SOLOPOS.COM - De Tjolomadoe, ikon Kecamatan Colomadu, Karanganyar. (Solopos-M. Ferry Setiawan)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang kecamatan paling sepi dan ramai di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (20/4/2022).

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah di Soloraya yang berada di kaki Gunung Lawu. Kabupaten dengan julukan Bumi Intanpari ini memiliki 17 kecamatan dengan 15 kelurahan dan 162 desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di antara 17 kecamatan tersebut Jenawi menjadi yang paling sepi mengacu pada perbandingan jumlah kepadatan penduduk dengan kecamatan lain. Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Karanganyar per 2021, kecamatan seluas 56,08 km2 ini hanya memiliki 27.550 penduduk. Artinya hanya terdapat 490 jiwa/km2 di Jenawi.

Sementara status kecamatan paling ramai karena kepadatan penduduknya di Bumi Intanpari dipegang Colomadu. Kepadatan penduduk di wilayah Karanganyar paling barat ini mencapai 4.818 jiwa/km2 atau hampir 10 kali lipat lebih banyak ketimbang Jenawi. Sebagai informasi, luas wilayah Colomadu adalah 15,64 km2.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo

Dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, tak heran harga tanah di wilayah ini sangat tinggi. Daerah ini memang menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk memiliki tempat tinggal. Selain dekat dengan Kota Solo, akses dan fasilitas di daerah tersebut sudah tersedia dengan baik.

Harga tanah di Colomadu paling murah Rp2 juta per meter persegi saat ini. “Harga tanah tergantung dari lokasinya. Untuk tanah di perkampungan sekitar Rp2 juta-Rp2,5 juta per meter persegi. Sedangkan untuk tanah di perumahan atau persawahan antara Rp2 juta sampai Rp3 juta per meter persegi,” terang Kepala Desa Klodran, Colomadu, Warsito, saat diwawancara Solopos.com awal Desember 2021.

Baca Juga : Wow! Pertama di Indonesia, Rest Area Tol di Semarang Ada di Tengah Laut

Kecamatan terpadat kedua di Kabupaten Karanganyar diduduki Jaten dengan jumlah penduduk 3.304 jiwa/km2. Luas wilayah Jaten adalah 25,55 km2. Sementara kepadatan Kecamatan Karanganyar “hanya” 1.989 jiwa/km2, masih kalah padat dibandingkan Tasikmadu yang mencapai 2.407 jiwa/km2.

Selain ulasan tentang kecamatan paling sepi dan ramai di Karanganyar, ulasan lain tentang kru kebun binatang Purwokerto meninggal diterkam harimau, 3.605 keluarga di Selogiri terima Rp500.000/KPM, sejarah Djarum, 4 pria perkosa biawak, Mendag susah ungkap mafia minyak goreng, PSIS Semarang dapat 11 tawaran transfer pemain, daftar tunggu haji di Klaten, Sandi Sute dikabarkan ke RANS Cilegon, hingga penukaran uang di Boyolali menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Deretan Obat yang Tidak Membatalkan Puasa, Apa Saja?

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam terakhir hingga Rabu (20/4/2022):

Kecamatan Paling Sepi dan Paling Ramai di Karanganyar Adalah…

Innalillahi…Kru Kebun Binatang Purwokerto Tewas Diterkam Harimau

3.605 Keluarga di Selogiri Wonogiri Terima Rp500.000/KPM, Uang Apa?

Sejarah Djarum, Tambang Emas di Kudus Kota Kretek

4 Pria Perkosa Biawak, Direkam di HP

Mendag Susah Ungkap Mafia Migor, Eh Ternyata Anak Buahnya Sendiri

Wow…., PSIS Semarang Dapat 11 Tawaran untuk Transfer Pemain

Lama Banget Lur! Ini Daftar Tunggu Haji di Klaten

2 Pekan Selepas dari Persis, Sandi Sute Dikabarkan ke RANS Cilegon FC

Mau Tukar Uang Baru di Boyolali Tapi Tanpa Tambah Biaya? Cek Lokasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya