SOLOPOS.COM - Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang Lurah Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Lanang Aji Laksito, 39, dan berita sepak bola menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (1/6/2022).

Lurah Jebres ternyata pernah berkeinginan jadi pegawai bank alias bankir, namun gagal. Sisi baiknya, dia justru menjadi salah satu lurah termuda di Kota Solo sejak 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Lanang saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (30/5/2022). Keinginannya menjadi bankir sudah muncul sejak ia masih duduk di bangku SMA.

“Saya sejak SMA ambil IPS dan enggak kepikiran menjadi PNS [pegawai negeri sipil]. Kepikiranku menjadi pegawai bank,” kata dia.

Lanang memiliki latar belakang pendidikan sarjana ekonomi serta magister manajemen. Namun ketika mendaftar menjadi pegawai bank justru belum beruntung. “Saya enggak kepikiran tapi rezekinya di situ [menjadi PNS],” ungkapnya.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siapkan Tabir Surya

Anak pertama dari empat bersaudara itu mengawali karier sebagai ASN di kementerian lalu dimutasi ke Pemkot Solo. Setiap tugas di instansinya memberikan pengalaman yang berharga baginya.

Kariernya dimulai ketika menjadi Analisis Kebijakan pada Kasubag Perdagangan dan Kerjasama Luar Negeri, Bagian Perekonomian, Biro Data dan Informasi, Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden, hingga Kementerian Sekretariat Negara pada 2008-2013.

“Di sana bisanya melihat tokoh-tokoh nasional. Misalkan Ali Alatas [biasanya hanya bisa dilihat] lewat TV, namun [ini] bisa bertemu langsung. Bertemu pada rapat satu ruangan untuk membuat notulensi,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia menjadi staf pada Kasubbag Anggaran, Bagian Keuangan, Sekretariat DPRD Kota Solo pada 2013 sampai 2014. Lalu, menjadi bendahara di instansi yang sama 2014 sampai 2016.

“Dari enggak mudeng laporan keuangan jadi memperoleh ilmu baru lagi,” paparnya.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini, 1 Juni 2022: Siang Mulai Hujan Lur..

Selanjutnya dia menjadi Kasi Pemerintahan dan Ketentraman Ketertiban di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo pada 2017 sampai 2018. Dia belajar untuk bermasyarakat di wilayah kelurahan.

“Berkoordinasi dengan Pak RT dan Pak RW supaya program pemerintah itu bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Pamor Gibran

Setelah mendapat ilmu pemerintahan, suami dari Ariyani Wulandari itu dipercaya menjadi Kasi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Jebres pada 2018 sampai 2020 atau satu tahun sebelum dipromosikan menjadi Lurah Jebres.

“Mengurusi lingkungan dengan berupaya bagaimana caranya bermasyarakat lancar. Namun bisa persampahan dan lingkungan hidup sinkron,” ungkapnya.

Menurut dia, jabatan lurah otomatis memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan Kasi Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Lebih-lebih Kelurahan Jebres merupakan salah satu kelurahan dengan jumlah penduduk terbanyak dengan luas wilayah terluas di Solo.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Cerah Berawan

Lurah Jebres itu mengatakan untuk menghadapi tantangan tersebut para tokoh masyarakat termasuk pengurus RT dan RW saling bersinergi untuk menyukseskan program pemerintah.

Dia tidak menampik Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang masih muda bisa mempengaruhi ASN muda untuk menunjukkan potensinya.

“Nuwun sewu, seperti Mas Wali kan muda. Tantangannya itu, lurah-lurah [sebelumnya] kan sepuh-sepuh. Namun sejak Pak Rudy [Wali Kota Solo sebelum Gibran] lurah yang dipilih rata-rata yang muda. Membawa image yang muda-muda harus bisa membuktikan,” jelasnya.

Selain ulasan tentang lurah termuda di Solo, ulasan lain tentang Solopos Hari Ini, Wali Kota Solo pendiri lokalisasi Silir, Desa Jenar Sragen tertinggal, kecelakaan bus Sugeng Rahayu, Mataram Utama akan pindah ke Boyolali, jadwal bioskop XXI hari ini, pemakaman Langit di Karanganyar, suhu terdingin di puncak Gunung Lawu, hingga jadwal siaran langsung sepak bola Indonesia vs Bangladesh menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Rabu 1 Juni, Waspada Hujan Siang Hari



Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam terakhir hingga Rabu (1/6/2022):

Salah Satu Lurah Termuda Solo Pernah Gagal Jadi Bankir

Solopos Hari Ini: Pemkot Lepas Tangan

Utomo Ramelan, Wali Kota Solo Pendiri Lokalisasi Silir & Dihukum Mati

Desa Jenar, Satu-satunya Desa Tertinggal yang Ada di Sragen

Bus Sugeng Rahayu Terguling di Jalan Madiun-Caruban, 19 Orang Terluka

Mataram Utama Jadi Nusantara United, Dikabarkan akan Pindah ke Boyolali

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (31/5/2022): Filmnya Seru-seru

Jenazah Langit Dimakamkan Tak Jauh dari Kediamannya di Karanganyar

Brrr…Suhu Terdingin di Puncak Lawu Bisa Sampai Minus Segini

Jadwal Siaran Langsung Sepak Bola: Indonesia vs Bangladesh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya