SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian vaksin booster. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sekitar 10.000 warga lanjut usia atau lansia dan masyarakat rentan di Kota Solo sudah divaksin Covid-19 booster hingga pekan keempat Januari 2022. Program vaksinasi booster bagi warga lanjut usia (lansia) di Kota Bengawan terus berjalan meski pasokan vaksin belum selancar program vaksinasi primer.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan program terus berjalan apabila stok vaksin tersedia. Di samping itu, jumlah vaksinator yang terbatas membuatnya harus terjadwal agar program vaksinasi anak usia 6-11 tahun juga tetap berjalan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Pelayan Publik Solo Disuntik Vaksin Booster, Termasuk Wali Kota Gibran

Baru-baru ini, Pemkot Solo mendapatkan kiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sekitar 12.000 dosis. “Kami sudah memvaksin lebih dari 10.000 jiwa, terdiri dari 4.846 warga lansia dan masyarakat rentan 5.386 jiwa. Awal pekan ini kami kembali menerima 2.800 dosis Sinovac dan 1.000 dosis AstraZeneca,” jelasnya, kepada wartawan, Senin (25/1/2022).

Ning, sapaan akrabnya, mengatakan vaksin Sinovac digunakan untuk anak usia 6-11 tahun dan AstraZeneca untuk warga lansia dan kelompok rentan yang mendapat prioritas divaksin booster di Kota Solo.

Baca Juga: Lambat, Sehari Hanya 300 Orang Disuntik Vaksin Covid-19 Booster di Solo

Banyak Warga Protes

Ia mengakui banyak warga masyarakat yang meminta segera divaksin booster meski jadwal mereka belum muncul di aplikasi Peduli Lindungi. Ning meminta masyarakat untuk terlebih dahulu mengecek jadwalnya ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat atau menanyakan kepada kader kesehatan dan pihak kelurahan.

“Kami memang mendapatkan banyak protes mengapa kok tidak segera mendapatkan booster. Tapi, kami minta masyarakat bersabar mengingat stok vaksin yang terbatas. Apalagi syarat penerima vaksin booster adalah sudah mendapatkan dua dosis vaksin dengan jarak minimal enam bulan dari vaksin terakhir,” jelasnya.

Baca Juga: Dipinjami 2.000 Dosis Astrazeneca, Vaksinasi Booster Solo Gaspol Lagi

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta masyarakat sabar menunggu untuk divaksin booster “Sabar nanti dapat giliran. Ditunggu saja dari pusat. Per hari juga tetap jalan. Capaian kami sudah tinggi juga, karena termasuk yang paling cepat. Anak-anak juga sudah clear semua,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya