SOLOPOS.COM - Bukit Bego di Bantul, DIY. (Instagram/@wisataistimewa)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang jalur Bukit Bego menjadi lokasi kecelakaan bus maut di Bantul, DIY, Minggu (6/2/2022) dan konflik Desa Wadas menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (11/2/2022).

Kecelakaan di Bukit Bego Bantul terjadi diduga akibat rem blong hingga akhirnya bus menghantam bukit tepat di samping patung Semar yang menjadi ikon. Selama beberapa tahun terakhir, nama bukit ini cukup familiar bagi masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (10/2/2022), awalnya bukit ini disebut dengan nama Bukit Kedung Buweng. Sebab lokasinya berada di ujung timur Dusun Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik Wonogiri Hari Ini

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam perkembangannya, bukit ini disebut Bukit Bego. Nama ini diambil dari alat berat eskavator yang biasa disebut bego. Sebab, selama ini kawasan perbukitan itu ditambang untuk diambil materialnya sebagai tanah urug.

Menurut berbagai sumber, perbukitan Bego dahulunya justru lebih tinggi dari yang saat ini ada. Aktivitas penambangan membuat ketinggiannya berkurang. Seiring berjalannya waktu masyarakat mengenalnya dengan Bukit Bego.

Sebuah patung Semar berukuran cukup besar terpasang di puncak bukit ini dengan identitas Bukit Bego. Bukit ini biasa dikunjungi wisatawan karena menyajikan pemandangan menarik. Mulai dari pantai selatan, perkotaan Bantul dan Jogja yang bisa dilihat dari tempat tersebut.

Baca Juga : Batal Ikut Piala AFF U-23, Ini Daftar Pemain Timnas yang Terpapar Covid

Tempat itu juga biasa dijajal pesepeda untuk menaklukkan tanjakan menantang dan berliku. Jalur perbukitan ini merupakan jalan utama bagi wisatawan yang ingin menuju ke sejumlah objek wisata di Dlingo.

Akan tetapi para pengendara wajib berhati-hati, karena jalur perbukitan ini sangatlah ekstrem. Jalan utama di Bukit Bego termasuk titik yang rawan kecelakaan. Sebab, topografi di sepanjang jalan itu turunan dan tanjakan berkelok. Apalagi, di sisi lain berupa jurang.

Selain ulasan tentang Bukit Bego, ulasan lain tentang batuan andesit Desa Wadas Purworejo, nasib Tanjakan Bundelan Gunungkidul, konflik Desa Wadas, warga Kalijambe Sragen nemu ular sanca 4 meter, korban bank plecit Wonogiri, pendaki dilarang naik Gunung Lawu karena cuaca ekstrem, hingga ratusan kilogram bawang di Sragen raib dicuri menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Kemenkes: Puncak Omicron Diprediksi 3 Pekan Lagi

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Jumat (11/2/2022):

Bukit Bego Patung Semar, Saksi Bisu Kecelakaan Bus Maut di Bantul

Asal Usul Bukit Bego, Jalur Maut di Imogiri Bantul

Apa Itu Batuan Andesit, Harta Karun Desa Wadas Purworejo?

Nasib Tanjakan Bundelan Gunungkidul Setelah Laka Bus Bukit Bego Bantul

Konflik Desa Wadas: Tanah Ditambang, Kiamat Datang?

Maktratap! Cabut Rumput, Warga Kalijambe Sragen Nemu Ular Sanca 4 Meter

Pengakuan Korban Bank Plecit Wonogiri, Polisi pun Diancam

Batu Andesit Harta Karun Desa Wadas Purworejo, Apa Manfaatnya?

Cuaca Ekstrem, Pendaki Dilarang Naik Gunung Lawu Sendirian

Lagi Dijemur, Ratusan Kg Bawang Merah di Ngrampal Sragen Malah Dicuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya