SOLOPOS.COM - Ujung utara Jl Prof dr Soeharso dekat Simpang Fajar Indah Solo tengah diperbaiki oleh DPUPR Solo, Sabtu (12/3/2022). (Instagram @dpupr_surakarta)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang pengalihan arus lalu lintas di kawasan Simpang Fajar Indah, Jajar, Laweyan, Kota Solo dan Paundra tidak hadir saat jumenengan Mangkunagoro X menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (14/3/2022).

Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melakukan intervensi traffic light di simpang tersebut untuk mencegah kemacetan menyusul proyek perbaikan Jl. Prof dr. Soeharso. Pengguna jalan diharapkan bisa menghindari area tersebut hingga proses perbaikan jalan selesai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, mengatakan perbaikan jalan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) direncanakan selesai 25 Maret 2022. Lokasi perbaikan jalan berada di ujung utara Jl. Prof dr. Soeharto dekat simpang Fajar Indah, Solo.

Baca Juga : Seusai Bergejolak Kini Tenang! Cek Harga Emas di Pegadaian Hari Ini

“Kebetulan satu arah. Hampir tiga perempat [lebar jalan] bagian diperbaiki. Ruang yang tersisa hanya selebar satu bodi truk,” kata Ari kepada wartawan, Minggu (13/3/2022).

Ari mengatakan saat awal perbaikan, sempat terjadi antrean kendaraan di Jl. Prof dr. Soeharso hingga persimpangan Hotel Alila. “Itu kan bahaya. Akhirnya kami intervensi traffic light melalui CC Room,” imbuh Ari.

Melalui intervensi tersebut, antrean di ujung Jl. Prof dr. Soeharso sisi utara juga dibebankan ke kaki simpang lainnya, seperti kaki simpang Jl. Adi Sucipto sisi barat dan timur, serta kaki simpang Jalan Raya Baturan.

Baca Juga : Brent Renaud, Jurnalis Pertama yang Tewas di Perang Rusia-Ukraina

Masyarakat Komplain

Dengan begitu, yang awalnya kemacetan terpusat di Jl. Prof dr. Soeharso sisi utara, dibagi ke simpang lainnya di jalur barat, timur, dan utara. Jl. Prof dr. Soeharso juga menjadi jalur kendaraan berat dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

“Pada jam sibuk, lalu lintas di situ akan padat. Kami akui banyak komplain dari masyarakat yang masuk ke kami. Pengguna jalan dari arah barat [Tugu Makutha], timur [Manahan], juga komplain, kok antrean [lampu] merahnya lama banget. Ada yang menganggap traffic light mengalami masalah. Itu memang kami lakukan,” katanya.

Ari pun menyarankan pengguna jalan yang tidak ingin terganggu kepadatan lalu lintas di Simpang Fajar Indah Solo bisa menggunakan jalur alternatif lain. Menurutnya, sosialisasi kondisi jalan tersebut juga sudah disampaikan melalui media sosial maupun variabel message sign (VMS) di sekitar Hotel Alila atau Simpang Faroka.

Baca Juga : Terdapat Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik Klaten Hari Ini

Mengenai intervensi traffic light, Ari mengatakan hal itu dilakukan sesuai kondisi di lapangan. Intervensi bisa mencapai satu menit hingga tiga menit dari waktu normal.

Selain ulasan tentang pengalihan arus di Simpang Fajar Indah, ulasan lain tentang Bhre naik takhta, laka bus rombongan TPA di Ngargoyoso, misteri jembatan Brug Bodol Bumiayu, Situs Watu Jaran Brebes, suasana Pura Mangkunegaran Solo pascajumenengan MN X, kisah 4 sekawan pioner kuliah di Sumberlawang Sragen, hingga Paundra tak hadir saat jumenengan MN X menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Sejarah Hari Ini: 14 Maret Pangeran Antasari Pimpin Perang Banjar

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam hingga Senin (14/3/2022):

Pengendara Diarahkan Hindari Simpang Fajar Indah Solo, Ada Apa Ya?

Bhre Naik Takhta, Menur ke Paundra: Biar Waktu yang Menjawab

Tak Kuat Nanjak, Bus Rombongan TPA Terperosok ke Kebun Di Ngargoyoso

Misteri Jembatan Brug Bodol Bumiayu: Tumbal Pengantin Dikuliti

Situs Watu Jaran Brebes, Tempat Pesugihan di Bumiayu?

Sehari Setelah Jumenengan MN X, Begini Suasana Pura Mangkunegaran Solo

Kisah 4 Sekawan Pioner Kuliah di Sumberlawang Sragen

Tak Hadir Saat Jumenengan Mangkunagoro X, Paundra Sebut Baik-Baik Saja



Adiknya Naik Takhta Mangkunegaran, Paundra Healing di Jakarta

Paundra Ternyata Syuting di Istana Batik Keris Solo, Acara Apa Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya