SOLOPOS.COM - Ilustrasi warung makan. (Solopos/Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Ulasan tentang Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo pada Senin (11/1/2021) mengeluarkan surat edaran atau SE terkait pembatasan kegiatan masyarakat, khususnya untuk usaha kuliner seperti warung makan, hik, restoran, kafe, dan pusat kuliner, menjadi berita terpopuler Solopos.com, Selasa (12/1/2021) siang.

Berita terpopuler tersebut mengupas berdasarkan SE yang ditandatangani Wali Kota Solo, Senin, itu berbagai jenis usaha kuliner tidak harus tutup pada pukul 19.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Dalam rangka pengendalian penyebaran pandemi Covid-19, dilakukan perubahan dalam pelaksanaan kegiatan warung makan/rumah makan/kafe/restaurant, pedagang kaki lima/lapak jajanan, dan pusat kuliner," demikian bunyi SE Wali Kota Solo tersebut.

Dikenal Pasar Priyayi, Ini Sejarah Pasar Gede Solo yang Hari Ini Berusia 91 Tahun

Ada tiga poin yang diatur dalam SE Wali Kota Solo tentang pelaksanaan kegiatan usaha kuliner. Pertama, waktu operasional sesuai jam operasional masing-masing usaha.

Kedua, makan di tempat paling banyak 25% dari kapasitas tempat duduk dengan jaga jarak antarorang paling sedikit 1,5 meter. Ketiga, layanan makanan melalui pesan antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai jam operasional.

Protes dari Pedagang Kuliner

Ketua Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, berbicara kepada Solopos.com melalui telepon, Senin malam, mengungkapkan SE itu diterbitkan sebagai respons atas banyaknya protes dari pedagang kuliner.

"Itu kan karena diprotes sama pedagang-pedagang warungan itu. [SE] itu hanya memberi ruang untuk warung-warung hik/PKL sama PKL warungan, warung soto, warung apa itu. Kan mereka jam operasionalnya tidak jelas kalau diberi pembatasan," jelas Ahyani.

Langgar Aturan PPKM, 3 Toko di Semarang Disegel, 87 Orang Dihukum Push Up

Selain informasi tentang SE baru dari Wali Kota Solo, kabar lain terkait jenazah TKW telantar di Malaysia, Pajero terhempas di Tol Sragen, serta 4 kecamatan di Boyolali banjir juga masuk daftar berita terpopuler siang ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Selasa siang:

Wali Kota Solo Terbitkan SE Baru: Jam Buka Usaha Kuliner Tak Jadi Dibatasi

Kabar Jenazah TKW asal Sragen Telantar di Malaysia Viral, Begini Penjelasan Disnaker

Wisata di Solo yang Buka dan Tutup Selama PSBB

Pajero Hilang Kendali dan Terhempas Di Tol Sragen, Pengemudinya Meninggal Dunia

Lacak Alamat TKW yang Jenazahnya Telantar di Malaysia, Disnaker Sragen Malah Kaget

Terungkap! TKW Sragen yang Jasadnya Telantar Ternyata 10 Tahun Tinggal di Malaysia

Jam Buka Usaha Kuliner Solo Tak Dibatasi Selama PSBB, Ini Komentar Gubernur Ganjar

Hujan Deras, 4 Kecamatan di Boyolali Banjir

Tak Punya Ahli Waris, TKW Sragen yang Jasadnya Telantar di Malaysia Juga Tidak Dikenali Warga

PSBB Wonogiri: HIK dan PKL Maksimal Buka Sampai Pukul 22.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya