SOLOPOS.COM - Sejumlah aide-de-camp (ADC) atau ajudan dari Irjen Pol. Ferdy Sambo berjalan memasuki ruangan untuk dimintai keterangan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, SOLO — Ulasan tentang babak baru penanganan kasus Brigadir J yang meninggal di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo dan prakiraan cuaca di Soloraya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa (2/8/2022).

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengatakan mendapatkan bukti tambahan terkait kasus polisi tembak polisi yang menyebabkan Brigadir J meninggal di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif, Irjen Pol Ferdy Sambo, pada Jumat (8/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bukti tambahan yang dimaksud adalah hasil tes usap PCR yang dilakukan di rumah pribadi Irjen Polisi Ferdy Sambo terkait kasus kematian Brigadir J.

“Artinya, sudah ada hasil PCR yang dilakukan di rumah yang beralamat di Jalan Saguling,” kata Komisioner Komnas HAM RI, Beka Ulung Hapsara, di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Beka menyampaikan hal itu seusai Komnas HAM memeriksa satu orang ajudan atau aide de camp (ADC) dan asisten rumah tangga (ART) Irjen Pol Ferdy Sambo.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Semarang Hari Ini (2/8/2022)

Pemeriksaan keduanya mulai dilakukan Senin pukul 10.00 WIB dan baru selesai pukul 17.15 WIB. Awalnya, Komnas HAM akan memeriksa petugas kesehatan yang melakukan tes usap PCR di kediaman pribadi Irjen Pol Ferdy Sambo, Jl. Saguling, Duren Tiga Jakarta Selatan.

Namun, kata Beka, tenaga kesehatan yang melakukan tes usap PCR tersebut tidak memenuhi undangan pemeriksaan.

Ia mengatakan Komnas HAM mendapatkan informasi penting seusai memeriksa ajudan dan ART Irjen Pol. Ferdy Sambo. Oleh karena itu, Komnas HAM menyebut penyelidikan kasus kematian Brigadir J semakin signifikan.

“Kenapa signifikan? Karena melengkapi keterangan yang sudah disampaikan oleh ajudan-ajudan yang lain pada Minggu lalu,” ujar Beka.

Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo yang diperiksa oleh Komnas HAM, Senin, adalah ajudan yang sebelumnya berhalangan hadir. Awalnya, Komnas HAM mengagendakan pemeriksaan terhadap tujuh orang ajudan, namun hanya enam yang datang. Salah satunya, Bharada E.

Baca Juga : Sejarah Hari Ini: 2 Agustus 1990 Invasi Irak Picu Perang Teluk

Selain mendapatkan bukti tambahan dari hasil tes usap PCR, Komnas HAM juga memperoleh informasi penting lain, khususnya kerangka waktu yang dilakukan pihak terperiksa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan, tampak hadir saat pemeriksaan ajudan dan ART Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

Ia mengaku kedatangannya ke Komnas HAM untuk mendampingi kedua orang yang diperiksa Komnas HAM itu terkait kasus kematian Brigadir J.

Selain ulasan tentang temuan bukti tambahan dari ajudan dan ART Irjen Ferdy Sambo, ulasan lain tentang hasil pemeriksaan polisi terhadp JNE terkait kasus kuburan bansos di Depok, dampak Paypal diblokir, prakiraan cuaca Solo dan Klaten, dampak pemakaian galon plastik, suporter SMK dukung tim Indonesia, lirik lagu Tiara versi reggae, grand final Putra Putri Solo 2022, hingga intoleransi pemaksaan pemakaian jilbal menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : M-Banking BCA Jadi Trending Topic di Twitter, Ada Apa?

Berikut ini 10 berita terpopuler di Solopos.com pada Selasa (2/8/2022):

Komnas HAM Temukan Bukti Tambahan dari Ajudan & ART Irjen Ferdy Sambo

Polisi Periksa JNE Soal Kuburan Bansos di Depok, Begini Hasilnya

Paypal Diblokir Bikin Freelancer Sukoharjo Gedubrukan: Menjengkelkan!

Walah, Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Selasa 2 Agustus, bakal Hujan Lur!

Galon Plastik Sekali Pakai Bebani Lingkungan dan Pemerintah, Kok Bisa?

Malaysia Jadi Lawan, Suporter SMK Kompak Dukung Tim Goalball Indonesia



Lirik Lagu Tiara Versi Reggae Ska Maulana Ardiansyah Trending 3

5 Hari Menuju Grand Final, Ini Kegiatan Finalis Putra Putri Solo 2022

Pemaksaan Pemakaian Jilbab Berulang Bukti Intoleransi Terus Terjadi

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya