SOLOPOS.COM - Ilustrasi perempuan menggunakan HP untuk mendapatkan penghasilan tambahan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Saat ini, sudah banyak cara yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan telepon selular atau HP. Tentunya, dengan tambahan koneksi Internet untuk melancarkan aksi Anda.

Berikut ini menurut situs keuangan Duwitmu.com beberapa cara menghasilkan uang dari HP yang dapat kita coba.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. Menjadi Social Media Admin

Di zaman serbadigital saat ini, hampir semua bisnis menerapkan strategi digital marketing. Termasuk salah satunya, menjalankan social media marketing. Hal ini menyebabkan lowongan untuk memanajemen media sosial bisnis sangatlah dibutuhkan.

Syaratnya Anda perlu memiliki beberapa skill, seperti copywriting, membuat konten untuk caption, dan riset konten sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Baca Juga: Inilah 12 Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Halal Tanpa Modal

Nah, untuk tugas yang Anda lakukan adalah:

  • Membuat konten untuk postingan
  • Membuat content strategi
  • Membalas komentar audiens
  • List building (mengumpulkan data)
  • Meningkatkan followers
  • Meningkatkan engagement

Tenang saja, semua itu bisa Anda pelajari kok. Jadi, kalau Anda tertarik untuk melakukan cara ini, bisa mempelajarinya mulai dari sekarang. Dengan bermodalkan HP, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Jangan salah, beberapa perusahaan besar berani menggaji Anda dengan gaji yang lumayan besar. Jadi, asah terus skill Anda dalam social media marketing.

Anda bisa mempelajarinya melalui course online yang tersedia di berbagai platform, seperti HubSpot Academy, Udemy Course, Masterclass, dan masih banyak lagi.

2. Menjadi Influencer

Menjadi influencer saat ini mungkin menjadi impian beberapa orang. Pasalnya, penghasilan menjadi seorang influencer saat ini bisa begitu fantastis. Untuk influencer terkenal seperti Awkarin, misalnya.

Baca Juga: Celengan: Bukti Tradisi Menabung & Mitos Babi Ngepet

Dalam sekali posting produk di Instagram storiesnya, Awkarin meraup untung sekita Rp3 juta-Rp5 juta. Bayangkan berapa produk yang ia endorse setiap harinya.

Modalnya tentu saja dengan media sosial dan HP Anda. Namun, untuk bisa sukses menjadi influencer membutuhkan proses yang tak sebentar.

Anda juga perlu membangun personal branding yang baik. Posting foto-foto dan konten yang menarik untuk menarik banyak followers. Anda juga perlu aktif dalam bermedia sosial. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak followers.

Selain itu, Anda juga bisa mulai iseng-iseng me-review produk yang Anda gunakan. Dengan sering me-review produk, kemungkinan beberapa pemilik bisnis yang melihat postingan Anda akan tertarik mengendorse Anda.

3. Bermain Game HP

Siapa yang hobi bermain game? Kalau salah satu yang hobi bermain game, inilah saatnya hobi Anda bisa menghasilkan uang.

Anda hanya perlu bermain game di HP Android sampai pada level tertentu. Setelah itu, Anda bisa coba untuk menjual akun tersebut kepada orang lain. Game yang dapat Anda mainkan misalnya, Mobile Legend.

Bahkan, ada yang pernah melelang akun game tersebut sebesar Rp12 juta. Spesifikasi biasanya level minimal 30 II server iOS, diamond 12.000 dan skin lebih dari 40.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Merdeka Secara Finansial, Anda Sudah Termasuk?

Nah, selain menjual akun game yang dimainkan, Anda juga bisa menjadi joki atau bermain untuk akun orang lain. Tugasnya menaikkan level dan skill akun tersebut.

Nah, jadi jika Anda sangat gemar bermain game, cobalah terapkan cara ini untuk mendapatkan penghasilan dari HP Android Anda.

4. Dropshipper

Kalau belum memiliki banyak modal untuk membeli produk sendiri, Anda bisa menjadi dropshipper terlebih dahulu.

Prinsip dropship adalah Anda menjual produk pihak lain (supplier) tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Anda bahkan bisa menjual dengan mengatasnamakan nama bisnis Anda sendiri.

Nantinya, pengiriman barang akan dikirim oleh (supplier) langsung kepada pembeli. Meskipun keuntungannya tidak sebesar memiliki produk sendiri, tapi hasilnya tetap menjanjikan. bukan?

Nah, berikut ini kami berikan sedikit tips untuk bisa sukses menjadi dropshipper.

  1. Pilih produk yang ramai pembeli
  2. Cari supplier reputasi yang baik
  3. Bandingkan harga antar-supplier
  4. Tentukan tempat berjualan (website, media sosial, marketplace, dan lain sebagainya)

Anda juga bisa bergabung dengan salah satu platform dropship yang memudahkan dalam memilih produk dropship.

Baca Juga: Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Kemudahan lainnya adalah Anda bisa menjual produk-produk dropship di kanal e-commerce dan media sosial melalui HP Anda.

5. Affiliate Marketing

Program afiliasi atau affiliate marketing adalah pemasaran online dengan sistem bayaran komisi jika berhasil menjualkan produk atau layanan.

Setiap produk yang berhasil dijual dengan kode kupon atau link referral, Anda akan mendapatkan komisi dari pemilik bisnis. Komisi yang diberikan beragam, mulai dari 10% hingga 80% dari harga produk.

Bergabung di program afiliasi juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu mendaftar ke program afiliasi pilihan.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon. Posting banner tersebut di media sosial, blog, atau website Anda.

Jika ada yang membeli menggunakan kode kupon Anda, komisi akan jadi milik Anda. Semua langkah tersebut, bisa Anda lakukan melalui HP Anda.



Jangan lupa lakukan riset produk dan program afiliasinya terlebih dahulu. Jangan hanya tergiur oleh komisi yang besar. Perhatikan pula bagaimana aturan setiap produk.

6. Jual Foto

HP zaman sekarang telah memiliki kualitas kamera yang tak kalah keren dengan kamera digital. Bahkan, beberapa kamera HP terkini memiliki kualitas yang lebih baik.

Baca Juga: Dianggap Normal, 9 Kebiasaan Mengelola Keuangan Ini Ternyata Keliru

Nah, kalau hobi memfoto suatu objek, Anda bisa menjual hasil foto tersebut dengan harga yang pantas. Anda dapat meng-upload-nya di situs upload foto seperti Shutterstock dan Twenty20. Selain itu, ada pula platform lain seperti 500px.

Dengan perangkat smartphone, Anda bisa mempromosikan hasil karya Anda melalui media sosial yang Anda miliki.

7. Jasa Penerjemah

Punya kemampuan bahasa asing yang bagus? Anda bisa mendaftarkan diri pada platform translate dan transkrip film. Misalnya, TranscribeMe dan Rev.

Selain itu, juga bisa memasarkan jasa terjemahan di media sosial Anda untuk menjangkau lebih banyak orang. Untuk hal ini, yang Anda butuhkan hanyalah skill menerjemahkan dan perangkat ponsel untuk memasarkan jasa Anda.

8. Panel Survei Online

Cara mudah lainnya untuk mendapatkan uang HP adalah dengan mengisi survei online.

Baca Juga: Nggak Susah, Seperti Ini 5 Langkah Investasi di Masa Muda



Cara ini sangatlah mudah, sebab yang perlu Anda lakukan hanyalah menjawab pertanyaan atau survei yang diberikan. Kemudian Anda bisa mendapatkan hasil komisi.

Biasanya, sistem komisi yang diberikan dapat berupa poin yang bisa ditukarkan dengan uang, pulsa, atau voucher.

Beberapa perusahaan saat ini sangat membutuhkan survei online yang perlu diisi oleh banyak orang. Biasanya mereka mendaftarkan surveinya dalam platform survei online di Indonesia, misalnya SurveyOn, YouGov Indonesia dan lain sebagainya.

Jika bisa sering-sering mengisi survei online yang tersedia, Anda bisa lebih banyak mendapatkan reward untuk ditukarkan dengan uang, pulsa, atau voucher.

9. Beauty Vlogger

Anda bisa membuat akun khusus review produk kecantikan di media sosial Instagram. Jika Anda senang menggunakan produk-produk kecantikan, Anda bisa menjadikannya konten di media sosial Instagram Anda.

Membagikan review produk kecantikan dapat sangat bermanfaat bagi beberapa orang yang ingin menggunakan suatu produk.

Baca Juga: Cobain Nih, 7 Cara Menghasilkan Cuan di Media Sosial

Nah, jika Anda bisa konsisten membuat konten yang menarik, Anda bisa mendapatkan endorse dari beberapa produk untuk di-review.

10. Freelancer

Tertarik menawarkan jasa secara lepas waktu? Misalnya menawarkan jasa input data, content writing, atau desain. Menjadi freelance terbilang menarik untuk dicoba. Anda bisa bekerja secara fleksibel dan dari mana saja.



Untuk lebih cepat mendapatkan project, Anda dapat bergabung dengan beberapa platform freelance, misalnya Projects.co.id, Upwork, Sribulancer, dan lain sebagainya.

Tentu saja Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui smartphone Anda. Jangan lupa untuk menyisipkan portofolio supaya client dapat melihat karya Anda dan lebih cepat mendapatkan project.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dengan HP Anda. Ada banyak, bukan?

Baca Juga: Tips Raih Modal Bisnis untuk Wirausaha, Pemula Bisa Coba

Pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Manfaatkan beberapa platform dan media sosial yang mendukung skill Anda.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya