SOLOPOS.COM - Pekerja menormalisasi bagian tepi Sungai Bengawan Solo menggunakan akskavator di lokasi proyek pembangunan jembatan lama Nambangan, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (24/9/2021). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, SOLO — Kabar tentang proyek pembangunan Jembatan Nambangan di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, diwarnai sejumlah kejadian aneh menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (8/10/2021).

Proyek dilaksanakan Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Wilayah III Jawa Tengah (Jateng) Balai Besar PJN Jateng-DIY Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Solopos.com merangkum dua kejadian aneh yang mewarnai pelaksanaan proyek pembangunan jembatan senilai Rp12,952 miliar itu. Pertama, empat tiang baja atau sheet pile tak bisa dicabut meski dengan bantuan crane. Anehnya, tiang justru bisa ditancapkan lebih dalam.

Baca Juga : Jangan Kelewat! Ini 7 Amalan Sunah di Hari Jumat

Tiang berada di bawah jembatan dekat Sungai Bengawan Solo. Tinggi tiang lebih kurang 12 meter per tiang. Tiang ditancapkan lebih dari separuhnya hingga terbangun seperti dinding sebagai penahan arus air Sungai Bengawan Solo agar tak masuk ke area yang dikerjakan. Pekerjaan dilakukan saat kontraktor akan membangun tiang utama penopang jembatan.

Koordinator lapangan proyek, Kasih, mengaku sudah mengerahkan crane untuk mencabut empat tiang itu. Namun, tiang tak bergerak seperti tersangkut sesuatu. Jika sampai proyek rampung, tetapi tidak bisa dicabut maka kemungkinan besar tiang akan dipendam.

“Penyebabnya apa saya enggak tahu. Apa mungkin ada yang minta tinggalan? Entahlah,” ucap lelaki paruh baya itu merujuk pada kemungkinan adanya campur tangan hal-hal gaib.

Baca Juga : Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (8/10/2021), Banyak Film Baru

Sebelum pekerjaan dimulai pihaknya bersama warga menggelar doa bersama di dekat lokasi proyek meminta kepada Tuhan agar proyek berjalan lancar. Ada juga warga yang menggelar ritual di dekat pohon besar tak jauh dari lokasi proyek. Lokasi proyek di dekat permakaman yang terdapat dua pohon besar. Menurut warga area itu ada “penunggu”.

Kedua, pekerja sakit dan badannya kaku ketika mau memotong cabang pohon dekat lokasi proyek. Pekerja itu menyatakan sanggup memotongnya. Tak lama setelah itu dia sakit beberapa lama. Badannya terasa kaku dan baru sembuh setelah menjalani aktivitas tertentu.

Setelah kejadian itu, Kasih meminta pekerja lain melaksanakan tugas tersebut. Pekerja bersangkutan tak berani jika tidak ditemani Kasih. Meski sedang di luar kota, Kasih meluangkan waktu ke lokasi proyek menemani pekerja memotong cabang pohon menggunakan gergaji mesin.

Baca Juga : Kalender Sementara Moto GP 2022, Balapan di Mandalika Digelar 20 Maret

Warga setempat, Sukirman dan Gimin, mengatakan hal sama. Mereka heran mengapa tiang itu tak bisa dicabut padahal sudah menggunakan alat berat. Mereka menyaksikan saat pencabutan tiang tersebut. Keduanya menyebut kemungkinan campur tangan mahkluk gaib penunggu kawasan itu.

“Yang ahli saja tidak bisa mencabut. Kalau karena faktor alam, misalnya ada benda yang menyangkut tiang, kemungkinan bisa diatasi,” kata Gimin.

Selain kabar kejadian aneh pada proyek pembangunan Jembatan Nambangan Wonogiri, kabar lain tentang nama baru Sirkuit Mandalika, daya tarik Desa Pasung Klaten, komentar Jekek perihal peristiwa ganting diri karena pinjol di Wonogiri, kades di Klaten ider nasi untuk lansia, ODGJ, dan difabel tiap hari, lumpur Lapindo jadi bencana metana terbesar di bumi, pembangunan Sirkuit Mandalika belum rampung, dan kisah bocah Sukoharjo mengalami jantung bocor sejak lahir menjadi berita terpopuler di Solopos.com.

Baca Juga : Merangkak Naik, Simak Harga Emas Pegadaian Jumat 8 Oktober 2021

Berikut 10 berita terpopuler di Solopos.com selama 24 jam terakhir hingga Jumat (8/10/2021):

2 Kejadian Aneh yang Mewarnai Proyek Jembatan Nambangan Wonogiri
Siap Gelar Balapan, Ini Nama Baru Sirkuit Mandalika
Ini Hlo, 5 Daya Tarik Desa Pasung Klaten Hingga Digeruduk Warga Blitar
Kasus Gantung Diri karena Pinjol di Wonogiri, Jekek: Meresahkan
Mulia, Kades di Klaten Ider Nasi ke Lansia, ODGJ dan Difabel Tiap Hari
Rekor! Lumpur Lapindo Jadi Bencana Metana Terbesar di Bumi
Jelang Word Superbike, Sirkuit Mandalika Punya Nama Baru Loh
Pembangunan Sirkuit Mandalika Kok Belum Rampung?
Kisah Pilu Nadira, Bocah Sukoharjo yang Alami Jantung Bocor Sejak Lahir
Bocah Sukoharjo Alami Jantung Bocor, Ibu Gagal Ginjal, Ayah Kena PHK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya