10.100 Keluarga di Klaten Terima Pencairan Bansos KKS BPNT

Jumlah penerima KKS BPNT di Klaten menjadi 10.100 KPM. Penyaluran dilakukan berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat.
10.100 Keluarga di Klaten Terima Pencairan Bansos KKS BPNT
SOLOPOS.COM - ilustrasi bantuan sosial tunai. (Solopos/Dok)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 10.100 keluarga penerima manfaat (KPM) di Klaten menerima pencairan dana bantuan sosial Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bantuan pangan non tunai (BPNT) yang belum tersalurkan pada 2021.

Promosi64% Pria di Solo Habiskan Waktu Lebih dari 41 Jam/Pekan untuk Bekerja

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dissos P3AKB) Klaten, M. Nasir, mengatakan sekitar 11.300 KKS BPNT yang disalurkan pada percepatan penyaluran kali ini. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi, jumlah penerima KKS menjadi 10.100 KPM. Penyaluran dilakukan berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat.

“KKS ini untuk pencairan 2021 yang mestinya pada Desember 2021 harus selesai. Tetapi karena kartu baru, belum terserap, akhirnya kemarin dibatasi untuk disalurkan maksimal sampai Jumat [14/1/2022],” kata Nasir, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Tak Ada Pohon Sawit, Desa Sawit Klaten Ternyata dari Nama Gending

Nasir mengatakan nilai bantuan yang diterima masing-masing KPM Rp200.000 per bulan. Jika biasanya BPNT disalurkan melalui e-warong dan masing-masing kelurga menerima bantuan dalam bentuk sembako, pada percepatan penyaluran KKS kali ini masing-masing penerima mendapatkan bantuan sosial dalam bentuk uang tunai.

“Sejak Selasa-Jumat kami mengundang masing-masing penerima KKS ini di kecamatan untuk mengambil sekaligus pencairan tunai melalui bank penyalur yang didatangkan di masing-masing kecamatan. Karena ini diberikan tunai, imbauan kami digunakan untuk pembelian sembako seperti beras, telur, daging, sayuran, serta vitamin. Program ini tujuannya agar masyarakat tetap sehat dan untuk penanggulangan stunting,” kata dia.

Nasir mengatakan jumlah total penerima bantuan KKS BPNT di Klaten sepanjang 2021 sekitar 192.000 KPM. Disinggung jumlah calon penerima KKS BPNT 2022, Nasir mengatakan masih menunggu penyaluran dari pemerintah pusat. Hal itu termasuk data jumlah penerima KKS BPNT.

Baca Juga: Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Basin, Kapolres Klaten: Semangat!

Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan (PKH) Klaten, Theo Markis, mengatakan biasanya BPNT disalurkan melalui e-warong dan mendapatkan sembako. Namun, pada percepatan kali ini bantuan diberikan dalam bentuk tunai.

“Ini untuk KKS yang belum tersalurkan pada 2021. Dari pemerintah pusat kemudian menginstruksikan untuk disalurkan dan diberikan kelonggaran maksimal Jumat [14/1/2022],” kata Theo.

Soal kriteria penerima, Theo menjelaskan ditetapkan pemerintah pusat berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). “Sebelumnya ada proses verifikasi faktual. Ada yang tidak bisa tersalurkan karena penerima ganda, meninggal dunia, mendapatkan bantuan lain, serta ada yang sudah pindah penduduk,” jelas dia.

 


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago