SOLOPOS.COM - Puluhan kios pedagang di area selatan Terminal Tipe A Giri Adipura, Kabupaten Wonogiri, tutup. Sejumlah barang tampak dibiarkan tak terawat. Foto diambil Jumat (15/4/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang kios pedagang di Terminal Tipe A Giri Adipura, Kabupaten Wonogiri, kini semakin sepi menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Sabtu (16/4/2022) pagi. Pembangunan tak terkonsep matang sejak awal dianggap berdampak pada sepinya kios.

Berita terpopuler membeberkan berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat (15/4/2022), hampir seluruh kios pedagang di area selatan Terminal Giri Adipura Wonogiri tutup. Beberapa teras kios dijadikan parkir sepeda motor. Beberapa kios lainnya difungsikan menaruh gerobak, meja, dan kursi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hanya ada satu pedagang yang masih membuka warungnya. Letaknya paling pojok di dekat gerbang kedatangan penumpang dan area masjid. Pedagang itu bernama Ana. Ia mengaku berdagang di sana sejak 2015 atau sesaat setelah eks Terminal Krisak menjadi terminal induk.

Baca juga: Ngabuburit Sambil Nyari Awul-Awul di Terminal Tirtonadi Solo, Murah Lho

“Banyaknya kios yang tutup karena penempatan bangunannya yang hampir tak terjamah pembeli maupun penumpang bus di terminal,” katanya saat ditemui Solopos.com, Jumat (15/4/2022).

Di tahun 2017, sejumlah pedagang direlokasi ke kios bagian dalam terminal khusus penjaja kelontong dan makanan siap saji. Salah satunya Hanis yang menjual makanan ringan dan oleh-oleh di tempat kedatangan dan perginya bus.

Kondisi Darurat

Ia mengaku sempat berjualan di kios selatan terminal pada 2015. Lantaran sepi, selang dua tahun kemudian ia berpindah bersama sejumlah pedagang lainnya dengan perjuangan yang tak mudah.

Baca juga: Pelaku Begal Payudara di Madiun Dibekuk, Begini Modusnya

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura, Agus Hasto Purwanto, tak memungkiri dibangunnya terminal induk baru menggantikan terminal induk yang lama dengan kondisi darurat.

“Memang dulu itu mendadak dan harus segera diresmikan. Jadi untuk lokasi bangunan kios dikatakan tidak strategis itu, ya monggo. Tapi kalau saya, yang jelas selalu mendampingi para pedagang dari dulu karena saya juga merasa ikut bertanggung jawab,” ujarnya.

Selain ulasan tentang curahan hati pemilik kios di Terminal Giri Adipura Wonogiri, kabar lain soal rumah mewah di Jatipuro-Jatiyos, Yusuf Mansur dicap pembohong, cuaca ekstrem, hingga konser Dream Theater juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu pagi:

Inilah Kisah Sedih Pemilik Kios di Terminal Giri Adipura Wonogiri

Lokasi Rumah Mewah Miliarder di Jatipuro Dulunya Tegalan, Ini Buktinya

Gen Yusuf Mansur Dicap Pembohong, Ini Penjelasannya

Wasapada! Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjang Sleman hingga Lebaran

Pensiunan PNS Karanganyar: Mengurus Ganti Status Pekerjaan? Gampang…

Dulu Tak Laku, Kini Tanah Dekat Rumah Mewah Jatipuro Tembus Rp1 Miliar

Tinggalkan PSS, Eks Pemain Persis Ini Berterima Kasih kepada Suporter

Konser Dream Theater di Solo Digelar Agustus 2022, Benteng Vastenburg?

Alun-Alun Utara Jogja Dulu: Simbol Laut Tak Berpantai

Terkuak! Pemilik Rumah Mewah di Jatipuro: Miliarder Waduk Jlantah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya