SOLOPOS.COM - Pos 2 Taman Sari Atas jalur pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang, Desa Gondosuli, Kecamatan, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Tampak plang Kawah Candradimuka, di mana kawah ini bisa dilalui lewat jalan setapak di belakangnya, kemudian menuruni tebing. (Foto diambil Oktober 2019/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang kawah Candradimuka di Gunung Lawu dan kabar salah satu klub sepak bola di Indonesia asal Kota Solo, Jawa Tengah, Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa (7/6/2022).

Salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Lawu masih memiliki kawah aktif yang kerap mengeluarkan gas berbahaya dan uap panas bernama Candradimuka. Letaknya di punggungan bukit, bukan di puncaknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagi pendaki yang memilih melewati jalur Cemara Kandang, Desa Gondosuli, Kecamatan, Tawangmangu maka akan mendapati papan petunjuk lokasi Kawah Candradimuka di Pos 2 Taman Sari Atas.

Menurut sukarelawan Anak Gunung Lawu (AGL), Budi Santoso, saat berada di Pos 2 Taman Sari Atas itulah para pendaki bakal menghirup aroma belerang yang dikeluarkan dari lubang Kawah Candradimuka.

Namun, lokasi kawah berada jauh dari selter Pos 2 Taman Sari Atas. Selain itu, suara embusan kencang bak pesawat terbang juga bakal terdengar bahkan sejak sebelum sampai di Pos 2 Taman Sari Atas.

Baca Juga : UBS Anjlok, Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 7 Juni 2022

“Apabila pendaki yang mau turun ke Kawah Candradimuka harus punya persiapan dan kemampuan tali-temali karena akan menuruni tebing. Baru kemudian sampai ke aliran kali mati yang berada di bawah tebing yang penuh bongkahan batu berukuran cukup besar,” kata dia, dihubungi Solopos, Senin (6/6/2022).

Di aliran kali mati tersebut akan dijumpai beberapa genangan dan aliran air berdebit kecil. Tampak pula pipa kecil di tepi kali mati itu. Untuk sampai tepat di bibir kawah, pendaki masih harus berjalan lagi dari dasar tebing setelah turun di Pos 2 Taman Sari Atas.

Menurut penelitian yang dilakukan tim dari Seksi Pengelolaan Laboratorium BPPTKG Yogyakarta pada September 2016, air di kali mati yang bersumber dari Kawah Candradimuka bersifat asam dengan kadar pH antara 1-2, serta suhu antara 13,5-53,0 derajat celcius.

“Pendaki boleh turun ke Kawah Candradimuka, asal siap. Kemudian, mereka yang ingin kemping di Pos 2 Taman Sari Atas juga diperbolehkan karena tempatnya cukup luas. Meski Kawah Candradimuka mengeluarkan gas berbahaya, tidak sampai mencelakakan pendaki yang menginap di Pos 2,” jelas Budi.

Baca Juga : Viaduk Gilingan Masuk, Ini 4 Proyek Besar Yang Bakal Bikin Solo Macet

Gunung Lawu sebagai gunung berapi aktif yang berlokasi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki cadangan energi listrik terduga dari panas bumi sebesar 165 MW.

Proyek energi panas bumi Gunung Lawu yang luasnya mencapai 60.030 hektare ini masuk ke dalam beberapa wilayah kabupaten yaitu Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Ngawi, dan Magetan.

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak usaha PT Pertamina Power Indonesia (PPI) yang menjadi Subholding Power and New and Renewable Energy PT Pertamina (Persero) telah memegang izin pengelolaan atau eksplorasi Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Gunung Lawu ini sejak 2016.

Kendati demikian, hingga saat ini, pengembangan proyek tersebut mandek lantaran belum mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat. Kendala lain adalah keberadaan situs purbakala berupa candi-candi yang berada di sekitar wilayah kerja panas bumi itu.

Baca Juga : Daftar Wakil Indonesia Bertanding di Indonesia Masters 2022 Pagi Ini

Nah, ulasan mendetail perihal kawah Candradimuka Gunung Lawu dapat Anda baca melalui layanan Espos Plus dengan judul Kawah Candradimuka Gunung Lawu Keluarkan Gas Berbahaya dan Uap Panas.

Selain ulasan tersebut masih ada ulasan lain tentang laga Persis Solo vs PSS Sleman membuka Piala Presiden 2022, pembongkaran selter Manahan Solo, 4 proyek besar di Solo, jembatan terpanjang Jateng, lirik lagu Ojo Dibandingke, wisata baru di Wonogiri Tegal Simbah, kepala puskesmas di Klaten dicopot, hingga Gerard Artigas datang menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Selasa (7/6/2022):

Kawah Candradimuka Gunung Lawu Keluarkan Gas Berbahaya dan Uap Panas

Persis Solo vs PSS Sleman Buka Piala Presiden 2022

Selter Manahan Solo Dibongkar, Beberapa PKL Kuliner Ngumpul di Sini Lho

4 Proyek Besar Jalan Bersamaan Di Solo, Kemacetan Parah Di Depan Mata!

Bukan Tiket Masuk Borobudur Rp750.000 Per Orang, Tapi…



Jembatan Terpanjang Jateng Ternyata Ada di Tol Semarang-Solo

Lirik Lagu Ojo Dibandingke – Denny Caknan feat Abah Lala

Tegal Simbah Wonogiri, Wisata Baru yang Sering Diserbu Pengunjung

Buntut Insiden Ambulans Puskesmas Gantiwarno, Kepala Puskesmas Dicopot

Gerard Artigas Datang, Persis Solo: Masih 2 Pemain Asing Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya