SOLOPOS.COM - Asmadi si penyelam tradisional yang memburu harta karun Sriwijaya, sedang memegang dayung kuno dengan latar belakang beragam koleksi kunonya, Sabtu (28/9/2019). (ANTARA/Aziz Munajar/19)

Solopos.com, SOLO — Kisah Asmadi, seorang penyelam yang sering berburu harta karun Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi, Palembang, menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Sabtu (30/10/2021) pagi.

Berita terpopuler mengulas rumah Asmadi yang terletak di pinggiran Pulau Kemaro, Palembang, menyimpan ratusan koleksi peninggalan masa pra-Kerajaan Sriwijaya hingga kolonial Belanda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Antara, Jumat (29/10/2021), selama dua tahun terakhir rumah Asmadi menjadi museum pribadi yang menyimpan berbagai harta karun seperti koin, gerabah, dayung kapal, hingga jimat kuno. Berbagai koleksi itu didapatkan Asmadi dengan menyelam langsung di Sungai Musi sejak 2017.

Baca juga: Terdakwa Korupsi Hibah Masjid Dituntut 19 Tahun Penjara

Asmadi sengaja mengumpulkan koleksi harta karun Sriwijaya itu untuk memajangnya di museum pribadi. “Dengan demikian berbagai koleksi ini tak melulu dijual-belikan. Namun lebih-lebih harus menjadi sarana edukasi sejarah sekaligus daya tarik wisata,” terangnya.

Penyelam tradisional kelahiran Palembang, 7 Desember 1995 itu ingin mewujudkan impiannya membangun Museum Musi Treasure. Demi mewujudkannya dia rela menyelami Sungai Musi yang penuh tantangan.

Bertaruh Nyawa

Menurut Asmadi, menyelam di Sungai Musi sama dengan bertaruh nyawa jika hanya mengandalkan peralatan seadanya. “Saya sudah sering berada pada keadaan antara hidup dan mati saat menyelam. Sebab di dalam, kami hanya meraba-raba dasar sungai. Kami tidak tahu bahaya apa yang akan datang. Itu sebabnya kami wajib membuat perkiraan sebelum menyelam,” jelasnya.

Selain ulasan tentang kisah pemburu harta karun Sriwijaya, kabar lain soal batu aneh dari Bengawan Solo di Sragen, pesona Desa Conto Wonogiri, kecelakaan di Colomadu Karanganyar, hingga fasilitas mewah akan lengkapi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri juga masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Sabtu pagi:

Kisah Pemburu Harta Karun Sriwijaya Bertaruh Nyawa Selami Sungai Musi

Warga Sragen Punya Batu Aneh, dari Bengawan Solo dan Bisa Bikin Pingsan

Perempuan Indigo Sebut Ada Naga di Dalam Batu Aneh Yatman di Sragen

10 Berita Terpopuler: Ayo! Dolan ke Desa Conto Wonogiri Sambil Ngopi

Mularti Sempat Diajak Berhubungan Badan sebelum Dibuang ke Sungai Opak

Innalillahi, Mio Tertabrak Bus di Colomadu Karanganyar, 1 Meninggal

Harta Karun Kerajaan Sriwijaya Ditemukan, Harganya Miliaran

Telan Rp170 Miliar, Fasilitas Mewah Ini Akan Lengkapi WGM Wonogiri

Yatman Punya Koleksi Antik Lain, Lukisan Perempuan yang Terlihat Hidup

Warga Temukan Harta Karun Diduga Zaman Kerajaan Sriwijaya, Ini Wujudnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya