SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan kepada wartawan terkait dengan kasus penembakan antaranggota pengawal Kadiv Propam Polri di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/7/2022). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang decoder CCTV di Kompleks Polri Duren Tiga Jakarta Selatan hilang dan kabar sepak bola Indonesia menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (5/8/2022).

Decoder CCTV di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan hilang. Padahal lokasi tersebut tempat kejadian perkawa Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J meninggal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Publik meminta polisi mengungkap kejanggalan tersebut. Belakangan, decoder CCTV tersebut berhasil ditemukan tim khusus yang dibentuk Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Decoder CCTV itu diambil polisi yang diduga menjadi bagian dari perekayasa kasus pembunuhan Brigadir J. Siapa polisi yang mengambil dan menyuruh mengambil decoder CCTV yang menjadi kunci kasus Brigadir J?

Kapolri mengatakan pihaknya sudah mengantongi siapa pengambil rekaman closed circuit television (CCTV). Kemudian, bagaimana pengambilan rekaman sehingga televisi sirkuit tertutup ini rusak.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (5/8/2022): Banyak Film Horor yang Tayang

“Kami dalami dan kami sudah dapatkan bagaimana pengambilan dan siapa yang mengambil juga sudah kami lakukan pemeriksaan. Pada saat ini tentu kami akan melakukan proses selanjutnya,” kata Kapolri di Mabes Polri, Kamis (4/8/2022) malam.

Jenderal bintang empat itu mengungkapkan pihaknya memproses 25 anggota Polri yang tidak profesional dalam menangani tempat kejadian perkara (TKP) meninggalnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, Duren Tiga Jakarta Selatan.

Mantan Kadiv Propam Polri itu menyebutkan hasil pemeriksaan Inspektorat Khusus (Irsus) Polri ada 25 personel tidak profesional dalam penanganan TKP Duren Tiga. Hal itu membuat proses olah TKP dan penanganan TKP terhambat.

Salah satunya terkait hilangnya rekaman CCTV di TKP menjadi sorotan masyarakat. Hal ini, kata Sigit, menjadi perhatian khusus pihaknya untuk menyampaikan itu kepada masyarakat.

Sigit menyebutkan ke-25 personel itu terdiri atas tiga perwira tinggi (pati) pangkat jenderal bintang satu, lima personel berpangkat kombes, tiga personel berpangkat AKBP, dua personel berpangkat kompol, tujuh personel perwira pertama (pama), dan lima orang berpangkat bintara dan tamtama.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (5/8/2022)

“Semua akan kami proses berdasarkan hasil keputusan apakah ini [ketidakprofesionalan] masuk dalam pelanggaran kode etik atau pelanggaran pidana,” ujarnya.

Seperti diberitakan, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Irjen Pol. Ferdy Sambo, dan tujuh anak buahnya dimutasi karena terlibat dalam berbagai kejanggalan penanganan kasus kematian Brigadir J.

Tujuh anak buah Ferdy Sambo di Divisi Propam Polri itu terdiri atas dua jenderal bintang satu dan lima perwira menengah (pamen).

Tak hanya perwira di Divisi Propam, kasus Ferdy Sambo juga memakan korban pejabat di Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan.

Tujuh perwira Propam serta dua perwira dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jaksel itu kini diperbantukan ke Mabes Polri sembari menjalani proses hukum.

Baca Juga : Simak Prakiraan Cuaca di Jogja Jumat Ini

Keterlibatan 10 perwira tinggi dan pamen itu diketahui dari surat telegram (ST) mutasi Kapolri, Kamis (4/8/2022).

Selain ulasan siapa yang mengambil CCTV terkait kasus Brigadir J, ulasan lain tentang alasan Kapolres Jakarta Selatan tidak masuk daftar mutasi, nama 2 jenderal terkait kasus Brigadir J, Nama 15 perwira Polri yang dimutasi, 2 kebakaran di Sukoharjo, lirik lagu Tiara, jadwal Liga 1 2022, Indonesia maju tuan rumah Piala Asia 2023, prakiraan cuaca Solo, dan tembakau bebas asap menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com pada Jumat (5/8/2022):

10 Pejabat Polri Dicopot, Siapa Pengambil CCTV Kasus Brigadir J?

Tanda Tanya, Kapolres Jaksel Tak Masuk Daftar Mutasi Kasus Brigadir J

Terungkap Nama 2 Jenderal Terkait Kasus Brigadir J, Satu Lagi Siapa?



Kurang dari Sejam, 2 Kebakaran Terjadi di Sukoharjo Pada Kamis Malam

Lirik Lagu Tiara Versi Arief Putra dari Minang di Youtube

Jadwal Liga 1 2022 dan Siaran Langsung Hari Ini, Ada 2 Big Match

Ferdy Sambo Resmi Dicopot, Inilah Nama 15 Perwira Polri yang Dimutasi

Indonesia Maju Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Inspeksi 1-4 September

Prakiraan Cuaca Solo Jumat 5 Agustus, Waspada Suhu Tinggi Bikin Gerah

Tembakau Bebas Asap Ubah Cara Konvensional Nikmati Sebatang Rokok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya