SOLOPOS.COM - Tangkapan layar unggahan netizen soal suara dentuman di Grup Facebook Kumpulan Wong Sragen. (Istimewa/GrupFacebook KWS)

Solopos.com, SOLO — Suara dentuman keras selama beberapa hari di Sragen, dan angin puting beliung masuk berita terpopuler di Solopos.com, selama 24 jam terakhir hingga Senin (17/8/2020) pagi.

Warga Sragen dikagetkan munculnya suara dentuman yang cukup keras selama beberapa hari terakhir. Suara dentuman itu membuat warga bertanya-tanya dari mana sumbernya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Suara dentuman itu saya dengar hampir tiap malam dalam beberapa hari terakhir. Semalam dentuman itu saya dengar sekitar pukul 21.00 WIB. Saya mengira itu adalah suara trafo listrik yang meledak, tapi kok terjadi dua malam terakhir?” ujar Rakhmat, 50, warga Karangtengah, Sragen, kepada Solopos.com, Minggu (16/8/2020).

Sempat Down, Anggita Harumkan Nama Sragen dengan Juara II Duta Genre Jateng

Sejumlah warga Sragen yang mendengar dentuman itu juga mengungkapkan pertanyaan melalui media sosial. Akun Facebook Ida Harnanik menuliskan, “Sudah dua hari ini, [warga] Sragen Kota denger suara kayak bom jam 6-an [18.00 WIB]. Kira-kira apa ya? Barangkali ada yang tahu?”.

Unggahan di grup Facebook Kumpulan Wong Sragen (KWS) pada Sabtu (15/8/2020) pukul 23.59 WIB itu mendapat 193 komentar dari netizen. Melalui kolom komentar, beberapa netizen Sragen mengaku mendengar suara dentuman serupa.

Namun, rata-rata mereka mengira suara dentuman itu berasal dari ledakan trafo, ban meletus, hingga suara halilintar. Sebagian netizen yang tidak mendengar suara dentuman itu berkomentar dengan nada bergurau.

Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun Ini Berbeda Karena Covid-19

“Ngapunten lur, wingi kula jajal jurus, malah gae gaduh wong-wong. Ngapunten nggeh. Ser e namung nyobo, malah banter tenan suarane wakakakak guyon lur,” tulis akun Fajar Kojrot.

Dari 193 komentar itu, ada beberapa netizen yang memberi pencerahan terkait suara dentuman di Sragen tersebut. Mereka menjelaskan suara dentuman itu berasal dari aktivitas latihan perang yang dilakukan aparat TNI.

“Itu TNI lagi latihan di daerah Sapen [Kecamatan Gesi],” tulis akun Teguh Choiri.

Duh, Kasus Covid-19 di DIY Tembus 1.000 Orang

Latihan Tempur

Usut punya usut, suara dentuman yang terdengar mulai pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB itu memang ternyata berasal dari aktivitas latihan tempur yang digelar tentara Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 408/Suhbrastha Sragen.

Latihan tempur itu yang memunculkan suara dentuman di Sragen itu digelar mulai Jumat-Sabtu (14-15/8/2020) dan Selasa-Rabu (18-19/8/2020) di Kecamatan Gesi dan Sukodono Sragen.

Komandan Yonif (Danyon) Raider 408/Suhbrastha, Letkol (Inf) Yefta Sangkakala, telah mengumumkan adanya latihan tempur itu melalui surat resmi perihal permohonan izin menggunakan daerah latihan dan mengeluarkan letusan.

Wow! VW Kodok Klasik Cuma Jadi Pajangan Jalanan di Klaten

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com, selama 24 jam terakhir hingga Senin pagi:

Suara Dentuman Gegerkan Warga Sragen, Ternyata Ini Sumbernya!

Video Viral Sunmori di Tawangmagu, Pemotor Berjubel di Cemoro Kandang

Pasien Covid-19 yang Dimakamkan di Wonogiri Belum Keluar Hasil Swabnya

4 Kecamatan di Sragen Diterjang Puting Beliung, Pohon Bertumbangan

10.000 Dukungan Tambahan Memenuhi Syarat, Bajo Lolos Verifikasi Pilkada Solo?

Kecelakaan Klaten: Mobil Diseruduk Bus di Prambanan, 2 Orang Jadi Korban

Video Porno Berjudul Big Bos-Babu Ternyata Dibintangi Eks DPRD di Papua



Update Covid-19 Klaten: 4 Pasien Baru Sembuh, Tapi Tambah 3 Kasus Baru

Letoi saat Berhubungan Badan, Kakek-Kakek Dibunuh Selingkuhan

Kisah Mbah Min, Bakul Dolanan di Solo Eks Mata-Mata Zaman Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya