SOLOPOS.COM - REUTERS/Mike Segar

Solopos.com, SOLO – Sepanjang tahun 2013 beberapa pencapaian dibukukan para atlet papan atas dunia, baik yang dari cabang popular seperti sepak bola maupun dari cabang yang kurang diminati.
Lantas dari sederet atlet yang berkiprah di tahun 2013, siapakah yang bisa dikatakan tersukses. Berikut 10 atlet yang memiliki pendapatan terbesar sepanjang 2013, dilansir Reuters, Selasa (17/12/2013).1. Tiger Woods

Atlet : Golf
Sponsor : US$65 juta
Gaji/hadiah : US$13 juta
Total pendapatan : US$78 juta

Tiger Woods kembali menemukan penampilan apiknya di musim 2013. Setelah sempat diganggu cedera punggung, Woods kembali menghuni posisi atas ranking dunia, dengan memenangi lima dari 11 event.

Meski gagal menyabet 14 trofi di turnamen elit, namun menurut survey tahunan Forbes, pendapatan Woods terbesar musim ini berasal dari para sponsornya, seperti Nike dan Rolex.

Woods juga mendapat tambahan uang dari keikutsertaannya di kejuaraan yang berlangsung selama tahun 2013, di Abu Dhabi, China, Malaysia dan Turki.2.  Roger Federer

Roger Federer (Reuters)

Roger Federer (Reuters)

Atlet : Tenis
Sponsor : US$65 juta
Gaji/hadiah : US$7 juta
Total pendapatan : US$72 juta

Musim 2013 bisa dikatakan musim keterpurukan Roger Federer. Peringkat petenis asal Swiss ini dari ranking ATP dunia turun ke papan tengah. Selain itu, Federer juga gagal memenangi satu pun gelar dari ajang sekaliber Grand Slam.

Meski demikian, para sponsor seakan tak peduli dengan prestasi petenis berjulul Fed-Ex itu. Terbukti, perusahaan jam tangan, Rolex dan apparel Nike, masih setia menggandeng kolektor 17 gelar Grand Slam ini.

 

3.    Kobe Bryant

Kobe Bryant

Kobe Bryant

Atlet : basket
Sponsor : US$34 juta
Gaji/hadiah : US$28 juta
Total pendapatan : US$62 juta

Bryant memang gagal membawa LA Lakers juara NBA musim ini. Namun, Bryant tetaplah menjadi pemain NBA dengan bayaran termahal, yakni US$28 juta atau Rp339,8 miliar per tahun di musim 2012-2013. Selain itu, dirinya juga telah menandatangani perpanjangan kontrak bersama Lakers, selama dua tahun ke depan, pada November lalu.

 

 

 

 

4.    LeBron James

LeBron James

LeBron James

Atlet : basket
Sponsor : US$42 juta
Gaji/hadiah : US$18 juta
Total pendapatan : US$60 juta

Tahun 2013 mungkin akan menjadi musim yang tak terlupakan bagi LeBron James. Pemain berjuluk King James meraih cincin juara NBA keduanya secara beruntun bersama Miami Heat.

Selain itu, James juga menyabet gelar Most Valuable Player (MVP) kali keempatnya. Karenanya tak heran jika banyak sponsor kelas atas langsung menyodorinya kontrak, seperti Nike, McDonald’s dan Coca-Cola.

5.    Drew Brees
nflOlahraga : American Football
Sponsor : US$11 juta
Gaji/hadiah : US$40 juta
Total pendapatan : US$51 juta

Olahraga American Football atau NFL memang tak sepopuler olahraga sepak bola pada umumnya. Namun, siapa sangka olahraga ini justru menghasilkan pundi-pundi uang berlimpah bagi para pemainnya, tak terkecuali Drew Brees.

Brees merupakan salah satu pemain NFL tersukses. Tak hanya itu geladang asal New Orleans Saints ini juga memiliki kerja sama dengan sponsor-sponsor besar, termasuk Nike, Procter & Gamble dan Verizon Wireless.

 

 

6.    Aaron Rodgers
nflAtlet : American Football
Sponsor : US$6 juta
Gaji : US$43 juta
Total pendapatan : US$49 juta

Bagi Rodgers musim ini bukanlah tahun terbaiknya. Ia mengalami cedera tulang selangka November lalu.

Meski demikian, kontraknya sebesar US$110 juta, yang mengikatnya selama lima tahun, di 2011 lalu, membuat Rodgers menjadi pemain NFL dengan gaji tertinggi saat ini, yakni US$43 juta per tahun.



 
7.    Phil Mickelson

 Phil Mickelson. DokJIBI/Solopos/Reuters

Phil Mickelson. DokJIBI/Solopos/Reuters

Atlet : Golf
Sponsor : US$44 juta
Gaji : US$5 juta
Total pendapatan : US$49 juta

Nama Mickelson memang tak setenar Tiger Woods maupun Rory McIlroy di ajang olahraga golf. Namun, siapa sangka ia mampu menarik dukungan sponsor sebesar US$40 juta atau Rp485,5 miliar.

 

 


8.  David Beckham 

David Beckham

David Beckham (Dok/JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Atlet : Sepak bola
Sponsor : US$42 juta
Gaji/hadiah : US$5 juta
Total pendapatan : US$47 juta



David Beckham memang telah menyatakan pensiun sejak pertengahan tahun 2013 lalu. Namun, popularitasnya tak lantas redup.

Dianggap sebagai pesepak bola paling glamor di jagat raya, Beckham memiliki sederet sponsor yang terus memberi dukungan dana padanya, bahkan melebihi dua bintang lapangan hijau saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

 

 

9.    Cristiano Ronaldo
ronaldo.jpgAtlet : Sepak bola
Sponsor : US$21 juta
Gaji : US$23 juta
Total pendapatan : US$44 juta

Musim ini mungkin menjadi akhir bagi Ronaldo di bawah bayang-bayang Messi. Hattrick-nya ke gawang Swedia beberapa waktu lalu, mengantarkan timnya lolos ke putaran final Piala Dunia dan juga membuatnya difavoritkan memenangi Ballon d’Or.

Empat tahun di bawah bayangan Messi, Ronaldo tak kalah dalam penghasilan. Sebagai pemain bergaji tertinggi, Ronaldo dikabarkan juga lebih banyak diminati sponsor dibanding rivalnya asal Argentina itu.
10.    Lionel Messi   

Striker Barcelona, Lionel Messi. (dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Striker Barcelona, Lionel Messi. (dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Atlet : Sepak bola
Sponsor : US$21 juta
Gaji/hadiah : US$20 juta
Total pendapatan : US$41 juta



Memenangai gelar pemain terbaik dunia sejak 2009 lalu, tahun 2013 performa Messi mulai menyurut. Ia banyak didera cedera, yang membuatnya absen.

Meski demikian, Messi tetap mendapat dukungan para suporter dan gaji besar dari klubnya, Barcelona.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya