SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO -- Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menerapkan lockdown sejak Senin (20/7/2020), hal itu terkait satu pimpinan kampus itu terkonfirmasi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho kepada wartawan dalam jumpa pers daring, Selasa (21/7/2020). Menurut dia, informasi mengenai salah satu pimpinan kampus itu dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 diketahui Minggu (19/7/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hari Minggu kami mendapat informasi bahwa salah satu pimpinan positif Covid-19 setelah dilakukan uji swab kepadanya sebelum itu,” ujar Jamal.

Selangkah Lagi Beroperasi, PT KAI Sudah Order Listrik untuk KRL Solo–Jogja

Jumpa pers tersebut diikuti Direktur Rumah Sakit (RS) UNS Hartono, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Reviono dan sejumlah pejabat UNS lainnya.

Dalam jumpa pers itu, Jamal menambahkan terkait temuan ini, pihaknya langsung memerintahkan agar aktivitas kampus dibekukan mulai Senin. Pegawai diminta work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Selain itu, pihaknya memerintahkan petugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan UNS Solo, Senin.

Area Pemancingan WGM Wonogiri akan Ditutup Lagi, Pemancing: Kami Bisa Stres!

Tidak Ikut dalam Pertemuan dengan Kemenparekraf

Sementara itu, terhadap keluarga pimpinan UNS Solo yang terkonfirmasi Covid-19, sudah dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya negatif. “Istri, anak, dan sopir juga sudah diuji swab dan hasilnya negatif. Tapi ada satu anaknya belum diketahui hasilnya karena uji swab-nya di luar kota,” imbuh dia.

Jamal menegaskan pejabat UNS Solo tersebut bukan termasuk orang yang ikut bersamanya menghadiri acara di sebuah hotel di Solo, pekan lalu.

Berapa Harga Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Indonesia?

Untuk diketahui, Jamal bersama beberapa pejabat UNS Solo menghadiri sebuah acara dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf) di hotel tersebut. Salah satu pejabat Kemeparekraf itu diketahui terkonfirmasi Covid-19.

Informasi tersebut diperoleh setelah mereka berada di Solo. Sebelum ke Solo, mereka sudah menjalani uji swab namun saat itu hasilnya belum keluar.

Sementara itu, Direktur RS UNS Hartono mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap siapa pun. Meskipun terhadap yang sering bertemu, jangan abaikan protokol kesehatan untuk mencegah persebaran Covid-19. “Kadang karena kita sering ketemu teman, enggak pakai masker. Nah mari kita saling mengingatkan lagi,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya