SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

1 Tahun Jokowi-JK diakui belum mencapai target di bidang ekonomi.

Solopos.com, JAKARTA — Genap satu tahun masa pemerintahan Kabinet Kerja Jokowi-JK, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui kinerja bidang ekonomi tidak sesuai target yang ditentukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

JK mengatakan pekerjaan rumah yang masih harus diperbaiki ialah terkait peningkatan produktivitas nasional demi menopang pertumbuhan ekonomi.

“Ya kita tahu bahwa bagaimana pertumbuhan tidak sesuai apa yang direncanakan. Produktivitas kita mesti diperbaiki,” ujarnya ketika dimintai tanggapan terkait kinerja bidang ekonomi setahun terakhir di Kantor Wakil Presiden, Selasa (20/10/2015).

Dia memaparkan parameter kinerja bidang ekonomi adalah skala pertumbuhan di berbagai segmen. Fluktuasi bisa terlihat dari besaran ekspor dan impor, defisit perdagangan, industri, penanaman modal baru, dan harga pangan.

Kendati demikian, kinerja pembangunan infrastruktur dan perdagangan mengalami peningkatan. Hal itu mengimbangi adanya dampak pelemahan ekonomi global. “Itu kan ukuran-ukuran semuanya, ada yang baik dan ada yang kurang,” tuturnya.

Di sisi lain, dia mengklaim kinerja pemerintah di bidang selain ekonomi sudah cukup baik. Misalnya, bidang politik tercatat cukup stabil dan sektor keamanan relatif baik dibandingkan banyak negara lain. “Bidang sosial meski ada letupan satu dua, tapi umumnya berjalan baik,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya