SOLOPOS.COM - Masterplan pengembangan wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Ulasan tentang Wonogiri bakal mempunyai objek wisata spektakuler mirip Wisata Guatape Dam, Kolombia, masuk jajaran 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Rabu (21/4/2021) pagi. Wisata itu merupakan pengembangan Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM).

Berita terpopuler membeberkan tempat wisata andalan Pemerintah Kabupaten Wonogiri seluas 7,5 hektare itu bakal dirombak total. Selain itu bakal ada pengembangan di kawasan sisi barat Wisata WGM seluas 115 ha. Proyek dilaksanakan pemerintah pusat pada 2021-2023 dengan estimasi anggaran lebih kurang Rp170 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitan dan Pengembangan atau Bappeda Litbang Wonogiri, Heru Utomo, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (20/4/2021), menyampaikan ada enam lokasi wisata yang akan dikembangkan.

Baca juga: Jadwal Imsak dan Magrib Di Solo Hari Ini, Rabu 21 April 2021

Yakni Wisata WGM, perluasan kawasan seluas 115 ha sisi barat Wisata WGM, sejumlah pulau di WGM, dan tiga lokasi di Desa Sendang tak jauh dari Wisata WGM, yakni Bukit Joglo, Bukit Cenik, dan tiga Bukit Susu.

46 Wahana dan Fasilitas Pendukung

Rencananya di seluruh kawasan tersebut bakal dibangun 46 wahana dan fasilitas pendukung, seperti kantor pengelola dan informasi wisata, klinik kesehatan, toilet pertabel, tempat parkir, dan street furniture.

Sebanyak 46 wahana yang bakal dibangun selama ini belum ada di Wonogiri, bahkan di tempat wisata lain, seperti teras pantai waduk, Museum Gajah Mungkur, taman tematik dan lanskap, taman opera, taman pintar, dan infinity pool.

Baca juga: Permintaan Elpiji 3 Kg di Wonogiri Masih Stabil, Diprediksi Melonjak Pertengahan Ramadan

Selain itu pedestrian kaca, bianglala, agrowisata, kebun raya, kawasan lintas alam dan jalur olahraga sepeda ekstrem atau downhill, area pemandangan waduk dari jalan atau scenic lake from road, dan sebagainya.

“Pengembangannya akan mengadopsi Wisata Guatape Dam, Kolombia karena karakterisik kawasan di sana dengan area WGM Wonogiri mirip. Ada kawasan perairan, perbukitan, dan sebagainya,” imbuh Heru.

Selain ulasan tentang pengembangan wisata Wonogiri, kabar lain tentang komposisi skuad Persis Solo masih bisa berubah, 35 warga Boyolali positif Covid-19 sepulang piknik, hingga cara polisi hentikan aksi balap liar juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Simak 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Rabu pagi:

10 Berita Terpopuler : Komposisi Sementara Skuad Persis Solo - Honda Jazz Nge-drift di Solo

Masih Buru Bintang Piala Menpora, Kaesang Pangarep Incar Trio PSM Makassar?

Keren! Wonogiri Bakal Punya Wisata Mirip Guatape Dam Kolombia

Terus Bergerak, Komposisi Skuat Persis Solo Masih Bisa Berubah Total

Pulang Dari Piknik, 35 Warga Boyolali Positif Covid-19

Inilah Road Blocker, Alat Polisi untuk Hentikan Aksi Balap Liar di Solo

Desa di Sragen Lakukan Ini Jika Ada Perantau Nekat Mudik Lebaran

Pengembangan WGM Wonogiri Habiskan Dana Rp170 Miliar, Bisa Jadi Wisata Terbesar di Jateng

Ikatan Cinta 20 April 2021: Al Berhasil Bongkar Makam Roy, Hasil Tes DNA Reyna Terungkap

Napak Tilas di Balai Persis Solo, PSSI Terus Upayakan Soeratin Menjadi Pahlawan Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya