10 Berita Terpopuler: Istana Pamularsih Semarang-Begal Payudara Sragen

Kabar bangunan tua yang dikenal dengan sebutan Istana Pamularsih di Kota Semarang dan pelaku begal payudara di Sragen menjadi berita terpopuler di Solopos.com Kamis (27/1/2022).
SHARE
10 Berita Terpopuler: Istana Pamularsih Semarang-Begal Payudara Sragen
SOLOPOS.COM - Istana Pamularsih, bangunan tua peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Kota Semarang, Jawa Tengah. (Facebook)

Solopos.com, SOLO — Kabar tentang bangunan tua yang dikenal dengan sebutan Istana Pamularsih di Kota Semarang, Jawa Tengah dan pelaku begal payudara di Sragen menjadi berita terpopuler di Solopos.com Kamis (27/1/2022).

Istana Pamularsih merupakan peninggalan pengusaha terkaya se-Asia Tenggara pada masa kolonial Belanda. Pria yang dijuluki Raja Gula Asia ini memiliki andil besar dalam perkembangan Kota Semarang.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Bangunan kuno ini terletak di Kampung Bojongsalaman, RT 003/RW 008, Semarang Barat. Bangunan berukuran 15 meter x 20 meter ini kondisinya terlihat tak terawat dan kumuh.

Baca Juga : Kisah Si Raja Gula Asia, Pengusaha Terkaya dari Semarang

Meski demikian, kesan megah dari bangunan itu masih tampak jelas. Pilar-pilar penyangga masih terlihat kokoh. Begitu pula dengan lantai yang belum rusak, meski tak sebening dulu.

Budayawan Tionghoa, Jongki Tio, mengatakan Istana Pamularsih merupakan bangunan milik ayah Oei Tiong Ham, Oei Tjie Sien. Praktis, istana itu usianya lebih tua dibanding Istana Gergaji milik Oei Tiong Ham yang kini menjadi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng di Jl. Kiai Saleh, Semarang.

Jongki menambahkan ayah Oei Tiong Ham membeli bangunan itu dari seorang warga keturunan Yahudi pada awal 1900-an. Ia membeli rumah itu agar bisa mengawasi kapal-kapal miliknya yang bersandar di pelabuhan.

Baca Juga : Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia Asal Semarang Jadi Sengketa

“Gedung itu milik ayah Oei Tiong Ham. Dulu satu area dengan Kelenteng Sam Poo Kong. Oei Tiong Ham semasa kecil hingga dewasa tinggal di sana,” ujar budayawan Tionghoa, Jongki Tio, kepada Solopos.com pada 2018.

Selain ulasan tentang bangunan tua yang dikenal dengan Istana Pamularsih milik pengusaha terkaya Asia Tenggara di Semarang, ulasan lain tentang penipu dengan modus jual minyak goreng, pelaku begal payudara di Sragen tertangkap, cerita polisi ungkap kasus laka tabrak lari di Sragen, pabrik apparel akan buka di Nguter Sukoharjo, rute baru BST Solo-Bekonang laris, hingga rencana Sragen buka trayek baru angkutan umum menuju MPP menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Megah, Ini Potret Istana Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Kamis (27/1/2022):

10 Berita Terpopuler: Istana Pamularsih Semarang, Nasibmu Kini…

Penipu Modus Jual Minyak Goreng Murah di Sukoharjo Raup Rp600 Juta

Pelaku Begal Payudara di Sragen Ditangkap, Ternyata Masih Bocah

Harta Warisan Pengusaha Terkaya Asia Asal Semarang Jadi Sengketa

Megah, Ini Potret Istana Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Luasnya 81 Hektare, Ini Istana Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Ini Cerita Polisi Ungkap Kasus Truk Tabrak Lari Bocah 9 Tahun di Sragen

Pabrik Apparel akan Buka Nguter Sukoharjo Diyakini Serap Pekerja Lokal

Baru Meluncur, BST Solo Rute Bekonang Langsung Kebanjiran Penumpang

Pemkab Sragen akan Buka Trayek Baru Angkutan Umum Menuju MPP



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago