SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menanggapi uang milik penjaga sekolah yang dimakan rayap dan kisah cinta anak petani & bangsawan Mangkunegaran menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (15/9/2022).

Gibran mengatakan kasus tersebut sudah ditangani Bank Indonesia (BI). Hal tersebut disampaikan oleh pengelola akun Twitter @gibran_tweet pada Selasa (13/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Awalnya, Gibran di-mention beberapa akun Twitter terkait kasus uang milik penjaga SDN Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo, yang dimakan rayap. Gibran dua kali menanggapi terkait uang milik penjaga sekolah yang rusak dimakan rayap.

“Sudah dari tadi ditangani di BI,” tulis dia.

“Sudah ditangani BI tadi siang,” cuit Gibran selanjutnya.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (15/9/2022): Ada Dua Film Baru Lagi Hlo

Sementara itu, kemungkinan Kantor Perwakilan (KPw) BI Solo tak bisa mengganti uang yang dimakan rayap tersebut. Menurut Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, uang yang diganti harus memenuhi syarat, seperti tanda keaslian fisik uang kertas masih dapat dikenali dan sisa fisik uang kertas sebesar 2/3 dari ukuran asli.

“Ada kebijakan khusus untuk uang rusak dimakan rayap. Selama uang kertas yang rusak bisa dipertanggungjawabkan dan bukan kesengajaan, Bank Indonesia berupaya membantu proses penukaran. Ini kasus khusus,” kata dia saat ditemui awak media, Selasa (13/9/2022).

Joko menyebut petugas bakal mengecek fisik uang kertas milik Samin yang rusak dimakan rayap itu secara detail. Apabila fisik uang kertas masih ada dua pertiga ukuran asli maka akan langsung diganti uang baru.

Dia mencontohkan uang rusak yang terpotong dua bagian. Biasanya, diselotip untuk menyambungkan kedua bagian uang kertas. Kemudian, petugas bakal mengecek menggunakan mesin scan.

“Kalau memang memenuhi ketentuan, fisik uang kertas dua pertiga, bisa langsung ditukar. Kami melayani penukaran uang yang rusak atau cacat,” ujarnya.

Baca Juga : Jembatan Mojo Ditutup 26 September, Dishub Sukoharjo: Jalan Ciu Jadi Alternatif

Selain rayap, Joko menyampaikan ada penyebab lain yang berpotensi merusak uang kertas, yakni jamur. Bisa juga uang kertas itu kerap dilipat-lipat sehingga cacat atau tak bisa dikenali tanda keaslian.

Selain ulasan tentang uang penjaga sekolah di Solo dimakan rayap, ulasan lain tentang kecelakaan maut bus vs motor di Kalijambe Sragen, pemuda asal Cirebon dituding sebagai hacker Bjorka, kisah cinta anak petani dan bangsawan Mangkunegaran, ASN di Semarang mesum, prediksi Indonesia vs Timor Leste, hingga harga tanah di Sragen melambung tinggi menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com pada Kamis (15/9/2022):

Geger Uang Penjaga Sekolah di Solo Dimakan Rayap, Begini Tanggapan Gibran

Innalillahi, Pasutri Meninggal pada Kecelakaan Bus vs Motor di Kalijambe Sragen

Dituduh sebagai Hacker Bjorka, Pemuda Asal Cirebon Tak Paham Dunia Peretasan

Ini Detik-Detik Kecelakaan Maut yang Renggut Nyawa Pasutri Kalijambe Sragen

Kisah Cinta Anak Petani & Wanita Darah Biru hingga Fenomena Mobil Goyang

Rekam Aksi Mesumnya di Mobil, ASN di Semarang Ngaku Cari Sensasi

Prediksi Indonesia vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 Hari Ini

Kisah Cinta Anak Petani & Bangsawan Mangkunegaran

Begini Kronologi Kecelakaan Maut Kalijambe Sragen Versi Polisi



Harga Tanah di Sragen Melambung Tinggi Bikin 3 Investor Mundur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya