10 Berita Terpopuler: Pesona Kemukus Sragen dan Kunker Puan ke Soloraya

Ulasan rombongan 12 bus pariwisata dari Magelang mengunjungi Gunung Kemukus di Sragen, Rabu (19/1/2022) dan kunker Puan Maharani ke Soloraya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (21/1/2022).
SHARE
10 Berita Terpopuler: Pesona Kemukus Sragen dan Kunker Puan ke Soloraya
SOLOPOS.COM - Kawasan Wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/I Yusep Wahyudi)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang rombongan 12 bus pariwisata dari Magelang mengunjungi objek wisata Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Rabu (19/1/2022) malam dan kunjungan kerja Puan Maharani ke Soloraya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Gunung Kemukus menjadi daya tarik wisata baru setelah rampung dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan PT Aset Prima Tama sebagai pelaksana proyek.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Pengunjung Rabu malam merupakan rombongan santri dari Magelang. Mereka datang dengan 12 bus. Ini menjadi rekor kunjungan bus wisata terbanyak ke Gunung Kemukus pasca-penataan.

Baca Juga : Belum Ada Sebulan, Gunung Kemukus Sudah Hasilkan Rp90 Juta

Biasanya, hanya satu bus, sejumlah sepeda motor, mobil, dan kereta kelinci. Para santri dari Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah Sempu, Secang, Magelang. Bus parkir di RTHP Sumberlawang.

Para santri turun dari bus dan berjalan melalui jembatan menuju Kawasan Kemukus. Pemimpin rombongan, Akhmad Sholeh, menjelaskan ada 550 santri yang datang untuk berziarah ke makam Pangeran Samudra.

Sebagian besar dari santri ini belum pernah berkunjung ke Gunung Kemukus. “Kami ziarah ke sini walaupun orang mengatakan image Gunung Kemukus [negatif]. Namun saya berkeyakinan Pangeran Samudra sesuai namanya Samudra penjabarannya luas dalam pemikiran dan nasional,” kata dia.

Baca Juga : Pangeran Samudro Disebut Sebagai Sosok Pemersatu Bangsa

Sholeh mengaku sebelum tiba, mereka membayangkan Gunung Kemukus itu seperti objek wisata Gunung Tidar atau Gunung Sumbing. Namun, begitu tiba bayangan itu lenyap. Mereka mendapati Gunung Kemukus seperti bukit berhias lampu-lampu.

“Memang ini untuk destinasi wisata religi yang mudah-mudahan Gunung Kemukus benar-benar religius. Bisa untuk belajar sejarah sampai keagamaan,” paparnya.

Ketua Komisi II DPRD Sragen, Hariyanto, mengatakan ada dua makam yang disakralkan di Gunung Kemukus, yakni makam Pangeran Samudra yang merupakan santri Sunan Kalijaga dan makam Thozib Al Hafidz, salah satu tokoh yang juga penghafal Al Quran.

Baca Juga : Malam Jumat Pon, Dianggap Waktu Tepat Ziarah ke Makam Pangeran Samudro

Dia mengapresiasi upaya pemerintah pusat membangun ulang kawasan Gunung Kemukus sehingga citra negatifnya terkikis. “Gunung Kemukus yang konon bercitra miring kini menjadi destinasi wisata religi di Sragen,” paparnya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Gunung Kemukus masih ramai dikunjungi turis lokal meski waktu sudah memasuki sore hari dan hujan.

Selain ulasan tentang Gunung Kemukus, ulasan lain tentang ramalan Sabdo Palon, kontroversi Yusuf Mansur, kunjungan kerja Puan Maharani ke kawasan Soloraya, alasan Ganjar Pranowo tak datang ke peresmian Pasar Legi, hingga tiket masuk Gunung Kemukus menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat.

Baca Juga : Ritual Ngalap Berkah di Makam Pangeran Samudro Ternyata Ada Sejak 1970

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Jumat (21/1/2022):

Gunung Kemukus Pecah Rekor, Didatangi 12 Bus Pariwisata dan 550 Santri

Ramalan Sabdo Palon Nagih Janji, Obrak-Abrik Tanah Jawa?

Getol Kritik Yusuf Mansur, Ini Target Sudarso Arief Bakuama

Puan Maharani Resmikan Pasar Legi Solo, Ganjar Pranowo Tidak Hadir

Puan Minta Backdrop Selamat Datang di Kolam Ikan Nganjat Klaten Dicopot

Eks TKW Gugat Yusuf Mansur karena Somasi Tidak Digubris

Ini Isi Ramalan Sabdo Palon Nagih Janji

Terungkap! Ternyata Ini Alasan Ganjar Pranowo Absen di Pasar Legi Solo

Puan Tak Mampir ke DPC PDIP Solo, Rudy: Mungkin karena Pemilihnya Kecil

Tiket Masuk Gunung Kemukus Tak Sampai Seharga Semangkuk Bakso Lho



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago