnya kedua jenis aplikasi ini saling berbeda satu sama lain.

Tujuan utama pembuatan aplikasi ini sendiri sebenarnya untuk memudahkan para pelaku usaha atau UMKM dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya.

Baca Juga: Hindari Akun WhatsApp Diretas, Ini Cara Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Jadi, Whatsapp Business bisa digunakan oleh para pelaku usaha yang bisnisnya sendiri belum terlalu besar. Hal ini berbeda dengan Whatsapp API yang lebih sering digunakan oleh perusahaan yang sudah besar.

Tidak hanya itu, ada perbedaan lain yang dimiliki Whatsapp API dan Whatsapp Business. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari fitur-fiturnya. Untuk fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Whatsapp Business sendiri adalah:

– Perangkat pesan
– Broadcast message
– Conversation label
– Statistik
– Profil bisnis
– Greeting message
– Quick reply

Melihat penjelasan yang ada di atas, bisa dipastikan bahwa aplikasi Whatsapp API akan memiliki manfaat yang sangat besar untuk sebuah bisnis. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.

Cara mendapatkan Whatsapp API yang paling mudah adalah dengan mengakses https://mekari.com/. Situs ini menyediakan aplikasi Whatsapp Business API yang paling andal, sehingga Anda bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode