SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan ke-17 dan lintasan lurus Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

Solopos.com, SOLO — Kabar sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini masih menjadi berita terpopuler di Solopos.com selama beberapa hari terakhir hingga Senin (4/10/2021).

Kali ini, mengulas arsitek yang merancang Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika. Penasaran kan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (3/10/2021), arsitek Sirkuit Mandalika Lombok berasal dari Inggris. Perusahaan Inggris, Populous ditunjuk sebagai pengembang sirkuit dengan 17 tikungan ini.

Baca Juga : CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Ini daftarnya…

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami percayakan kepada Populous. Mereka sudah memiliki nama besar untuk membangun venue olahraga di seluruh dunia,” jelas Direktur Indonesia Tourisme Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, Senin (25/2/2019) silam.

Populous merupakan perusahaaan berpengalaman dan kerap menggelar acara internasional di bidang olahraga, salah satunya membangun Stadion Wembley.

Memiliki keindahan hasil arsitek Populous, kawasan Mandalika Lombok menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas Kementerian Pariwisata. Sirkuit Mandalika juga layak menjadi lokasi wisata olahraga atau sport tourism.

Baca Juga : Efikasi Sinovac Turun 50 Persen, Tim Sarankan Pemberian Booster

“Ini tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism. Kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” ujar dia dikutip dari Bisnis.com (17/1/2021).

Sebelumnya, ITDC sempat dikabarkan menggandeng Vinci Cosntruction yang merupakan investor asal Prancis untuk membangun Sirkuit Mandalika Lombok.

Seperti diketahui, pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah ini sedang dikebut. Sirkuit ini akan menjadi venue berbagai ajang balapan kelas dunia.

Baca Juga : Sah! Jenderal L.B. Moerdani Jadi Nama Rumah Sakit di Merauke

Oleh sebab itu, sirkuit tersebut dibangun dengan dana jor-joran. Semua fasilitas dibuat dengan kelas satu, mulai dari heliped, medical center, hingga lintasan dengan aspal terbaik demi mendukung balapan.

Aspal Terbaik di Dunia

Dikutip dari Okezone.com, aspal di Sirkuit Mandalika disebut jauh lebih bagus daripada di Sirkuit Sepang Malaysia. Sirkuit ini menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia.

SMA merupakan bahan campuran aspal dan digunakan melapisi permukaan aspal. Lapisan aspal ini diperuntukkan memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan meski volume aspalnya sedikit.

Baca Juga : Wow, Menteri Erick Thohir Ternyata Keturunan Kesultanan Banten

Aspal jenis ini membuat jalanan lebih mulus, sehingga pembalap tidak mudah tergelincir saat hujan dan mengurangi risiko pembalap jatuh saat melintas di trek basah. Untuk mendukung penggunaan SMA ini, pihak pengembang mendatangkan batu Tau agregat kasar dari Palu, Sulawesi Tengah yang terkenal dengan kekerasannya.

Selain kabar sosok arsitektur Sirkuit Mandalika, kabar lain tentang Mandalika berkaitan dengan segala fasilitas keren di sirkuit tersebut, seperti heliped, surga wisata Mandalika, dan lain-lain. Ada juga berita tentang peristiwa pembubaran latihan AHHA PS Pati di Karanganyar beberapa waktu lalu. Ada kejadian pria Sragen yang babak belur saat datang ke resepsi dan wali murid di Solo sambat biaya masuk sekolah swasta sampai Rp21 juta. Semua itu menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam terakhir hingga Senin (4/10/2021):

Ini Arsitek Sirkuit Mandalika Lombok, Pantesan Keren
Sirkuit Mandalika Lombok: Semua yang Terbaik di Dunia Ada di Sini
Deretan Fasilitas Keren di Sirkuit Mandalika: Ada Heliped Hlo
Latihan AHHA PS Pati Dibubarkan, Persis Solo: Sudah Tersedia Lapangan!
Surga Wisata di Mandalika, Deretan Pantai Keren hingga Desa Nan Eksotis
Terungkap, Ini Kronologi Pembubaran Latihan AHHA PS Pati di Karanganyar
Waduh! Pagar Sirkuit Mandalika Sempat Dijebol Warga
Datangi Resepsi Pernikahan, Pria Sragen Ini Malah Babak Belur
Wali Murid Solo Sambat Mahalnya Biaya Masuk SD Swasta, Sampai Rp21 Juta
Atta Halilintar Blusukan ke Bekonang Sukoharjo, Cari Apa Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya