SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video rekaman kamera CCTV menunjukkan detik-detik saat napi Rutan Solo panjat pagar dan atap untuk kabur, Senin (4/7/2022). (Istimewa/Dokumentasi Rutan Solo)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang upaya narapidana Rutan Klas 1 Solo kabur dengan memanjat atap dan kabar tentang kejuaraan remaja Piala AFF U-19 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa (5/7/2022).

Napi Rutan Klas 1 Solo bernama Rachmad Fauzi kabur dengan memanjat atap masjid pada Senin (4/7/2022) sore terekam kamera pengawas atau CCTV.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam rekaman video yang diperoleh Solopos.com dari dokumentasi Rutan terlihat situasi sekitar masjid saat itu sepi menjelang penguncian kamar. Tampak napi tersebut kabur tanpa memakai alas kaki.

Ia memanjat atap dan berjalan di pinggirannya lalu hendak melompati pagar menuju keluar. Namun aksinya ketahuan petugas dan Rachmad langsung disuruh turun untuk menyerahkan diri.

Kepala Pengamanan Rutan Klas I Solo, Bachtiar Oktaffiandi, kepada wartawan Senin malam, menjelaskan napi yang berusaha kabur itu sembunyi terlebih dahulu di toilet masjid. Setelah situasi sepi baru keluar dari toilet menuju depan masjid memanjat pagar teralis.

Baca Juga : Antam Turun Tipis! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 5 Juli 2022

Napi itu kemudian lompat ke area perkantoran atas. Dari situ si napi menuju ke genting dapur. “Mencoba melompat keluar dari atap namun segera diketahui petugas,” ujar Bachtiar.

Rachmad tidak menggunakan peralatan apapun saat berusaha kabur. Menurut Bachtiar, aksi yang dilakukan napi tersebut terbilang nekat karena jarak antara atap perkantoran atas dengan atap dapur yang hendak dilompati lumayan jauh.

“Selain itu sudah ada pengamanan kawat berduri, tapi yang dilompati oleh yang bersangkutan. Ketinggian tembok kurang lebih empat meter,” tutur Bachtiar.

Rachmad Fauzi merupakan napi kasus pencurian yang tercatat sebagai warga Kauman, Pasar Kliwon, Solo. Ia nekat mencoba kabur dari Rutan Solo dengan cara memanjat atap masjid dan dapur.

Saat pengecekan, petugas mendapati Rachmad tidak berada di kamarnya. Petugas lalu menginformasikan ke pos jaga dan melapor ke bagian pengamanan Rutan. Peristiwa ini sempat membuat geger. Lonceng rutan terus menerus berbunyi tanda situasi darurat.

Baca Juga : Ada Kunjungan Jokowi, Begini Prakiraan Cuaca di Semarang Hari Ini

Setelah mengetahui keberadaan napi di atap masjid dan dapur, petugas keamanan langsung berupaya membujuk Rachmad untuk menyerahkan diri. Rachmad dibawa turun dan digiring ke ruang pengamanan rutan.

Berdasarkan interogasi awal, napi Rutan Solo tersebut mengakui bermaksud kabur. “Alasannya karena baru kali ini melakukan tindak kejahatan. Pertama kali menjalani hukuman di Rutan jadi merasa berkecil hati. Mungkin juga tidak mendapat perhatian dari keluarga,” jelas Kepala Rutan Klas I Solo, Urip Dharma Yoga, dalam konferensi pers, Senin malam.

Urip menambahkan menurut pengakuan napi tersebut, sebelum berencana melarikan diri, pada Senin pukul 15.00 WIB, Rachmad sempat menghubungi keluarganya melalui telepon. Namun keluarga tidak mengangkat telepon.

“Yang bersangkutan merasa tidak diperhatikan akhirnya memiliki pemikiran singkat untuk mencoba lari,” ujar Urip mengenai alasan napi Rutan Solo itu mencoba kabur.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, napi kasus pencurian itu menjalani hukuman di Rutan Solo sejak Maret 2022 dengan hukuman pidana selama dua tahun.

Baca Juga : Ini Dia Pesawat N219 Nurtanio Asli Produk Indonesia

Selain ulasan tentang napi Rutan Solo yang mencoba kabur lewat atap masjid, masih ada ulasan lain mengenai kejuaraan Piala AFF U-19, profil Hokky Caraka, Palur terancam macet parah saat jembatan Jurug B Solo dibongkar, ajang Piala Indonesia, BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri, sapi jumbo 1 ton di Boyolali, Presiden Jokowi produk langka sejarah Indonesia, hingga Puan rajin ke daerah menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com pada Selasa (5/7/2022):

Terekam CCTV, Ini Detik-Detik Napi Rutan Solo Kabur Lewat Atap Masjid

Timnas Indonesia Pesta Gol di Piala AFF U-19, Begini Kata Shin Tae-yong

Profil Hokky Caraka, Talenta Asal Gunungkidul Cetak 4 Gol di AFF U-19

Awas! Palur Terancam Macet Parah Saat Jembatan Jurug B Solo Dibongkar



Piala Indonesia Diikuti 64 Tim, Ada Persebi Boyolali

BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri Meluncur 2023, Bus Bumel Tambah Pesaing

Brunei Akui Sulit Imbangi Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022

Menengok Sapi-Sapi Jumbo Hampir 1 Ton Milik Warga Mojosongo Boyolali

Wah! Presiden Jokowi Disebut Produk Langka Sejarah Indonesia, Kok Bisa?

Rajin ke Daerah, Puan: Silaturahmi Dulu Pilpres Masih Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya