SOLOPOS.COM - Warga mengangkut perabotan yang berhasil diamankan barang dari rumahnya yang rusak akibat awan panas guguran Gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). Warga di dusun tersebut mulai kembali ke rumahnya untuk megamankan barang berharga miliknya walaupun kondisi di wilayah itu belum aman. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang sosok juru kunci Semeru menjadi berita terpopuler Solopos.com pada Sabtu (11/12/2021) pagi. Gunung Semeru mempunyai juru kunci Mbah Dipo. Di masa mudanya, dia bertapa di puncak Semeru atau biasa dikenal Mahameru. Bahkan, saking lamanya bertapa di puncak Semeru, rambut Mbah Dipo disebut-sebut menyentuh pinggang.

Berita terpopuler mengulas juru kunci Gunung Semeru yang disebut memiliki tiga istri dipercaya bisa menangkap tanda-tanda alam ketika gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu akan meletus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski sosoknya telah meninggal dunia pada 2007 karena sakit, pria yang tinggal di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang ini ternyata dikenal memiliki keunikan yang diketahui masyarakat sekitar.

Baca juga: Sejarah Hari Ini : 11 Desember 1972, Misi Apollo 17 Mendarat di Bulan

Konon katanya, jika ada tamu yang mendatangi kediamannya diminta untuk bermalam sampai diizinkan pulang. Mbah Dipo tak akan mengizinkan pulang meskipun si tamu itu meminta pulang.

Kejadian di Luar Nalar

Sebaliknya, jika juru kunci Gunung Semeru itu tidak menghendaki tamu tersebut menginap, maka haram hukumnya untuk bermalam. Jika ada yang melanggar aturan ini konon katanya tamu akan mengalami suatu kejadian di luar nalar.

Sepeninggalnya pada 2007 lalu dan dimakamkan di belakang rumahnya, juru kunci Gunung Semeru konon katanya beralih kepada Eyang Putri, yang diduga adalah muridnya.

Selain ulasan tentang juru kunci Semeru, kabar lain soal bantuan untuk penjual tengkleng viral di Solo Baru, poster nyeleneh di Jagalan Solo, hingga penampakan mobil SAR UNS usai tertimbun lahar Semeru juga masuk daftar 10 berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu pagi:

Di Merapi Ada Mbah Maridjan, Siapa Juru Kunci Gunung Semeru?

Kapolsek Grogol Terjun Langsung Bantu Warung Tengkleng Viral Solo Baru

10 Berita Terpopuler: 2 Ramalan Jayabaya – harga Bandul Rajamala Gibran

Gibran Antar Ganjar Sambil Tenteng Sepatu Nike Air Jordan 1

Poster Bertebaran di Jalan Kampung Jagalan Solo, Tulisannya Nyeleneh

Hilux, Peraih Predikat Pikap Terbaik Dunia Takluk di Lereng Semeru

Penampakan Mobil SAR UNS Usai Tertimbun Lahar Semeru

Kisah Seleksi Perangkat Desa Wonogiri, Telanjur Basah Mandi Sekalian…

Remaja Sragen Rekam Video Seks Karena Dengar Desahan di Kamar Indekos

Kisah Unik Mbah Dipo, Juru Kunci Gunung Semeru yang Telah Tiada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya