SOLOPOS.COM - Calon peserta didik dibantu petugas operator mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK 2022 pada hari terakhir di SMK Negeri 8 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Informasi terkait hari terakhir pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tingkat SMA/SMK, Jumat (1/7/2022), diwarnai pergeseran ranking atau peringkat secara besar-besaran di sejumlah SMKN Kota Solo menjadi berita terpopuler Solopos.com, Sabtu (2/7/2022) pagi.

Berita terpopuler itu mengulas pergeseran ranking yang mendadak itu dipicu migrasi para pendaftar SMA negeri yang tersingkir menjelang berakhirnya jadwal pendaftaran. Para pendaftar SMAN yang tereliminasi ini kemudian beralih ke SMKN yang dinilai masih ada peluang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMKN 6 Solo, Danang Eko Sutrisno, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat mengatakan terdapat pergeseran posisi yang cukup besar dalam ranking PPDB di SMKN 6 Solo.

“Sempat ada pergeseran cukup banyak karena adanya para CPD [calon peserta didik] yang awalnya mendaftar di SMA, lalu melihat posisinya ternyata tidak masuk, mereka lari daftar ke SMK. Jadi yang awalnya daftar SMK rankingnya masuk jadi tergeser karena pendaftar dari SMA tersebut. Mereka protes ke kami, padahal semuanya sudah sesuai sistem yang ada,” terangnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Danang, CPD yang awalnya mendaftar SMA kemudian beralih ke SMK punya nilai akhir yang cukup tinggi, sehingga membuat CPD yang mendaftar SMK sebelumnya kehilangan posisinya.

“Di sini yang nilai akhir jumlahnya 33 sudah tidak masuk, karena yang dari SMA rata-rata nilai akhirnya totalnya di atas 34,” ujarnya.

Baca juga: Ora Muntir Identik dengan BCS PSS Sleman, Begini Maknanya

Tidak berbeda dengan SMKN 6, SMKN 8 Solo juga menjadi destinasi mereka yang lolos PPDB SMA karena masih tersedianya kuota pendaftaran. Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMKN 8 Solo, Tri Hermanto, menyebut sempat terjadi antrean pendaftar di pagi hari.

“Sempat terjadi antrean tadi, karena hari terakhir pendaftaran, lalu mereka memilih untuk mendaftar di SMKN 8 setelah melihat posisi mereka tidak masuk mungkin di SMK lainnya,” ujarnya.

Selain ulasan tentang PPDB SMK di Solo, kabar lain soal Piala AFF U-19 dimulai, kasus Yusuf Mansur dilimpahkan, pemerintah kurangi utang negara hingga persiapan Muktamar Muhammadiyah di Solo juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Berikut ini 10 berita terpopuler Solopos.com, Sabtu pagi:

Picu Protes, Terjadi Pergeseran Ranking Besar-Besaran di PPDB SMKN Solo

Hari Ini Piala AFF U-19 Dimulai, Ini Skuat Timnas Indonesia U-19

Jadwal Piala AFF U-19 Hari Ini, Vietnam vs Indonesia Jadi Laga Pembuka

Polda Metro Jaya Limpahkan Kasus Yusuf Mansur ke Polsek Ciracas

Perawatnya Dituduh Lecehkan Pasien, RSUD RA Kartini Jepara Lapor Polisi

Jutaan Orang Akan Hadiri Muktamar Muhammadiyah Di Solo, PDM Siapkan Ini

Pendapatan Pajak Naik, Pemerintah Kurangi Utang Negara Rp216 Triliun

Mau Malming Yuk Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Sabtu 2 Juli 2022

Khusus Siswa SD, Ini Syarat Lomba Menulis Surat untuk Bunda Selvi Gibran

54 Anggota Polres Grobogan Naik Pangkat Pas HUT Bhayangkara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya