[ X ] CLOSE

10 Jalan di Soloraya Jadi Ajang Balap Liar, Salah Satu Jadi Arena Judi!

Sebanyak 10 jalan raya di Soloraya kerap jadi lokasi balap liar, bahkan ada balap liar yang dijadikan arena judi.
10 Jalan di Soloraya Jadi Ajang Balap Liar, Salah Satu Jadi Arena Judi!
SOLOPOS.COM - Puluhan remaja pelaku aksi balap liar diamankan di Mapolsek Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB. (Istimewa/Polsek Kartasura)

Solopos.com, SOLO – Aparat Polres Karanganyar membubarkan aksi balap liar motor di Jalan Solo-Sragen tepatnya di kawasan SPBU Waru, Kecamaran Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Selasa (19/10/2021) dini hari.

Dari lokasi, petugas mendapati sekelompok remaja berada di lokasi sehingga segera diamankan dan diberi pembinaan. Sementara itu, sebuah sepeda motor sebagai barang bukti balap liar disita dan dibawa ke Markas Satlantas Polres Karanganyar.

Berdasar penelusuran Solopos.com, terdapat 10 jalan di Soloraya ini kerap dijadikan arena balap liar. Berikut daftarnya.

1. Jalan Solo-Sragen, tepatnya di SPBU Waru

Aparat Polres Karanganyar membubarkan aksi balap liar motor di Jalan Solo-Sragen tepatnya di kawasan SPBU Waru, Kecamaran Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Selasa (19/10/2021) dini hari.

Baca Juga: Aksi Balap Liar di Kebakkramat Karanganyar Dibubarkan Polisi

Sebelumnya, tim gabungan Satlantas Polres Karanganyar dan Polsek Kebakkramat juga membubarkan gerombolan orang pada Sabtu (10/4/2021) dini hari. Mereka  diduga hendak menyelenggarakan balap liar di jalan raya Solo-Sragen, tepatnya di depan SPBU Waru, Kecamatan Kebakkramat.

2. Jl. Raya Ahmad Yani Kartasura

Konvoi motor knalpot brong-brongan hingga balap liar marak digelar di wilayah Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, tepatnya di sepanjang Jalan Raya Ahmad Yani. Terakhir, aksi oleh mayoritas sekelompok remaja ini terjadi pada Sabtu (21/8/2021) tengah malam hingga Minggu (22/8/2021) pagi.

Baca Juga: Ada Balap Liar-Knalpot Brong di Sukoharjo, Lapor Saja ke Tim Pandawa!

Pada Agustus lalu, Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB. Sedikitnya 33 remaja pelaku aksi balap liar dan motor brong-brongan diamankan di Mapolsek Kartasura.

3. Ring Road Mojosongo Solo

Tim Sparta Polresta Solo menangkap 16 pemuda dan menyita 11 sepeda motor yang digunakan untuk balap liar di Ring Road Mojosongo pada Senin (26/7/2021) dini hari. Polisi juga menduga ada perjudian balap liar mempertaruhkan peserta balap liar.

Kasat Sabhara Polresta Solo, Kompol Sutoyo, kepada wartawan, mengatakan pembubaran balap liar itu berawal dari aduan warga yang masuk ke call center Tim Sparta.

Baca Juga: Josss… Aksi Pria Bubarkan Balap Liar di Ringroad Mojosongo Viral

Salah satu warga Karanganyar dengan berani pernah membubarkan praktik balap liar mobil yang dilakukan di Ringroad Mojosongo tepatnya di depan SPBU Plesungan, Karanganyar seorang diri, Rabu (2/6/2021) dini hari WIB.

Aksi yang dilakukan oleh warga bernama Edy Sutrisno atau lebih dikenal Geyol Oke Dong tersebut viral di dunia maya lantaran membubarkan sekumpulan orang yang akan melakukan balap liar mobil di Ringroad Mojosongo.

4. Jl. Veteran Klaten

Dua pemotor di Kabupaten Klaten melakukan balap liar dan beradu cepat dengan mobil ambulans di Jl. Veteran Klaten, tepatnya di dekat PMI Klaten pada Juli 2021 lalu. Aksi kedua pemuda itu viral setelah videonya diunggah di media sosial . Mengetahui kejadian itu, aparat Polres Klaten langsung mencari pelaku. Hingga akhirnya pelaku sudah ditemukan.

5. Jalan Tawangmangu-Karanganyar

Polres Karanganyar pernah menertibkan aksi balap liar yang dilakukan sejumlah pemuda di sekitar Kali Samin, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar Minggu (2/5/2021) sore. Satu kendaraan roda dua tanpa nomor polisi diamankan anggota Polsek Tawangmangu sebagai barang bukti lantaran ditinggalkan oleh pemiliknya.

Baca Juga: JALAN TAWANGMANGU-MAGETAN : Lokasi Pacaran Asyik Hingga Balap Liar

Penertiban aksi balap liar di Tawangmangu dilakukan setelah polisi mendapat banyak laporan dari warga setempat yang mengatakan ada aksi balap liar di wilayah tersebut.

6. Jl. Slamet Riyadi Solo

Aparat Satlantas Polresta Solo pernah mengamankan sebuah sepeda motor Yamaha Mio Soul berpelat nomor AD 4677 PO itu ditinggalkan begitu saja di pinggir Jl Slamet Riyadi seusai kecelakaan akibat balapan liar. Pengendaranya belum diketahui keberadaan maupun kondisinya.

Aparat Satlantas Polresta Solo menemukan keanehan pada sepeda motor milik pelaku balap liar yang mengalami kecelakaan di Jl Slamet Riyadi, Minggu (11/4/2021) dini hari.

Setelah mengamankan sepeda motor itu, Satlantas langsung melakukan penyelidikan. Namun, saat dicek data kendaraan wilayah Solo, pelat nomor itu tidak sesuai. Kepolisian justru menemukan pelat nomor yang terpasang pada motor Yamaha itu seharusnya milik motor bermerek Honda.

Baca Juga: Pelaku Balap Liar Di Jl Slamet Riyadi Solo Menghilang Seusai Kecelakaan, Motor Ditinggal

Sebelumnya, video aksi balap liar berujung tabrakan dua sepeda motor di Jl Slamet Riyadi Solo menjadi viral setelah diunggah di media sosial, Minggu (11/4/2021).

Video berdurasi 25 detik itu menggambarkan aksi anak-anak muda tengah balapan liar. Lalu seorang pemuda jatuh saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Video itu diduga direkam salah seorang pengendara sepeda motor. Para pemuda itu memacu kendaraan dari arah timur ke barat. Diduga karena bersenggolan, salah seorang pengendara sepeda motor terjatuh dengan kecepatan tinggi.

Percikan api muncul di tempat pelaku balap liar di Jl Slamet Riyadi Solo itu terjatuh. Salah satu pengendara terlihat terkapar di aspal sementara sepeda motornya tergeletak di rel kereta api.

7. Jl. Radjiman Solo

Tim Sparta Satsabhara Polresta Solo pernah menangkap tiga orang yang diduga melakukan aksi balap liar di Jl. Radjiman atau Kawasan Pasar Klewer pada Jumat (22/1/2021) dini hari.

Baca Juga: Nekat Balap Liar di Klewer, 3 Motor Pemuda Disita

Polisi lantas menyita tiga sepeda motor milik pemuda tersebut di Mapolresta Solo. Mereka diminta untuk menggantik knalpot sepeda motor mereka dengan yang standar.

8. Jalan Desa Karangturi, Gantiwarno, Klaten

Tim gabungan dari Polsek dan Koramil Gantiwarno, Klaten, pernah membubarkan kerumunan massa pemuda yang menggelar aksi balap liar, Sabtu (11/4/2020) dini hari.

Baca Juga: Balap Liar Di Tengah Pandemi Corona, Gerombolan Pemuda Gantiwarno Klaten Digerebek Polisi

Aksi itu dilakukan di Desa Karangturi, Kecamatan Gantiwarno. Aksi sekelompok pemuda itu dilaporkan warga setempat yang merasa terganggu.

9. Jl. Merdeka Timur Boyolali

Aparat Polres Boyolali pernah menyita 24 sepeda motor saat membubarkan aksi balap liar di Jl. Merdeka Timur kawasan Alun-Alun Kidul Boyolali, Rabu (15/5/2019) dini hari.

Sepeda motor yang disita itu baik yang dipakai balapan maupun kendaraan penonton yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan beserta para pengendaranya.

Baca Juga: Bubarkan Balap Liar di Alun-Alun Kidul Boyolali, Polisi Sita 24 Motor

Dalam razia tersebut polisi mengepung kawasan yang dijadikan arena balap liar, yakni pada lajur barat di jalan kawasan depan DPRD Boyolali hingga ke Menara Jagung itu. Para joki dan ratusan penonton di lokasi tersebut tak dapat berkutik.  Selanjutnya, para joki diamankan ke Mapolres sedangkan penonton langsung dipaksa meninggalkan lokasi.

10. Jl. Raya Sukowati Sragen

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sragen pernah kecolongan atas peristiwa pembalap liar dihajar warga di dekat Taman Krido Anggo, Sragen, pada Minggu (10/2/2019) dini hari.

Video aksi tersebut menjadi viral di media sosial. Dengan adanya peristiwa tersebut, Satlantas Polres Sragen meningkatkan patroli malam mulai pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Polisi Wonogiri Hajar Pembalap Liar Sragen Bakal Disidang

Belakangan diketahui, warga yang nekat menghajar pelaku balap liar itu adalah seorang polisi yang bertugas di Wonogiri.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago