SOLOPOS.COM - Jody Broto Seno (kanan) mendampingi Ustaz Yusuf Mansur tampil ke acara Hotman Paris Show di salah satu televisi swasta, Selasa (21/12/2021). (IG jody_waroeng)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang penulis buku Sudarso Arief Bakuama menantang ustaz Yusuf Mansur membuka data kesaksian telah mengembalikan dana milik 2.500 investor pembangunan Hotel Siti hingga laga Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (31/12/2021).

Penulis buku Banyak Orang Bilang: Yusuf Mansur Menipu itu menantang Yusuf Mansur membuka data. Jika berhasil membuktikan data, Sudarso mengatakan uang yang telah dikeluarkan Yusuf Mansur akan diganti oleh pemilik Wong Solo Group, Puspo Wardoyo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tantangan itu dilontarkan Sudarso di kanal Youtube Thayyibah Channel, Kamis (30/12/2021).

“Hari ini, Kamis 30 Desember 2021, di pengujung tahun, saya mau tegaskan kepada Yusuf Mansur bahwa yang Anda bilang telah mengembalikan 2.500 peserta investasi itu di TV dengan Pak Hotman [Hotman Paris Hutapea], tunjukin setumpuk berkas di bagian atasnya ada bukti pengembaliannya, saya hanya bilang itu bohong,” ujar Sudarso seperti dikutip Solopos.com.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Harga Minyak Goreng Meroket, Disdagkop & UKM Klaten Gelar Operasi Pasar

Sudarso meyakini setumpuk berkas yang dibawa Yusuf Mansur dalam acara Hotman Paris Show itu bohongan semata. Wartawan yang mengaku telah berteman dengan Yusuf Mansur lebih dari 20 tahun itu menyebut, Yusuf Mansur hanya membawa beberapa bukti pengembalian sedangkan sisanya kosong.

“Apa susahnya bawa satu lembar pengembalian di bagian atasnya, lainnya bohong,” tandasnya.

Keyakinan itu didasari pengalamannya berhubungan dengan Yusuf Mansur sejak lama. Menurut dia, dai kondang itu banyak berbohong terkait kutbah bertema keajaiban sedekah.

“Dengan nama Rasulullah saja berani berbohong. Rasul katanya datang ke kamarnya, menyapa dalam bahasa Betawi ngajak ngopi. Kalau atas nama Rasulullah saja berani berbohong apalagi hanya sekadar berbohong untuk korban investasi,” lanjutnya.

Baca Juga : Sabar Mak… Harga Telur dan Minyak Goreng akan Turun Usai Tahun Baru

Untuk membuktikan tantangannya tidak main-main, Sudarso mengajak Yusuf Mansur menyewa auditor independen untuk memeriksa berkas yang dipamerkan di acara Hotman Paris beberapa hari lalu.

Menurut mantan wartawan Majalah Amanah itu umat berhak tahu karena dana mereka sudah telanjur disetor kepada dai kondang tersebut. “Anda telah memakai uang umat, umat berhak tahu benar enggak ucapan Anda itu. Gimana caranya? Buka lembar per lembar, kita sewa auditor independen, berani gak? Kita cek satu-satu,” tantangnya.

Ia menandaskan dalam pengecekan itu terbukti Yusuf Mansur telah mengembalikan uang milik 2.500 investor, Puspo Wardoyo siap mengganti uang yang telah dikeluarkan ustaz bernama asli Jam’an Nurchotib Mansur tersebut.

“Sekalian saya tegasnya komitmen Pak Puspo, Pak Puspo akan mengembalikan uang itu asal bisa buktikan satu per satu. Umat wajib tahu dengan kebenaran yang Anda ungkapkan, jangan hanya omong doang, berani enggak?” tantang Sudarso.

Baca Juga : Kota-Kota Ini Diprediksi Hujan Saat Malam Tahun Baru

Setumpuk Data

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, ustaz Yusuf Mansur mendatangi pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea, membawa segepok bukti pengembalian dana jemaah yang ikut patungan usaha Hotel Siti.

Yusuf Mansur menandaskan sudah mengembalikan dana milik 2.500-an investor dari total 2.900 peserta patungan usaha tersebut. Di kanal Youtube Daqu Channel, Yusuf Mansur mengunggah video segepok dokumen yang disebutnya bukti transfer pengembalian dana 2.500 investor tersebut.

Terlihat ada tiga orang yang membawa dokumen-dokumen tersebut. “Ini yang saya maksudkan kemarin dokumen pengembalian dana dari rentang waktu 2012 sampai 2021. Sisanya kurang lebih 400-an. Nah yang 400-an ini keluarga, teman deket, yang awal sudah buat sedekah. Sebenarnya kalau mau rajin yang 2.500-an ini bisa buat testimoni,” ujar Yusuf Mansur seperti dikutip Solopos.com, Rabu (22/12/2021).

Yusuf Mansur lantas menunjukkan bukti-bukti transfer tersebut. Sebagian besar dari dana yang dipulangkan itu dilebihi 10 persen. “Saya suka lebihin 10 persen. Nah, ini bukti pengajuan mereka dan yang ini bukti transfer pengembalian. Ini yang diminta pihak sono ‘mana buktinya’. Nah kita videoin malah diputer balik,” katanya.

Baca Juga : Hii.. Permukiman Warga Ini Tampak Horor, Dikelilingi Kuburan!

Pengusaha kuliner asal Kota Solo, Jody Broto Suseno, yang juga menjadi salah satu pemilik Hotel Siti mengunggah foto Yusuf Mansur saat datang ke acara Hotman Paris ke Instagram miliknya, @Jody_waroeng.

Unggahan itu nyaris bersamaan waktunya dengan unggahan Yusuf Mansur di kanal Youtube Daqu Channel. “Yang nanya bukti-bukti nih… 2500-an patungan usaha tercatat dan terarsip dengan rapi, semuanya sudah dikembalikan ke jemaah dengan lebihan 10% kira-kira,” tulis pemilik Waroeng Steak And Shake itu seperti dikutip Solopos.com.

Menurut Jody, pengembalian dana milik jemaah dikarenakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak mengizinkan penghimpunan dana massal dari umat tanpa asal legal. Pengembalian itu, ujar dia, merupakan iktikad baik ustaz Yusuf Mansur lantaran menjaga amanah jemaah.

“Ini dikembalikan karena OJK tidak mengizinkan sehingga iktikad baik semua dikembalikan. Tapi memang enggak gampang, apalagi sebagian uang sudah masuk ke Hotel Siti yang asetnya sampe saat ini sekitar Rp150M… btw saat ini tinggal 400-an orang yang belum dikembalikan dan ustaz menemui kesulitan mencari yang 400-an orang ini di antaranya yang 12 melaporkan ustaz ke perdata,” kata dia.



Baca Juga : Setahun 111 Nyawa Melayang di Madiun karena Kecelakaan Lalu Lintas

“400 Orang kalo dikali Rp10jt kira2 Rp4M… teman-teman gampang kalau mau liat ustaz @yusufmansurnew penipu atau bukan? Bandingin aja Rp4M dengan Rp150M yang Ustaz keluarin… kalo kata Pak @hotmanparisofficial paling cuma dapat pintunya aja itu?” lanjutnya.

Selain ulasan tentang tantangan Sudarso terhadap Yusuf Mansur, ulasan lain tentang 10 berita terpopuler pada Kamis, bocah SD jualan snack di jalanan Solo, polisi bubarkan pesta suporter Persis Solo, sedekah ala Yusuf Mansur, misteri di Waduk Gebyar Sragen, nasib IRT Magelang amalkan sedekah ala Yusuf Mansur, live Persis Solo vs RANS Cilegon, hingga Yusuf Mansur dikukuhkan sebagai anggota Majelis Masyayikh menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Jumat (31/12/2021):

Tantang Yusuf Mansur, Sudarso: Jika Benar, Pak Puspo akan Ganti Uangmu

10 Berita Terpopuler: Sedekah Ala Yusuf Mansur-Bandar Sabu-Sabu Sragen

Ayah Meninggal-Ibu Sakit, Bocah SD Ini Jualan Snack di Jalanan Solo

Bubarkan Pesta Suporter Persis Solo, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Sedekah Ala Yusuf Mansur Biar Bebas Utang, IRT Magelang Malah Apes

Ustaz Yusuf Mansur Diklaim Bawa Pulang Sedekah Jemaah, Begini Ceritanya

Misteri Perempuan Berkulit Mirip Ikan di Waduk Gebyar Sragen

IRT Magelang Amalkan Sedekah ala Yusuf Mansur Demi Lunasi Utang, Tapi..

LIVE Persis Solo vs RANS Cilegon: Menang, Persis Juara Liga 2

Ustaz Yusuf Mansur Dikukuhkan Sebagai Anggota Majelis Masyayikh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya