SOLOPOS.COM - Makam Syekh Mudzakir di tengah laut Demak. (Nu.or.id)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang makam di tengah laut Kabupaten Demak, Jawa Tengah dan kabupaten tersepi dan terluas di Jawa Tengah menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (23/2/2022).

Kabupaten Demak merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki julukan Kota Para Wali. Meski dikenal religius, Kabupaten Demak juga menyimpan misteri, salah satunya makam di tengah laut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, Demak memiliki sejumlah wisata religi yang menjadi rujukan para peziarah dari berbagai daerah. Destinasi tersebut Masjid Agung Demak, makam Sunan Kalijaga, dan juga makam Syekh Mudzakir.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Solopos Hari Ini: JKP Belum Bisa Gantikan JHT

Meski tak terkenal seperti makam Sunan Kalijaga, makam Syekh Mudzakir ini juga patut untuk dijadikan sebagai tujuan wisata religi. Letak makam satu ini cukup unik, yakni berada di tengah lautan, tepatnya di Desa Bedono, Kecamatan Sayung.

Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Demak, demakkab.go.id, Minggu (20/2/2022), Syekh Mudzakir lahir di Desa Wringinjajar, Kecamatan Mranggen, Demak. Makam ulama ini disebut menyimpan misteri yang belum diketahui banyak orang.

Syekh Mudzakir merupakan sosok tokoh penyebar Islam di kawasan Desa Tambaksari, Sayung. Selain dikenal sebagai pendakwah, Syekh Mudzakir juga memiliki kesaktian ilmu kanuragan dan mampu menyembuhkan penyakit atas seizin Allah SWT.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan Jaringan, Yuk Cek Pemadaman Listrik Wonogiri Hari Ini!

Dengan memiliki kelebihan tersebut, Syekh Mudzakir dapat berdakwah dengan menggunakan sarana tersebut. Selain memiliki keistimewaan semasa hidupnya, tokoh agama ini juga mendapatkan karamah setelah wafat, yakni makamnya yang terletak di tengah laut tak pernah tenggelam atau roboh meski dihantam gelombang laut.

Makam tokoh dari Demak ini tak pernah sepi dari peziarah meski berada di tengah laut. Ahli warisnya juga masih merawat dengan baik makam sang ulama hingga saat ini.

Bagi peziarah yang ingin ke wisata religi ini dapat melalui dua jalur, yaitu darat dan laut. Perjalanan jalur darat dapat dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 1 km. Sedangkan jalur laut peziarah dapat menggunakan perahu dari Pantai Morosari.

Baca Juga : Live Sarasehan Soloraya untuk Indonesia Maju

Selain ulasan makam di tengah laut Demak, ulasan lain tentang kota tersepi di Jawa Tengah punya kuliner ekstrem, daftar kabupaten terluas di Jawa Tengah, Wonogiri wilayah tersepi kedua, semburan lumpur Baby Volaco di Grobogan, wanita Jepang katanya cantik-cantik, Gunung Purba Kebumen, suara hati warga Desa Wadas, dalang Ki Warseno Slank disomasi, hingga demo sopir truk menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Rabu (23/2/2022):

Misteri Makam di Tengah Laut Demak, Tak Tenggelam Meski Diterjang Ombak

Kota Tersepi di Jawa Tengah Ini Ternyata Punya Kuliner Ekstrem Hlo

Daftar Kabupaten Terluas di Jawa Tengah, Nomor Satu 3 Kalinya Singapura

Wonogiri Wilayah Tersepi Kedua Se-Jawa Tengah, Begini Sejarahnya

Semburan Lumpur Baby Volcano di Desa Grabagan Kejutkan Warga Grobogan

Wanita di Jepara Katanya Cantik-Cantik, Mitos atau Fakta?

Gunung Purba Kebumen, Awal Mula Pulau Jawa?

Suara Hati Warga Desa Wadas: Ribut dengan Orang Tua Gegara Andesit

Pentaskan “Khalid Basalamah”, Dalang Ki Warseno Slank Disomasi

Demo Sopir Truk, Perbatasan Semarang Sempat Macet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya